Karakteristik Jenis Kayu


Sumber: http://www.butterflyonline.com/

Tulisan ini masih rintisan.

Belum dilengkapi pembanding dari perodusen lainnya.😀

image

ELEMEN RAKET DAN HUBUNGAN DENGAN SIFAT BOLA YANG DIHASILKAN:

1. Rubber = (tmk: topsheet rubber), membentuk putaran (spin) saat berkombinasi dengan sponge.

2. Sponge = (tmk: busa/lapisan dibawah topsheet), membentuk kecepatan (speed), membantu rubber/topsheet dalam membentuk spin.

3. Blade = kayu berlapis (ply wood) dengan 1, 3, 5, 7 atau 9 lapisan untuk membentuk speed dan kontrol.

4. Grip = tersedia 5 bentuk berbeda: anatomic (AN), conical (CO), flared (FL), flare/straight dan straight (ST). Setiap produsen menyediakan 1 hingga 4 bentuk grip untuk setiap 1 seri blade. (tmk: karakteristik blade dengan menyesuaikan selera kecocokan pembeli).🙂

WOOD TYPE CHARACTERISTICS

Type

Karakteristik

Arylate

Arylate adalah serat (fiber) yang diperkuat (reinforcing) berguna untuk memperluas sweet spot pada blade dan juga untuk menghasilkan control getaran yang sangat baik.

tmk: sweet spot = luas bidang lingkaran ditengah2 blade dimana blade masih terasa nyaman ketika benturan dengan bola. Makin luas/besar sweet spot maka titik sentuhan pukulan yang tidak sempurna pun masih bisa dan nyaman dalam menghasilkan bola yang bagus. Ini menjawab kenapa raket sembarangan menjadi BERBEDA dalam banyak hal dibanding raket profesional.😀

Arylate+Carbon

Blade2 ini mempunyai keunggulan terbaik pada Carbon dan Arylate.

Speed dan sweet spot lebih luas yang dimilki Carbon dipadukan dengan control getaran yang bagus dan rasa lembut (soft feel) dari Arylate. Memungkinkan teknologi blade paling komplit.

Carbon

Blade yang diperkuat Carbon, menghasilkan speed yang bagus dengan sweet spot yang lebih luas dibanding tanpa Carbon. Tidak hanya kencang (fast), sweet spot yang lebih luas juga berguna untuk mengontrol kejutan (shock) yang terjadi selama benturan.

Ayous Wood

Kelas ringan, kayu kaku (stiff) yang baik sekali (excellent) untuk bermain pukulan balasan (counterdrive) di dekat meja.

Koto Wood

Sebagai lapisan luar blade (outer layers) menghasilkan sebuah blade kencang dan kaku. Kayu ini baik untuk bermain rally (terus menerus) dengan tehnik loop dan counter di kedua sayap.

Bass Wood

Kayu Bass sudah menjadi bahan utama membuat raket selama lebih 50 tahun dikarenakan control baik dan harga ekonomis. Disenangi oleh pemain balas-memukul (conterdrive) di dekat meja, cocok untuk pemain yang baru pertama mencari dan membeli raket profesional.

Limba Wood

Ini kayu klasik gaya topspin Eropa. Kayu Limba menambahkan rasa lembut (soft feel) dan control baik (great control) yang diperlukan pemain topspin modern saat ini.

Cypress Wood / Hinoki

Kayu gaya klasik penyerang Asia. Disenangi pemain2 serang selama beberapa dekade (dasawarsa, masa 10thn) karena kombinasi unik pada kecepatan (speed) dan rasa lembut (softness). Juga dikenal sebagai Kayu Hinoki.

Planchonello Wood

Lapisan luar blade dari kayu ini menghasilkan speed yang baik. Kayu ini sering ditemukan pada blade yang didesain untuk pemain serang-bertenaga (power attacker).

Yellow Aningre Wood

Kayu ini memiliki control terbaik. Menghasilkan soft feel saat benturan (kontak raket dan bola), disenangi oleh banyak pemain bergaya all-round.

tmk: Secara umum ada 3 gaya permainan:

1. defender yaitu permainan bertahan; 2. all-round atau bermain lengkap serba bisa; 3. offensive yaitu permainan serangan.

Satu pemain mengkhususkan satu gaya ini dan melengkapi dengan kedua gaya lainnya.

2 thoughts on “Karakteristik Jenis Kayu

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s