Coba2 Peralatan


Sumber: http://www.usatt.org/tip_photo/120699.shtml

By Dr. Ion Yoo

image

Guangdong Province Youth Team 12-year-olds Lwou Yung Chiang, someday-to-be U.S. and Pan Am Men’s Singles Champion David Zhuang, and someday-to-be 2-time World Men’s Singles Champion Jiang Jialiang.

Equipment Experimentation

By Dr. Ping Pong

Di awal2 karier permainan anda, tidak bisa dihindari mencoba2 banyak raket dan spons (tmk: karet). Pinjamlah byk raket2 dari pemain2 lainnya untuk dicoba. Anda harus pelajari sifat2 apa tersedia pada raket tsb, dan temukan apa2 yang terasa cocok untuk anda. Tetapi ketika sekali anda menemukan suatu kombinasi (tmk: sifat2 raket) yang anda suka, tetap setialah padanya sampai anda mempunyai suatu alasan yang sangat baik untuk mengganti dengan yang lain. Hal ini tidak berarti anda tidak boleh mencoba2 jenis peralatan2 baru -mencoba2 OK saja, hanya jangan sampai terbiasa dalam sikus tertentu berganti2 peralatan, dan jangan juga sudah merasa benar2 nyaman dengan alat apapun.

Dua hal buruk mungkin anda lakukan adalah:

  1. Jangan pernah melakukan banyak coba2 peralatan, padahal anda tidak pernah mengetahui berbagai sifat2nya, dan
  2. Terlalu mencoba2, padahal anda sudah menemukan peralatan yang sesuai untuk anda.
Tentang TeeMKa

Dengan TenisMeja, kita meningkatkan potensi fisik-psikomotorik, pikir-kognitif, rasa-afektif.

Posted on Jumat, 13 Juni 2008, in 5 Science, Peralatan and tagged . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. Saya seorang penghobi tenis meja, berlatih sejak 3 tahun lalu menggunakan pelatih.
    Sampai sekarang juga tetap memakai pelatih untuk meningkatkan kemampuan sekaligus untuk having fun.

    Mencari dan mencoba blade dan rubber merupakan satu salah satu kesenangan dan tantangan tersendiri.

    Selama ini saya tidak pernah bingung memilih peralatan. Karena saya bisa berkonsultasi dengan pelatih saya. Selain itu saya juga selalu membeli peralatan tenis meja di toko yang khusus hanya menjual peralatan tenis meja di tanjung duren.
    Pilihannya banyak dan pemilik toko juga pemain tenis meja dan mengenal karakter permainan dan bisa memberi saran sesuai dengan karakter permainan yang saya mau dan sesuai budget yang saya mau.

    Mau yang mahal atau yang murah itu tergantung kondisi keuangan dan karakter permainan kita.
    Kalau keuangan terbatas ya beli yang biasa aja..
    tapi kalau keuangan bagus, ya beli yang bagusan juga ga masalah… hasilnya tentu lebih bagus, karena produk ini mempunyai gualitas dan quality control yang lebih bagus, baik dari sisi speed, spin dan control.

    Well, INI masukan yang bagus buat kita.

  2. saya mau nanya kalo mau beli bat sama rubber yang lengkap dimana yah??
    saya masi pemula soalnya

    saya biasa make bat yang berat kepalanya.
    bladenya nittaku offence
    terus bat itu berat bgt
    nah saya kok ngrasa pake bat itu keberatan

    nah saya tipe offence dan sng top spin terus saya juga sering lob gt

    kira2 blade ama rubber apa yah yg cocok??
    juga perkiraan harganya brp?
    jgn mahal2 yah kalo isa

    makasi

  3. Kalau beli online, coba cari dgn key “peralatan tenis meja”, google akan memberikan listnya.
    Kalau beli didarat, coba tanyakan ke forumtenismeja.com, para member pasti bisa mengarahkan.

    Bat biasanya dgn berat 90 gram + 2 karet = 2ons.
    Jika bet (raket=blade+rubber) memang berat, cobalah ganti rubber Eropa dgn spon lembut, yg rata2 lebih ringan.
    Tapi, jika masih TERASA berat, maka perbaiki grip dan otot2 jari yang digunakan, ditambah latihan beban untuk otot pergelangan tangan. Ditambah latihan bat-pemberat sbg latihan dasar untuk menyiapkan otot2 tangan (jari, gelang, lengan, siku, lengan atas, bahu, dst).

    Tipe bermain off dgn topspin dan lob, itu bisa disebabkan TERBENTUK secar alami karena faktor latihan dan peralatan. Jika memang nyaman dgn gaya ini, tinggal dikembang lebih lanjut dgn menambah gaya2 dasar lainnya agar semakin komplit, dan dinamis. Jangn lupa, setiap gaya+pukulan ada kekuatan dan kelemahan yang bisa diekploit untuk kemenangan lawan.

    Kisaran harga:
    1. Blade = 500rb – 1.5 jt, jika punya feel dan selera bagus cobalah beli blade 2ndhand, bisa lebih murah dan banyak pilihan. Kemudian berekplorasi dgnnya.
    2. Rubber = 200 – 400rb. Bisa dipakai 6 bulan untuk pemain bukan atlit reguler.
    3. Lem Dasar
    4. Speed Glue, Water Base Glue.

    Yang terpenting harus dikuasai oleh pemula dalam urusan raket (blade+rubber+glue) adalah MAMPU MENGENDALIKAN dalam permainan dan mengetahui karakter2nya; ply, weight; carbon, allwood; off, def, allround; speed, spin, control; yang sangat mempengaruhi pencapaian kemampuan selama ia berlatih.
    Jika tidak, yang terjadi adalah pemula selama berlatih dn bermain tenis meja malah mengganti2 raketnya, sementara tehnik dasar belum ia miliki.

  4. hey, mr. teemka kapan saya bisa dapat hardcopy “buku alex kertamanah teknik dasar”nya yach?
    Sekalian saya mau nanya: saya make depan xiom omega 3 bios max, belakang spectool speed 1,7, blade tsp balsa 8,5. Saya suka bintik pendek karena berkarakter serang dan efek bola yang dihasilkan banyak variasinya. menurut anda : merek karet bintik pendek apa di pasaran yang paling menyulitkan lawan ? temen2 mitra tanding saya menilai saya dominan menggunakan backhand saya dalam permainan. o ya, saya pernah pake stiga royal, tsp tyranno, winning, 802-40, dawei 388, clippa, 563, 888, tsp super spinpips… but penilaian saya saya spectol masih yg paling ok. Namun demikian saat ini sy perhatikan lama2 mitra2 tanding saya selevel mulai pada hapal karakter main bola saya. yg awalnya sering menang, lama2 saya diimbangi dan kalah juga.. what’s your suggest bro? thanks a lot

  5. Salam olahraga, bro
    Tentang hardcopy buku, kontak lewat email saja, tenismejakita@gmail.com atau send lewat form isian di halaman [Siapa TeeMKa].
    TeeMKa kurang memiliki kesempatan mengexplorasi berbagai karet spt disebutkan diatas, karena untuk sementara cukup mengekplorasi karet berdasarkan karakteristik bentuk fisik secara umum; INVERTED, LongPipe, ShortPipe, AntiSpin or Anti Power, OX or NoSpon, Glue dan NonGlue, Karet keras dan lembut, Chinese dan Eropa, dan raket dibawah standard.

    Mitra/Lawan lama2 hapal karakter, terhadap:
    1. Cara bermain anda
    2. Cara anda memainkan raket berkaret bintik tsb.
    3. Karakter karet bintik tsb.

    Lawan2 yang sempat memilikinya adalah:
    1. Lawan main satu klub.
    2. Mitra berlatih (Sparing Partner)
    3. Sekelas Pelatih
    4. Pemain selevel yang pernah mengalami hal serupa.
    5. Level Pemain yang lebih kuat, krn dia punya cara memaksakan permainanya dan menghindari SP tsb atau sudah menaklukkannya.

    Jika yang sdr inginkan dari “pemakaian karet bintik pendek” adalah:
    1. Selera, ciri khas, alasan personal lainnya
    2. Bermain enak dan nyaman tak peduli memang kalah
    3. Harus menang thd siapapun lawannya

    Maka, untuk nomor alasan dan alternatif solusinya adalah:
    1. Pastikan pilihan pada 1 merk karet bintik pendek, kemudian ekplorasi karet ini dgn mencoba segala kemampuan anda ditambah kelebihan spesial dari karet dan gaya anda, dengan bantuan 1 orang sparing partner yang dapat diajak bekerjasama untuk membuat dan menjalankan program2 latihan. Jika berlatih bertanding kemana2 dgn banyak lawan, hasilnya adalah spt yg anda sebutkan, yaitu lawan anda familiar. INGAT: merubah gaya bermain (kemampuan dasar) akan memiliki EFEK BESAR dan berbeda walaupun dgn peralatan yang sama.

    2. Bermainlah dgn siapa saja dan nikmati saja, siapkan catatan2 kecil atas ide2 perbaikan yang dapat dibaca saat anda istirahat, agar tidak “terperosok di lobang yang sama”, tapi sayangnya hanya bisa anda lakukan pada lawan yang anda sendiri familiar thdnya.

    3. Melakukan solusi (1) utk bbrp waktu dilanjutkan ketahap (solusi 2) kemudian menganalisa dan kembali pada program latihan lanjutan, dan seterusnya sehingga pencapaian meningkat. Dengan syarat: KEMAMPUAN DASAR anda sudah dibenahi agar bisa meningkat dgn mudah dan tajam.

    Diperlukan waktu untuk menguasai kemampuan dasar dan peralatan yang cocok untuk mendukung perkembangan. Selanjutnya, silahkan berganti2 peralatan untuk menghadapi lawan2 yang lemah thd alat yg anda gunakan.

  6. liat harga karet serta gagang bet merk TSP,,serta alamt pngrmn nya…
    bls y

  7. Saya seorang penghobi tenis meja, sempat berhenti karena alat dan kesibukan kurang lebih 10 Tahun dan baru kembali berlatih sejak 1 tahun terakhir
    Mencari dan mencoba blade dan rubber merupakan salah satu kesenangan dan tantangan tersendiri buat saya sekarang.

    Selama ini saya memang masih bingung memilih peralatan. Karena baru 1 tahun sudah 3 blade yang saya pakai, awalnya saya coba blade gergely dari butterfly, 3 bulan 3 kemudian saya pilih donic senso tapi tetap masih kurang cocok dan terakhir ini saya pake Prasidha kendo walopun harganya 2,4 jt tapi memang ternyata harga tidak pernah bohong. dan mengenai karet 1 tahun terakhir saya sudah menggunakan kurang lebih 10 macam, pertama saya gunakan Yasaka Xtend dengan MarkV ad tapi kurang cocok jadi saya ganti sriver dengan LKT masih kurang cocok juga terus saya coba DHS Innova dengan chalennger, masih kurang cocok coba lagi Tibhar Grips dengan Tibhar Nimbus jadi lumayan bagus tapi masih kurang cocok juga, jadi sekalian saya Pilih yang paling mahal bersamaan blade Prasidha Kendo dan Rubber Prasidha Tokyo ditambah karet untuk backhand Butterfly Spinart wlopun mahal tapi cocok cuma yang spin art belum 1 bulan udah kalah jadi sekarang saya ganti tibhar defense, tapi ternyata kurang cocok juga, jadi klo ada yang boleh kasi saran karet apa yang bagus untuk backhand tipe menyerang bertahan, dengan kontrol paling bagus

    • Salam olahraga, olahpikir, olahrasa.
      Hobi, profesi, tanggung-jawab, kesibukan, tetap semangat !

      Berganti2 alat, mencari2 yang cocok, berlatih menyesuaikan, sebagian pemain itu mengesalkan, kapan berlatih n bermain n menikmati pencapaian? Sebagian lagi menyiasati dgn “menghitung” karakteristik peralatan dgn parameter merk, teknologi, max-min value, social interview.

      “Tidak cocok” dengan peralatan, menurut TeeMKa terjadi kekeliruan dalam teknik dasar, khususnya di aspek fisik dan teknikdasar.

      Fisik tidak siap utk olahraga tenismeja, tapi siap di badminton, sepakbola, tinju, atau sebaliknya hanya siap utk bridge dan catur. Untuk mengukurnya, kembali lakukan gerakan2 komponen olahraga fisik yg persis sama 10 tahunlalu, jika saat masih mampu, maka fisik anda SAMA seperti dulu.
      Kemudian bandingkan peralatan yg dulu dan sekarang, hasilnya tentu JAUH beda. Dulu raket rendah speed-power-spin, lambat reaksi, tapi sekrang sebaliknya.

      Dari 2 hal ini, kesiapan fisik masa lalu + peralatan sekarang = kekeliruan feel. Akibatnya ganti2 peralatan.

      Solusinya:
      1. fisik sama+gunakan alat yang sama 10 tahun lalu.
      2. rendahkan fisik+gunakan alat modern.
      3. berlatih bandiungkan kedua hasilnya.
      4. sesuaikan fisik, alat minimum value, berlatih teknikdasar.

      nb. bersama pelatih atau partner melatih teknik dasar meliputi fisik-siap utk menghindari cedera, pakaian dan sepatu, tempat latihan standar, raket medium = blade tidak kencang+karet klasik, berlatih utk mengembalikan feel masalalu, grip, ready stance, normal stance after stroke, swing koordinasi mata, kaki, pinggang, bahu, lengan, siku, gelang, melihat bola; jump n shift.

      Mudah2an ada perkembangan.

    • Sambungan:

      Balasan sebelumnya diasumsikan sdr adalah seorang pemain yang terlatih 10 tahun lalu.
      Jika tidak terlatih, atau 1/2 terlatih (tidak berguru dgn seorg pelatih), atau otodidak,maka bermain tenismeja stlh 10 adalah sama dgn pemain baru, dengan tingkat waktu keberhasilan yg lebih singkat.

      Usulan:
      1. pilih blade yang all-wood, set ulang grip yg nyaman utk memukul kedua sayap, bahkan tengah.
      2. pilih karet dgn topsheet yg rendah, dan spon medium-hard yg medium-thick 2.0-2.1mm.
      3. koreksi n kembangkan touch memukul, 1.membentur, 2.menggesek, 3.menempel, 4.kombinasi 123. khususnya 3 n 3.
      4. drill latihan memukul pasif-blok, drive, topspin, tubuh relax santai, tu3puan kaki kuat, semua sendi tidak kaku, gelang lemas, grip flexibel tapi tidak goyang.
      5. latihan mengontrol-mata, bola, bladebaru dgn memantul2kan bola di raket.

      selamat berlatih.

Membuat Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

