Bagaimana cara kerja karet ANTI ?


HOW DOES ANTI WORK ?

http://www.masatenisi.org

Antispin adalah sebuah karet inverted yang tidak menghasilkan sebarang putaran (spin). Biasanya ia memiliki salah satu sifat berikut:

  1. Mematahkan putaran bola yang datang: Jenis karet ini menghasilkan pukulan blok yang efektif menghentikan bola (stop block), macam2 pukulan pendek mendadak didalam meja dekat net (dropshot), pukulan mendorong bola yang aman (safe pushes) dan dapat digunakan untuk membuat pukulan datar yang mematikan (flat kill). Lebih cocok untuk menyerang, dan tidak efektif (opini saya) jika dikatakan sebagai karet yang serba anti …. (tmk: karet ini disebut juga antipower)
  2. Meneruskan putaran bola dgn mudah sebagaimana ia datang (seperti karet bintik panjang): Karakter ini dapat menghasilkan hasil pukulan efektif berbagai macam chop dan chop-block (pukulan menahan bola topspin dgn pukulan blok yang menghasilkan bola underspin) DAN juga sebarang pukulan dari jenis (1), juga karet ini punya banyak masalah dalam memukul melawan bola topspin ataupun noapin, tetapi dapat melakukan topspin atau memukul melawan backspin dengan mudah (seorang pemain karet anti yang bisa menyerang melawan pukulan underspin sering berbahaya). Lebih cocok untuk bermain bertahan dibanding jenis (1). Saya lebih menyukai jenis yang ini dibanding yang pertama.

Kebanyakan karet anti, meskipun memiliki salah satu dari dua sifat diatas: Mereka adalah karet yang membunuh spin (putaran), kalau tak membunuh spin dia digunakan untuk meneruskan spin (memukul bola dgn cara apa saja, jika karet itu memiliki nilai spin yang tinggi (spinny), dia akan mengembalikan sebuah bola dengan sumbu putar (rotation axis) / putaran (spin) yang sama dengan arah datangnya bola, tmk: bola terbang keriting/ bola berputar arah jarum jam tapi terbang dengan lintasan kedepan). Mereka menghasilkan berbagai bentuk (variasi).
JANGAN gunakan karet anti (bintik pendek adalah tidak baik) untuk melindungi sisi backhandmu yang lemah. Tapi gunakan karet inverted yang lambat (slow) maka kamu dapat meningkatkan tehnikmu. Saya percaya bahwa karet anti sebaiknya dipakai pada kasus jika kamu dapat mengambil keuntungan dari sifat2nya dan kamu memiliki sebuah gaya yang sangat cocok yang diperlukan dalam mengendalikan karet tersebut, misalnya sebuah blok untuk melawan loop dengan penempatan yang hebat (extreme). Untuk bermain dengan pembalikan putaran (spin reversal), cobalah beberapa karet bintik/pipe (khususnya bintik untuk chop).

Boris
Copyright © 2001 The Tactical Table Tennis Website

About these ads

About TeeMKa

Dengan TenisMeja, kita meningkatkan potensi fisik-psikomotorik, pikir-kognitif, rasa-afektif.

Posted on Sabtu, 22 November 2008, in 5 Science, Peralatan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Membuat Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: