TeeMKaPedia


Tulisan ini disadur dari buku terjemahan Step To Success: Tenis Meja Tingkat Pemula; Larry Hodges; RajaGrafindo Persada; cet.3 hal-XI; tahun 2002

update: 10-11-2017

antispin
Lembaran karet inverted yang sangat licin, sehingga spin tidak terjadi. Antispin biasanya dilapisi dengan spn mati/gundul dan sering digunakna untuk pukulan bertahan. antispin dikenal juga dengan anti.

backspin: Tipe spin yang sering digunakan pada pukulan bertahan. Saat anda melakukan chop (pukulan ke bawah) pada bola, anda menimbulkan backspin. Bagian bawah bola akan bergerak menjauh dari tubuh anda. Spin ini juga disebut chop atau underspin.

blade: bet, biasanya tanpa menggunakan pelapis (bisang bet)

block: pengembalian bola yang cepat, segera setelah bola memantul dengan pukulan yang agresif yang dilakukan dengan memegang bet dalam jalur gerakan bola.

chop: pengembalian pukulan yang bersifat bertahan dengan menggunakan backspin, biasanya dilakukan dalam jarak yang cukup dari meja (lihat backspin)

chop block: pukulan block dimana bet digerakkan ke bawah saat terjadi kontak untuk menimbulkan backspin.

close racket: posisi bet dimana bagian untuk memukul diarahkan ke bawah (tmk: lantai, bagian bat yang mengenai bola mengarah ke lawan)

counterdrive: pukulan yang dilakukan untuk melawan pukulan. Beberapa pemain mengkhususkan diri dalam counterdrive (pukulan balasan)

counterloop: untuk membalas loop dengan loop (loop balasan)

crosscout: Bola yang dipukul secara diagonal dari sudut ke sudut lainnya (menyilang).

crossover: tipe footwork untuk menjaga sisi forehand yang terjauh (tmk: bergerak melangkah dari sisi kiri ke sisi kanan jauh meja, dalam rangka menempatkan diri untuk memukul bola)

dead: bola tanpa spin (mati)

deep: 1. bola yang memantul di sisi meja lawan yang sangat dekat dengan garis akhir (endline); 2. serve atau push yang tidak akan memantul dua kali pada sisi meja lawan (bila dibiarkan)

default: didiskualifikasi dari permainan karena alasan tertentu (dikeluarkan)

double bounce: bola yang memantul dua kali pada sisi meja yang sama. Pemain di sisi meja tersebut akan kehilangan poin.

down the line: bola yang dipukul lurus pada satu sisi meja, paralel dengan garis pinggir (lurus).

drop shot: pukulan tenismeja dengan menempatkan bola sependek mungkin ke dalam meja lawan sehingga lawan tiba-tiba mengalami kesulitan untuk menggapainya. (tmk: dropshot biasa digunakan melawan pemain chop yang sedang asik berada jauh dari meja)

expedite rule: bila satu game telah berlangsung 15 menit tanpa akhir, peraturan expedite diterapkan. Satu poin diberikan pada pemain yang menerima bola yang dapat mengembaikan 13 pukulan berturt-turut setelah peraturan expedite dijalankan. Pemain melakukan servis bergantian setelah peraturan expedite dijalankan.

flat: bola yang tidak memiliki spin, biasanya bergerak dengan cepat. (tmk: bola yang bergerak datar; lintasan kurva datar/rata/tidak melengkung)

flip: pengembalian bola secara agresif yang mendarat dekat net dilakukan secara topspin (tmk: menyerang serve pendek)

footwork: bagaimana cara pemain bergerak sebelum melakukan pukulan

free hand: tangan yang tidak memegang bet (tangan yang bebas)

hard rubber: tipe lapisan bet dengan karet berbintik-bintik (pips-out) tanpa lapisan spons dibawahnya. Ini merupakan pelais yang paling sering digunakan hingga berkembangnya spons karet, tapi sekarang sudah jarang digunakan (karet keras).

serve high toss: serve dimana bola dilambungkan tinggi ke udara. Ini meningkatkan spin dan gerakan menipu

inverted: merupakan pelapis bet yang paling umum yang terdiri atas selembar karet berbintik-bintik kedalam di bagian atas lapisan spons. Bintik-bintiknya mengarah ke dalam, ke arah spons, sehingga permukaan licin berada di luar. Ini merupakan kebalikan dari spons pips-out, dimana bintik-bintiknya mengarah keluar, berlawan arah dengan spons.

ITTF: International Tabel Tennis Federation.

junk player: pemain yang menggunakan pelapis bet yang tidak biasa, biasanya long-pips atau antispins (pemain yang tidak baik)

kill shot: pukulan mematikan

let: bila permainan diinterupsi oleh wasit karena alasan apa saja saat terjadi rally. Ketika let diberlakukan, poin tidak dihitung pada kedua pemain. (lihat, Aturan Tenis Meja)

let services: salah satu let dimana bola mengenai net dan mengenai bagian meja lawan

loaded: bola dengan kadar spin yang banyak (berisi)

lob: pengembalian bola smash yang bersifat bertahan. Biasanya dilakukan dengan topspin atau sidespin.

long pips: tipe karet pips-out dimana bintik-bintiknya panjang dan tipis dan bertekuk saat terjadi kontak dengan bola. Long-pips mengembalikan bola dengan spin apa saja yang ada pada bola saat kontak dan sulit untuk melawannya bila anda tidak terbiasa dengan bet ini.

open racket: posisi bet dimana permukaan yang digunakan untuk memukul diarahkan ke atas dengan sisi bagian atas yang dimiringkan ke arah tubuh anda (bet dalam keadaan terbuka)

penholder: tipe grip yang sering digunakan pemain Asia. Pegangan ini sangat memungkinkan pemain untuk melakukan forehand tapi sangat mengganggu saat melakukan backhand.

playing surface: bagian atas meja, termasuk sisi-sisnya (permukaan yang digunakan untuk bermain)

push: pengembalian backspin dengan backspin yang bersifat bertahan.

rally: pemukulan bola bolak-balik, dimulai dengan servis dan diakhiri bila poin dimenangkan.

rubber sandwich: dasar spons yang dilapisi dengan selembar karet dengan pips yang mengarah ke dalam atau ke luar. Bila dengan pips mengarah ke dalam, berarti spons inverted. Bila mengarah keluar, berarti spon pips-out.

serve: pukulan pertama, yang dilakukan oleh server. Pukulan ini dimulai dengan bola dilambungkan ke atas dari telapak tangan dan kemudian dipukul dengan bet.

shakehand grip: merupakan grip yang paling terkenal yang memberikan kemungkinan bagi pemain untuk melakukan forehand dan backhand dengan seimbang.

short: bola yang memantul dua kali pada sisi meja lawan bila dibiarkan (pendek)

sidespin: tipe spin yang oaling efektif dalam servis.

smash: bola dipukul dengan kecepatan yang cukup sehingga lawan tidak dapat mengembalikannya. Juga disebut dengan pukulan mematikan atau pukulan pemusnah.

smother kill: melakukan smash segera setelah bola memantul. Biasanya dilakukan untuk menghadapi lob.

speed glue: tipe lem yang diletakkandi bawah lembaran spons bet agar bola menjadi lebih cepat dan memiliki kebih banyak spin.

spin: putaran pada bola

spons: bahan karet mengapung yang digunakan sebagai lapisan di bawah selembar karet dengan pips. Spons memperbaharui permainan dan mengakhiri aman karet keras pada tahun 1950.

stroke: setiap pukulan yang digunakan dalam permainan termasuk servis (pukulan)

topspin: tipe spin yang digunakan pada hampir semua pukulan yang agresif, dengan kadar spin yang lebih banyak dari pada pukulan loop. Saat anda melakukan topspin pada bola, bagian aas bole bergerak menjauh dari tubuh anda.

two-step footwork: tipe footwork yang paling terkenal dimana pemain memulai dengan langkah pendek dengan menggunakan kaki pada sisi arah tujuannya. Kemudian, kaki yang lainnya mengikuti seakan-akan kedua kaki bergerak bersamaan.

umpire: pegawai yang menghitung skore dan menerapkan peraturan selama pertandingan (wasit)

volley: memukul bola sebelum bola memantul pada sisi meja anda, yang akan membuat anda kehilangan poin.

Iklan

5 comments

    • Salam olah 3 potensi,
      Serang 3 titik, istilah ini tentu yang paling tahu adalah orang yg memperkenalkannya. Di tempat lain mungkin berbeda istilah.

      Tapi menurut TeeMKa, seperti ini:
      bola 1 = lawan serve pendek
      bola 2 = anda return dgn push ke tengah meja placing di samping kiri, dgn asumsi lawan tidak mahir backhand attack, juga tidak mahir footwork ke samping meja.
      bola 3 = lawan cop/push, sesuai estimasi saat anda mengirim bola 2.
      bola 4 = anda ending utk get poin dengan flick jika bola dekat net, smash jika bola tengah-ujung meja, topspin jika jauh-meja, counter smash/topspin jika bola3 lawan tidak cop/push tapi attack dgn flick/hardpush, pushblok jika bola di dekat anda.

      Saati ini tahun 2012, apakah pattern ini masih berhasil-baik utk lawan dgn tehnik footwork modern?

Komentar ditutup.