21 Tip Berhasil Meningkatkan Kemampuan Tenis Meja (2/2)


21 TIPS TO SUCCESS BY SEAN O’NEILL

5 x U.S. Champion, 2 x Olympic Team Member, http://tabletennis.about.com/

11. Contingency Plan. Rencana2 Darurat. Bagaimana jika karet menggelembung atau raket pecah selama dalam tanding? Apakah anda punya cadangan di tas raket? Sebagai seorang pemain, aku selalu punya satu raket cadangan serupa, menyiapkannya dan siap main. Jika akan menghemat waktu perbaikan dan untuk menang, mengapa tidak memberi diri anda kesempatan terbaik ketika keadaan salah mungkin terjadi?

12. Be Positive. Jadilah positif. Mengeluh atau melolong setelah satu poin gagal tidak akan membuat poin berikutnya menjadi lebih mudah. Malah kenyataanya akan lebih berat karena anda lebih tegang dan gelisah. Waktu antar poin terlalu singkat dan berharga jika disia-siakan. Pikirkan berikutnya serve dan return. Buat mental mencatat setiap kecenderungan yang sudah dimainkan selama beberapa poin terakhir. Jika lawanmu membuat shot bagus, jangan takut mengakui adanya. Mereka akan mencoba lagi bahkan memeliharanya di lain waktu!

13. Scout Opponents. Intailah lawan-lawan. Di turnamen besar ada banyak pemain baru yang belum pernah dilihat sebelumnya. Jika akan melawan satu pemain ini, sempatkan waktu untuk mengamati mereka bermain sebelum berhadapan. Temukan kekuatan dan kelemahan mereka; akan memberi anda dasar untuk membentuk rencana permainan. Jangan coba mengamati jika mereka sedang bermain di meja sebelah, biarkan kawan seregu yang melakukan scouting. Jika peralatan video tersedia, rekam pertandinganmu dan telitilah setelah turnamen untuk mendapat tips dan taktik untuk diterapkan di lain waktu.

14. Get coaching advice during game breaks. Mintalah nasihat pelatih selama selang game. Di waktu singkat ini, sulit mengingat semua taktik dan strategi yang akan berhasil baik. Seorang pelatih adalah harapan terbaik untuk membantu mengorganisir rencana permainan atau membuat saran sbg modifikasi. Pelatih harus terbiasa dengan pendekatan mental dan kemampuanmu. Biarkan pelatihmu berfokus pada satu atau dua taktik, mendengarkan selama dua menit akan mengacaukan anda, Keep it simple.

15. Keep a diary of your opponents. Miliki catatan2 tentang lawan2mu. Setelah tiap temu-tanding, ini merupakan gagasan cerdas untuk mencatat beberapa poin apa yang berhasil dan apa yang tidak. Buat daftar jenis serve lawan yang suka digunakan dan bagaimana mereka menangani servemu. Ini jelas saat2 terbaik untuk merumuskan satu rencana bagus untuk pertemuan di lain waktu. Kadang-kadang sangat membantu juga mencatat jenis karet jika mereka pemain kombinasi.

16. Encourage yourself. Doronglah semangatmu sendiri. Jangan pernah membuat dirimu down. Jadilah positif, dapatkan semangatmu ketika sedang bermain baik. Gunakan kalimat2 seperti, “Aku bisa!” “Inilah aku” atau “Ayoo!” ketika setelah mendapatkan satu poin, tujuannya agar mempertahankan semangat tetap tinggi. Tidak ada salahnya memompa semangat sendiri, namun jangan kelewatan dan lupa mengapa anda berada sana.

17. Play all Nets and Edges. Mainkan bola pendek2 dekat net dan di tepi2 meja. Cara terbaik meningkatkan kemampuan untuk mengembalikan bola2 sesat seperti ini adalah mencoba mengembalikannya saat latihan. Sehingga anda akan terbiasa mengembalikan bola2 seperti itu secara otomatis. Saya sudah menemukan cara menghadapi bola2 net lebih mudah dipukul dibanding bola2 biasa dengan syarat anda benar2 siap.

18. Be aggressive. Jadilah agresif. Tenis meja adalah salah satu olahraga paling cepat cara memainkannya sampai hari ini dan pemain penyerang menjadi paling dominan/menguasai. Pemain pertama yang menyerang punya keuntungan yang lebih besar. Mereka menyerang setelah servemu dan menyerang setelah return. Pada akhir permainan, jangan menjadi pasif dan berharap lawan akan luput -inilah waktu untuk merebut prakarsa dan meraihnya!

19. Hustle. Gigih. Jika anda dipaksa out posisi, jangan biarkan bola menyentuh lantai tanpa suatu ayunan. Cobalah memukul setiap bola apapun juga, setiap point dihitung. Chopping atau lobbing bukan pilihan salah jika itu terpaksa. Lanjutkan usaha-usaha untuk mengembalikan bola-bola di luar jangkauanmu yang pada akhirnya akan menjurus pada cara FW yang lebih cepat dan refleks lebih cepat. Lawan-lawan akan mendapat ketakutan jika tembakan terbaik mereka dikembalikan atau mereka menyadari bahwa anda tidak akan memberikan poin percuma.

20. Deuce. Saat point 20-20 cobalah relaks; cobalah mengumpulkan poin dengan disiplin yang sama seperti halnya bukan duece. Berpikir bahwa “berhasil atau gagal” dalam mendapatkan poin akan menyebabkan permainan yang kaku dan penuh tekanan. Gunakan kekuatanmu atau paksa lawanmu ke bagian2 lemah mereka. Push dengan penempatan yang baik bisa menjadi sangat membunuh sebagaimana loop kill jika dilaksanakan pada waktu yang tepat.

21. Kunjungi tabletennis.about.com di halaman depan untuk tips pelatihan tambahan dan berita tenis meja. Jika punya pertanyaan yang mengganjal silahkan poskan di Forum dan saya pastikan anda akan mendapat satu jawaban ASAP (As soon as possible = sesegera mungkin). Berlangganan gratis newsletter elektronik untuk berita terkini. Jika anda berniat chat, ada tersedia. Dan jangan lupa membaca fitur mingguanku.

Courtesy of Sean O’Neill

About these ads

About TeeMKa

Dengan TenisMeja, kita meningkatkan potensi fisik-psikomotorik, pikir-kognitif, rasa-afektif.

Posted on Jumat, 6 Juni 2008, in 1 Fisik, 2 Teknik, 3 Taktik, 4 Mental, Latihan and tagged , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Saya Sigit,
    Saya punya bet dgn karet 729-40H(forehand), 729 SST God Favored(backhand).
    Saya sedang kesulitan menghadapi lawan saya, sudah 8X kami bertanding saya selalu kalah, padahal saya tipe pemain yang agresif dalam menyerang hampir sepanjang pemainan saya selalu melakukan permaian cepat& smash.
    Tapi lawan saya memiliki bet dgn karet Dawei 388D-1(backhand), LKT Pro XT(forehand). Dia memiliki tipe defense, dan menurut saya belum ada pemain yang seperti ini, dia hanya mengandalkan kekuatan pukulan lawan karena dia tidak pernah melakukan serangan sama skali. Yang menjadi ciri khasnya adalah permainan dekat meja, itu yang selalu membuat dia unggul. Namun apabila dia sedikit menjauh dari meja, dia akan sedikit kewalahan.
    Masalahnya dia sulit sekali terpancing untuk bermain jarak jauh dari meja………..
    Tolong beri saya masukan,.

