Memilih peralatan yang cocok


guk2, di/pada Juli 5th, 2008 pada 9:48 Dikatakan:

mas, kalo untuk tipe kanan serang (offensive) kiri tahan semi serang (BH nya suka nyemesh tp ybutuh yg kontrolnya bagus ga perlu kenceng) enaknya pake kayu dan karet apa? klo kayu sardius FH Bryce Speed n BH Srifer FX cocok nda? cepet ya, mumpung blm beli. thks

Begini, TeeMKa batasi dulu:
1. Pemain terlatih = seperti atlit, spare partner, pelatih, analis dan jajarannya.
2. Pemain tak terlatih
3. Pemain rekreasi = para pekerja, profesional, dimana olahraga untuk kesehatan, hiburan, interaksi sosial, dll, namun punya kemauan bermain bagus dengan sedikit2 berlatih dan mengetahui teori2.

Dari tulisan2 di weblog ini, dapat disimpulkan:
1. Berlatih memerlukan tahapan2 (dasar, lanjutan, special), dan tiap tahapan memerlukan peralatan berbeda2 sifatnya (speed, kontrol, feel, special).
2. Pemain top profesional TIDAK menggunakan raket dengan speed paling kencang yang ada di toko.

Sebagai pemain rekreasi yang ke depannya mempunyai waktu, tenaga, biaya untuk berlatih meningkatkan kemampuan tenis meja, sebaiknya pilih peralatan secara bertahap juga.
1. Baru bermain dan berlatih = Speed rendah, Kontrol tinggi, feel soft = untuk memahami bagaimana sifat alat2 itu berkerja
2. Lanjutan = speed lebih tinggi, kontrol tinggi, feel medium = untuk memperluas pemahaman perbedaan sifat2 alat
3. Special = speed bebas, kontrol bebas, feel bebas = untuk menggunakan sifat2 alat tertentu yang diterapkan pada gaya tertentu dengan keahlian khusus

Merk yang saudara sebut di atas berada pada top rank pada grafik perbandingan, biasa dipakai para pemain rekreasi karena nyaman dipakai, “mudah’ digunakan pada satu type permainan saat berhadapan dengan satu kelas peralatan (semua pemain klub itu memakai peralatan sejenis, blade karbon, karet inverted Eropa, speed glue, tidak ada LongPiper yang bola2nya tidak sama).

+ GRIP cara memegang raket juga mempengaruhi, kenyamanan, kecocokan, kemampuan, dan kepuasan si pemakai. D

+ Jika ini peralatan pertama yang akan saudara beli, sebaiknya pertimbangkan APAKAH ada kesempatan waktu dan orang yg akan membimbing dalam menguasainya kelak ? Jika tidak, beberapa minggu ke depan saudara mengeluh dan mencari alat baru.

+ Jika ini peralatan kesekian kali dan saudara belum mendapatkan peralatan yang nyaman dan cocok, sebaiknya pertimbangkan untuk berlatih dasar dgn pelatih, memahami cara kerja raket dan cara menerapkannya dalam gaya, dan gunakan peralatan yg murah (second) untuk mulai memperkuat ukuran feeling masing2 alat. Jika tidak berlatih dasar, bulan depan akan ganti peralatan lagi.

+ Jika sekarang sampai bbrp bulan ke depan sdr berlatih dgn seorang pelatih, dan menggunakan peralatan standart, maka beberapa bulan ke depan, sdr akan berganti peralatan lagi. D

Berlatih memerlukan kesabaran )

About these ads

About TeeMKa

Dengan TenisMeja, kita meningkatkan potensi fisik-psikomotorik, pikir-kognitif, rasa-afektif.

Posted on Sabtu, 5 Juli 2008, in 2 Teknik, 4 Kata Te-eMKa, 5 Science, Lain-lain, Peralatan and tagged . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Bung TeeMKa yg oke punya, saya tertarik dg rubrik anda. Bung,, saya punya kayu Stiga Titanium 5.4 WRB. Apa keistimewaan kayu ini? Apakah kayu ini lebih jelek daripada Gergely 21? Karet apa yang cocok dengan kayu-kayu tersebut bila saya adalah pemain yang pinginnya nge cop, nye pin dan nye mash? Saat ini saya punya karet Sriver FX 2,1 dan Yasaka Mark VAD max serta RITC Elang 1,5 mm. Terima kasih banyak informasinya.

  2. Boss…mo tanya nihh…………
    Aku pengen beli bet-pingpong (maklum ga tau nama bahasa indonesianya).
    Kira2 yang bagus apa ya???
    1. Kayu?
    2. Pelapis Kuning?
    3. Karet Merah
    4. karet Hitam
    Sekalian harganya ya????

    Oh iya,gaya permainan saya lebih cenderung FH. Saya suka melakukan TopSpin. Jadi, tolong kasih tau kan yg lebih mendukung gaya permainan ku.
    Untuk BH nya aku pengen yang yahud buat BackSpin????

    Toko di Malang, Surabaya, dan Jakarta dimana ya??????
    Thanks………………………..

    • Salam berolahraga, berolahpikir, berolahrasa

      Membeli bet, tidaklah sulit, cukup datangi toko sport n kompeten, beritahukan speknya (pemula, menengah, lanjut), sesuaikan harga dan rasa, membeli.

      Jika sbg pemula, harus disadari bahwa pemakaian bet (blade, raket=rubber topsheet+spoon+glue), AKAN berganti2 berubah2 sesuai level pencapaian kemampuan bermain.
      Adanya penyesuaian antara karakter kemampuan alat dan kemampuan memainkan utk kualitas hasil yang diinginkan.

      Mengenai harga, berkisar:
      Blade (all wood, carbon renforced) = 200rb, 500rb, 1jt
      Rubber (topsheet+spoon) = 50rb, 250rb, 600rb
      Glue (ITTF approved) = 200rb

      Raket (rubber, blade) yang cocok dgn gaya bermain atau stroke tertentu, tidak akan DIDAPAT jika pemain tidak BERLATIH teknik dasar dgn benar dan baik.
      +Benar = secara bertahap teknik itu mendukung dgn mudah utk teknik2 selanjutnya, baik didapat dari pelatih maupun pengembangan sendiri.
      +Baik = tepat sesuai dgn keadaan pemain dan peralatan, pemain yg sabar lebih cocok mulai bermain allround, pemain agresif lebih cocok mulai berlatih menyerang, untuk MEMUASKAN rasa yg selanjutnya bagus utk perkembangan mental n percaya diri.

  3. Sangat bagus dan bermanfaat wawasannya utk pengembangan olahraga pingpong buat kita2

  4. Hi, all is going fine here and ofcourse every
    one is sharing data, that’s genuinely excellent, keep up writing.

Membuat Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: