Tips mahir memainkan tenis meja





Untuk mahir, perhatikan aspek berikut:
1. FISIK, dengan fisik yang sesuai, tehnik menjadi lebih mudah.
Meliputi;

tinggi badan >170, berat badan sedang (kira2 tinggi badan-110), otot2 tidak kaku/keras tapi elastis, tubuh mudah melentur (fleksibilitas tinggi), punya otot2 kaki yang kokoh.

2. TEHNIK, harus cerdas cari info sebanyak2nya. Belajarlah dari pelatih agar permainan dasar kita menjadi benar. Shg mempermudah perkembangan selanjutnya.
Meliputi;
– pengenalan peralatan: raket (blade, rubber, glue), meja standar, ruangan indoor, pakaian termasuk sepatu.
– tehnik memegang raket (grip), misalnya ada byk varian shakehand, hanya satu yang benar yaitu nyaman dan meningkatkan permainan secara tajam (signifikan).
– tehnik pukulan (stroke/shot/hit). Lihat gambar dari buku, saksikan video, dgn mental coba praktekkan tanpa meja-bola (shadow stroke), gunakan robot, BERGURU dengan pelatih, CARI sparing.

3. TAKTIK, harus cerdik, siapkan mentalmu belajarlah “mengakali” lawan dan permainan. Mungkin benar kata seorang teman ” Tenis meja adalah olahraga paling busuk/jahat “.
Meliputi;
– mengenali kekurangan dan kelebihan diri sendiri dan lawan, baik saat berhadapan maupun persiapan2 jauh2 hari sebelumnya. “Setiap bentuk memiliki karakter, setiap karakter memiliki kelebihan kekurangan yang bisa dimanipulasi untuk keuntungan kita”.
– untuk bertaktik yang tepat, diperlukan tehnik yang tepat, sebelumnya perlu fisik yang sesuai, sebelumnya lagi perlu persiapan2.

4. MENTAL, bermula dari kecintaan akan menghasilkan kesungguhan terhadap tenismeja. Mental singkatnya berarti “pikiran bebas yang penuh keberanian”.
Meliputi;
– Latihan mental, membayangkan sukses memukul dgn baik, siap menghadapi lawan yang menghadang.
– Tingkat gerakan, pikiran yang bebas dan berani akan menghasilkan gerakan2 sangat baik, “ketakutan” akan menghasilkkan gerakan buruk dan kaku. Akibatnya tehnik dan taktik macet, gimana kelanjutannya?
– Keinginan, motivasi menang atau agar tampak bermain indah atau cukup bermain enjoy semuanya diperlukan keinginan. Semakin kuat maka semakin baik hasilnya.

5. Akhirnya, untuk MENANG, diperlukan MENTAL kuat, sebelumnya diperlukan TAKTIK matang, sebelumnya diperlukan TEHNIK tepat, sebelumnya diperlukan FISIK memadai.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s