  2. Salam olahraga,
    Permainan cepat dan smash yang reflek bukan full controll, AKAN mudah dikalahkan oleh pemain defen bloker, lobber, chopper yang juga reflek apalagi full control. TAk peduli lawan bermain dekat-jauh meja, bola akan selalu kembali krn lawan sudah MENGENAL SESUAI (match) dgn irama permainan. Jenis equipmen yg dipakai hanya penambah efek saja yg sedikit berpengaruh thd hasil. Belum lagi jika membanding tehnik kedua pemain; tak terlatih, cukup terlatih, terlatih, bahkan sangat terlatih dgn teori terkini.
    Tipe defense bisa dikalahkan dgn serangan cepat penuh kontrol pada penempatan dan PERUBAHAN2, juga kualitas bagus pada properti bola, spt spin, power, kurve.

    Pemain yg mengandalkan kekuatan lawan;
    – jgn beri kesempatan dia bereaksi thd pukulan anda, tapi sebaliknya. Diperlukan permainan taktis yg menunggu saat tepat serangan mematikan. Dgn syarat lawan anda tidak sedang mendikte SEMUA permainan anda.
    – dua pukulan pada place yg sama tapi dgn kualitas spin, power, kurve yg BERBEDA2 biasanya bisa berhasil pada lawan yg sedang bermain reflek.
    – ubah when, where, how dalam memukul bola. (bacaan selengkapnya ada di weblog ini)

    Bermain dekat meja:
    – Akan sedikit kesulitan dgn bola kurve tinggi, place di endline meja, juga kualitas spin, power, dgn rendah speed.

  3. saya adalah yang suka main tenis meja dengan mengandalkan serve dan pukulan chop, waktu2 tertentu menyerang, kadang menang namun lebih bayak kalah dengan pemain yag mempunyai permainan cepat (raly).
    mohon di beri saran…tq.

  4. Salam olahraga,
    Ada stroke lain yang harus dikuasai oleh setiap pemain; drive, topspin, loop, lob, blok dgn berbagai varian dan properti stroke, bola hasil dgn pertimbangan keadaan lawan saat itu.

    Serve yg bagus bukanlah BAGUS menurut si pemain, akan tetapi MENYULITKAN lawan dan membuat poin bagi server.
    Coba diperiksa, seberapa kuat chop yg sudah dihasilkan, apakah tidak mematikan, tidak menyulitkan, mudah dikembalikan, bahkan menguntung dan memberi lawan poin? Jika YA, kenapa harus repot2 memberi makan bagi lawan?

    Setiap tipe permainan; serang, allround, bertahan; lambat, sedang, cepat; terlatih, sedang2 saja, tidak terlatih otodidak; semuanya memiliki ciri khas dan kelemahan.

    Itu sebabnya HARUS berlatih cara menghadapi setiap gaya tersebut.

  5. bagaimana ya cara mengatasi lawan yg bermain cepat??
    selama ini saya klo megang selalu backhand, ga bs pake forehand, meskipun pake backhand jg teknik saya cukup lengkap
    lawan selalu mengarahkan top spin keras ke arah kanan, karena saya ga biasa pake forehand, bisa saya tahan cuman hasilnya pukulan lambat yg bakal di smash lagi oleh lawan
    kira2 teknik apa yg harus saya latih atau saya harus belajar forehand jg???

    • Salam berolahraga, olahpikir, olahrasa,

      Mengatasi pemain cepat, sebelum dijawab,
      Pertanyaannya adalah CEPAT dalam hal apa?
      1. Cepat menggerakkan tubuhnya? atau
      2. Cepat merubah2 teknik dan strateginya?

      Menjawab #1, maka:
      1. Harus sama cepat, tapi dgn andalan properti lainnya, spt POWER, SPIN, PLACEMENT, TAKTIK,,,

      2. Harus lebih cepat, wlaupun porperti lainnya seimbang bahkan lebih-rendah dari lawan, maka kemungkinan besar bisa menang krn lebih cepat itu.

      3. Kombinasi LEBIH cepat, SAMA cepat, LEBIH lambat, dgn menguasai transisi perubahan kecepatan dan properti2 yg lengkap, akan bisa mengalahkan lawan yg cepat itu.

      Menjawab #2, maka:
      1. Mau tidak mau harus memiliki minimal kualitas yg SAMA dgn “cepat berubah (change)” dari lawan. Ditambah memiliki statistik lengkap di spot2 mana lawan memiliki kelemahan dan orientasi permainan “adu cepat berubah” itu diarahkan.

      Bermain dgn BH oriented dgn teknik lengkap.
      1. Tetap saja memiliki 1 spot kelemahan yaitu SEMUA hal di sisi FH. Wah bagaimana mungkin bisa menang?
      2. Kecuali sdr bermain dgn penuh inisiatif menekan lawan, karena melawan level dibawah, maka tipe BH orinted itu sangat ENAK dimainkan.
      3. Utk lawan yg setingkat bahkan di atas, maka dia akan bermain dgn “oranglain” diFH sdr.

      Hanya menahan disisi FH, itu bukti sdr bermasalah di bagian gerakan-kaki-sebelum-pukulan. Latihlah di bagian ini !

      Berlatih n belajar FH:
      1. Mindset sdr harus mengatakan bahwa ada 3 bagian yg harus dilatih terpisah, yaitu bagian FH, BH dan MH (mid), artinya 1 orang berlatih utk 3 porsi latihan yg terpisah.
      2. Ubah sudut ready-stance dan normal-stance. RS= bentuk berdiri ketika ball in play pertama kali, NS= bentuk berdiri setiap kali stlh pukulan.
      3. Ubah grip yg terlalu BH-ori menjadi MH-ori.
      4. FootWork dgn berbagai pattern utk setiap keadaan.
      5…

    • Hi nearmello, main di mana??

  6. Saya Rema q ingin sekali mengalahkan adikq.adikq pintar banget serve yg sangat cepat.hingga hampir semua orang dewasa memujiny dengan”serve kilat”gimana cara memblok serve kilat adikq itu?….

    • Salam olahraga, olahpikir, olahrasa,

      Apakah serve adikmu itu, legal? Lihat legal serve di Aturan2 TM dari ITTF.

      Jika tidak, serve tsb bisa diatasi:
      1. karena terbiasa berlatih, bermain bersama.
      2. minta diajari pemain lain yg bisa mereturnnya.
      3. minta diajari adikmu, dgn membocorkan teknik server tsb.
      4. setelah meningkatkan semua teknik-mendasar dgn belajar tehnik yg benar.
      5. dalam pertandingan resmi, maka kamu komplain ke wasit.

      Jika ya,
      1. ingat rumus when, where, how bola -dalam periode terbang- dipukul oleh server
      2. when-server menentukan kapan-returner menggerakkan tubuh, where-server menentukan kemana-returner menggerakkan tubuhnya, how-server menentukan bagaimana-returner menggerakkan tubuhnya.
      3.

      Pendek kata,
      1. bgmnpun bola dipukul server, tetap saja menghasilkan ball properti (speed, spin, power, curve, direction..). spin bola tetap saja right, left, top, back, curl.
      2. bagi returner harus mampu membaca ball properti kemudian kapan, kemana, bagaimana dia bergerak utk menyiapkan posisi tubuhnya utk membuat pukulan sempurna agar hasilnya maksimal.
      3. dikatakan “serve kilat” artinya masih terukur. jika kilat dlm hal speed bola yg dihasilkan maka retunrnya hanya memblok bola tsb, dgn penyesuaian sudut raket yg pas, dimana sebelumnya memposisikan tubuh utk siap memukul, bagian inilah INTI dr tehnik stroke yg byk diabaikan. Jika kilat dlm hal gerakan tangan server, maka kamu harus berlatih meningkatkan levelmu.
      4. semua unsur tenismeja; pemain, gerakan, bola, raket, pantulan… ada hitungannya, jadi belajarlah MENGHITUNG.

  7. merek karet bet yang mempunyai spin,kontrol yang tinggi dan speed sedang..???

Membuat Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: