Pemain terlatih dan tidak


Sumber : Dicopy-paste dari komentar2 oleh TeeMKa

  1. Salam kenal , buat yang mau share apa saja tentang pingpong bisa e-mail ke gjoni18@yahoo.com mungkin saya bisa bantu . Saya mantan atlet team mahasiswa indonesia th 90an dan skrg masih aktif sebagai sparring para atlet pon di jawa barat jg dki. selamat bergabung di dunia tenis meja

    Salam kenal. TeeMKa senang sekali dengan Andrzej Grubba pemain asal Polandia di era 80-90. Terkenal dengan backhand loop bergaya Lainuki (gaya seorang samurai mencabut pedang katana dari sangkarnya).

    TeeMKa berharap mr. gruba ini sempat menshare ilmu tenis meja di weblog ini, tentang:
    1. Perbedaan pemain terlatih dan tidak.
    2. Apa saja yang dilatihkan seorang atlit selama mengikuti program latihan.
    3. Perkembangan perbedaan tenis meja era 90an dan 2008an di tanah air dan dunia.
    4. Bagaimana tips awam untuk bermain tenis meja yang baik.

  2. Ok Thx atas sambutan dari TeeMKa , Saya akan coba jawab tentang :

    1. Perbedaan pemain yang terlatih dan tidak ,secara umum dapat terlihat dari cara posisi badan setelah terjadi rally pukulan , pemain yang terlatih terlihat stabil dari mulai posisi kaki,badan, ayunan tangan dan timing memukul bola yang tepat.

    2.Selama ini yang saya lihat program latihan klub klub di indonesia lebih mengutamakan tehnik pukulan diatas meja atau kita lebih sering atau suka bertanya kepada pelatih bagaimana supaya spin atau smash kita keras atau kencang ? bagaimana cara block yang benar ? tetapi mereka melupakan latihan fisik yang saya maksud latihan fisik disini adalah latihan fisik yang benar dan itu sangatlah berat karena meliputi lari jarak jauh dan pendek , latihan weight training tubuh(ini sangat berat sbg perbandingan ,team putra indonesia angkatan bench press nya jauh dibawah team putri korea utara apalagi china), latihan besi untuk pergelangan jg latihan bat besi untuk kecepatan , latihan bola banyak untuk ketepatan ,dan msh banyak lagi yang terlalu panjang untuk ditulis disini.
    Jadi kesimpulannya untuk menjadi pemain yang solid sebenarnya sulit jika kita tidak disiplin tetapi akan menjadi mudah jika kita mau sakit dan perih dahulu dan berpesta kemenangan di pertandingan . Sedikit tambahan pengalaman pribadi ,saya sempat berhenti bermain tenis meja sktr 6 tahun (Terakhir saya tampil di Silatama th 2001)
    Bln Agustus 2007 saya kembali berlatih karena berat badan saya saat itu sdh mencapai 90 kg(saat aktif bermain berat saya 55-60kg)dan saat itu kolesterol dan penyakit lain sdh datang.Saya memutuskan kembali berlatih secara bertahap dengan program yang benar dan setelah 8 bulan sekarang berat saya tgl 75 kg semua penyakit sdh hilang dan sempat menjuarai 2 turnamen meskipun cuma juara 3
    Skrg saya menjadi sparring team pon salah satu daerah favorit juara PON .
    3. April 2008 saya mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu official team indonesia pada kejuaraaan dunia di guangzhou ,china,satu perbedaan yang sangat signifikan adalah pemain pada era sekarang tidak banyak menggunakan block pada ssat diserang lawan tetapi mengembalikan serangan itu dgn spin kembali dan itu berlaku untuk sisi backhand juga.
    Untuk di tanah air saya no comment ……

    4.Tips untuk awam adalah:
    – Pilih peralatan yang memenuhi standard latihan , mulai dari kayu,karet,sepatu dll meskipun agak mahal tapi akan menunjang sekali untuk kemajuan kita.
    -berlatih lah dasar dasar tenis meja yang benar dgn pelatih yang benar menguasi tehnik dasar.
    -perbanyak latih tanding dengan klub lain.
    -coba untuk berlatih dengan bola banyak secara bertahap.

    Ok sementara itu dulu terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan.

About these ads

About TeeMKa

Dengan TenisMeja, kita meningkatkan potensi fisik-psikomotorik, pikir-kognitif, rasa-afektif.

Posted on Rabu, 9 Juli 2008, in 2 Teknik, 4 Kata Te-eMKa, 5 Science, Latihan and tagged . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Bos saya pemula apakah punya video latihan dasar sampai teknik bermain… mungkin bisa membantu saya berlatih..

    Terima Kasih bagus bangat artikelnya.

    Semoga Sukses..

    Download video tenis meja, dari pelajaran hingga olypiade 2008, coba ke sini http://www.kkreanga.new.fr/.
    Pengalaman dan pengamatan TeeMKa, dalam berlatih dasar dgn menggunakan video tidak akan banyak membantu, karena video yang beredar itu hanya untuk DEMO saja. Tapi setidaknya sangat membantu meningkatkan kepercayaan diri pemain yg sedang menyaksikannya.
    VIdeo2 itu baru akan bermanfaat membantu meningkatkan tehnik dasar, jika pemain itu SUDAH belajar tehnik dasar yang BENAR dari seorang pelatih. Perlu diingat, lalin pelatih maka lain pula Tehnik Dasar yang BENAR itu, tergantung kemampuan sang pelatih.
    Untuk berlatih tenismeja, carilah, berlatih, programkan latihan dasar yang harus dikuasai. Mungkin memerlukan waktu 1 tahun untuk usia dewasa. Setelah memiliki keahlian dasar tadi, nah akan LEBIH mudah meningkatkannya walau tanpa bantuan pelatih. Yang kamu perlukan sekarang cukup seorang sparing saja.

    • slam kenal untuk para pelatih…
      namaku rully, aku juga pengen di krimin video-video dari dasar ne,.. walaupun sudah lama main tenis meja aku tetep ngrasa masih kurang,..

  2. ass
    tlng donk gmn caranya
    agr supaya saya bisa mendowlond
    video pertandingan tenis meja

    Caranya di halaman ini.

  3. gi mana caranya latihan sendiri tanpa pelatih cos di daerah saya tidak ada pelatih untuk tenis meja?
    mohon bantuannya senior…..

    • Salam olahraga,

      Pemain yg berlatih sendiri tanpa PElatih (PElatih=pemain yg lbh bisa scr fisik, teknik, taktik, mental, tanding, coaching).

      Jika kemampuan anda:
      1. Masih NOL, maka MUTLAK diperlukan kebersamaan berlatih, coaching dgn PElatih tadi. Karena pemain ini masih belum memiliki gambaran awal ttg setiap aspek TM. Mirip matematika, utk menentukan titik 3 secara interpolasi diperlukan 2 titik-awal sbg acuan. Pemain ini belum memiliki titik-awal.
      2. Sedang DASAR, maka kebersamaan dg PElatih diperlukan utk percepatan peningkatan kemampuan DASAR. Jika anda seorang jenius, pun masih perlu orang lain sbg sparing.
      3. Sedang BERKEMBANG, maka kebersamaan PElatih utk smakin spesifik utk evaluasi kekurangan, kelebihan, atau sudah terbatas tidak-bisa ditingkatkan scr signifikan lagi. Berlatih sendiri, masih memerlukan pemain lain dan alat bantu utk simulasi.
      4. Sudah MATANG, maka tidak jauh berbeda dgn poin #3. Berlatih sendiri, dgn cara belajar teori baru, dgn rumusan sendiri dari sumber bacaan dan video2 kmd praktek2 utk mewujudkannya.

  4. mohon saran sekaligus info dong,
    aku berdua temanku sabtu,minggu libur kerja.ingin olahraga tenis meja di sekitar daerah benhil atau senayan,kami sudah kaum ibu,dan saat remaja main tenis meja sekarang ingin lagi walaupun sekedar olahraga, ada gak yaa…?trims.

Membuat Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: