Mengintai Lawan (1/2)


ON OPPONENT SCOUTING

Selama dalam turnamen, dan bermain dengan lawan2 baru yang tidak familier, anda dapat memperbaiki kinerja menghadapi lawan2 tertentu jika anda melakukan intaian (Scouting) selagi ia bertanding. Bahkan pemain top melakukannya (well, mereka menggunakan video dan menyebutnya ‘mempelajari lawan’ atau ‘menyiapkan pertandingan’. Bagaimanapun, aku berpikir mengintai langsung memiliki beberapa keuntungan, khususnya karena anda dapat langsung mengarahkan perhatian pada berbagai hal yang tidak bisa mudah terlihat di video, atau tidak terlihat sama sekali).

Intinya sederhana: Apapun yang akan anda lihat/intai, pikirkan bagaimana caranya agar menguntungkanmu.

What to Scout

Apa Yang Diintai

Berikut beberapa gagasan mengenai apa yang harus diperhatikan ketika mengintai seorang pemain, adalah:

1. Cara Footwork Dasar:

· Coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Bagaimana ia menyikapi satu pukulan yang diarahkan ke zona penting (siku, FH terjauh…)? Apakah ia menjangkau atau bergerak ke arah bola? Seberapa sering ia melangkah di sekitar (step around) BH nya? Berapa prosentase bagian meja yang dia lindungi dengan FH / BH nya. Temukan titik-tepat mematikan (exact spot) jika pukulan dilancarkan kesiku atau saku akan lebih menyulitkannya. Titik ini tergantung pada tubuh pemain, dan bukan suatu titik-tetap (fix) di bagian meja.


2. Bentuk atau Perubahan Grip:

· Apakah ia mengubah2 gripnya ketika berpindah dari satu ke lain sayap?. Apakah gripnya cenderung bermain satu sayap? Apakah ia memegang raket dengan kendur/longgar atau terik/ketat? Apakah ia banyak menggunakan pergelangan tangan? Apakah ia menyesuaikan grip untuk memainkan pukulan tertentu (seperti bermacam2 flip)?

· Anda pikirkan apakah perubahan2nya itu satu kelemahan (seperti seorang pemain yang hanya menggunakan BHnya di semua bagian meja, kemudian harus mengubah gripnya agar tepat memainkan FH) ataukah satu kekuatan (seperti Waldner, untuk memperkaya pemakaian pergelangan tangan dan memainkan pukulan tipuan)?

· Jika suatu kelemahan, pikirkan bagaimana caranya memperoleh keuntungan. Jika suatu kekuatan, pikirkan bagaimana mengikuti permainannya, untuk mencegah dia menggunakan pergelangan tangan melawanmu.

· Juga, grip apa yang digunakan untuk serve? Apakah ia menggunakan grip sama untuk semua serve, atau apakah ia mengubah2 dari satu serve ke lainnya? Hal ini menjadi arti yang paling penting, karena anda harus memeriksa…

3. Serves:

· Jika anda bermasalah mereturn serve, dengan mengamati serve setiap lawan akan memperkaya kinerjamu ketika bermain melawan mereka. Anda harus menemukan serve apa yang ia gunakan (dan kebanyakan pemain sudah menghimpun yang terbaik dari sekumpulan serve) dan variasi satu serve yang ia gunakan. Jika masih mempunyai masalah memahami serve nya, amati bagaimana lawan-lawan nya mereturn servenya.

· Temukan (ketika serve & return) apakah ia melakukan serangan bola-3. Temukan apa serve kejutannya. Juga, temukan apakah ada sebarang return serve yang membuatnya bermasalah (seperti arah sudut tertentu, off the bounce fast push, -fast push segera bola memantul)?

4. Penerimaan Serve:

· Cobalah menemukan satu jawaban ini: serve apa yang ia return dengan agresif? Dapatkah ia menyerang serve? Bagaimana cara ia menyikapi serve2 tertentu? Bagaimana flip? Dapatkah ia membuat push fast/short/spinny?

5. Ready Stance:

· Untuk beberapa pemain, ready stance sangat menggambarkan keinginan betapa agresif return servenya, dan betapa kokoh/steady/mantap ia merencanakan permainan. Beberapa pemain mengubah2nya secara taktis. Lihat, anda dapat mengambil keuntungan dari ini, seperti sebuah serve kejutan.

6. Cara Footwork Style Main:

· Jika pemain itu seorang looper, cara mengatur kaki nya akan orientasi FH, dan kebanyakan berada pada sudut BH.

· Temukan: Kapan ia step around kemudian membuat FH loop? Bisakah ia kembali ke posisinya ketika satu pukulan kerasnya kembali padnya (diblok lawan, difish atau apapun)?

· Juga, amati bagaimana ia menghadapi bola ke sudut, dan bola ke pertengahan (siku atau poket). Jika dalam hal ini ia dapat diprediksikan, anda dapat mengambil banyak keuntungan.

7. Gaya Permainan, Style:

· Apakah ia looper, hitter, blocker, atau chopper? Apakah posisi dia bermain dekat atau jauh dari meja? Apakah ia konsisten? Apakah ia berani menerima dan memainkan pukulan penuh resiko? Apakah ia steady/mantap? Dapatkah ia menggunakan kedua sayap dengan efektifitas sama? Jika ia semacam pemain bertahan, temukan kapan dan bagaimana caranya ia memainkan pukulan serangan.

· Anda dapat memainkan taktik tertentu/spesifik melawan gaya-gaya berbeda. Anda harus mulai pertandingan lebih dari sekedar gagasan samar bagaimana akan bermain dengannya, karena kecuali jika anda memainkan beberapa gaya yang tak lazim, ia mungkin akan mengetahui bagaimana caranya bermain dengan anda, dan memberinya keuntungan.

8. Peralatan, Equipment:

· Jika anda bermasalah menghadapi pemain longpipe atau antispin, amati dia rally melawan pemain lain, fokuskan pada putaran apa yang dihasilkan masing-masing pemain, dan pada putaran yang dihasilkan karet menyerang / pengembalian. Menyaksikan kedua pemain memukul dan mengingat sepanjang waktu putaran apa yang membuat bola itu lebih mudah.

masatenisi.org

Copyright © 2001 The Tactical Table Tennis Website

Last Update : 06 November, 2002. Copyright © 2001-2006 Ertan Patir

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s