Mengintai Lawan (2/2)


(Bagian 2/2)

9. Penempatan Pukulan, His Shot Placement:

· Temukan di mana ia menempatkan power shot (pukulan-hebat). Juga, temukan di mana ia menempatkan desperado shot (pukulan-kesal), sentuhan2 pukulan, dan khususnya perubahan-perubahan arah bola yang dapat ia lakukan ketika memblok atau mempush. Periksa tidak hanya penempatan, tetapi arah pukulan.

10. Konsentrasi, His Concentration:

· Temukan di mana konsentrasi mencapai puncak atau paling buruk. Ambil keuntungan dari pengetahuan ini untuk mendapat poin-poin mudah.

· Juga, temukan seberapa baik kendali scorenya: Apakah ia sering kembali? Dapatkah ia menaikkan tingkat permainannya? Dapatkah ia menangani tekanan dengan baik? Anda mungkin perlu mengintainya menghadapi lawan beberapa pemain lain (makin banyak, semakin baik).

11. Senjata Rahasia, His Secret Weapons:

· Intai dia ketika bermain dengan lawan berat atau pertandingan ketat, dan amati dia melakukan serve dan pukulan terbaik. Amati dia memperoleh poin-poin mudah melawan pemain lain untuk mencegah dia melakukan yang sama kepada anda.

12. Taktik, His Tactics:

· Anda dapat mengalahkan lawan-lawan yang mempunyai (atau kelihatannya) lebih baik pukulan, teknik, footwork, bentuk fisik atau berbakat hanya jika anda lebih unggul memainkan game taktis. Taktik berpengaruh besar dibanding item lain manapun di dalam permainan yang seharusnya anda pertimbangkan; sementara sangat sedikit menganggapnya berhasil efektif. Anda perlu mendapat satu gagasan taktik apa yang harus dipekerjakan terhadap lawanmu dengan sebanyak mungkin menyaksikan dia bermain banyak lawan, dan menemukan perubahan-perubahan di dalam permainannya dan di dalam permainan lawan. Lihat bagaimana perubahan-perubahan itu tercerminkan pada perolehan score.

13. His Strengths & Weaknesses vs Your Strengths & Weaknesses:

· Selama mengintai seorang pemain, anda harus berpikir akan bagaimana bermain menghadapinya. Anda dapat memainkan kekuatan2mu diatas kelemahan2nya, kelemahan2mu diatas kelemahan2, atau kekuatan2mu diatas kekuatan2nya. Hindari kelemahan2mu diatas kekuatan2nya. Kamu dapat memilih membiarkannya memainkan kekuatan2nya pada pukulannya yang memaksa dia untuk menerima kesempatan (seperti choper lakukan: ia akan membiarkan lawannya untuk menggunakan forehandnya sepanjang waktu, tanpa pernah pun memberikan satu bola yang gampang).

How To Scout

Bagaimana Caranya Mengintai

Setiap daftar di atas dapat dengan mudah diperiksa jika anda benar2 mengarahkan perhatian kepadanya. Bagaimanapun, untuk benar2 mengambil keuntungan dari scouting, anda harus perhatikan semuanya pada waktu yang sama. Ini menuntut konsentrasi yang sama seperti ketika anda sedang memainkan suatu pertandingan, karena ada banyak faktor untuk dipertimbangkan.

Untuk mendapat pemahaman mendalam pada seorang pemain, perhatian lebih padanya. Bukan saat reli, maksudnya bukan pada kedua pemain pada waktu yang sama (bukan sebagai seorang penonton lakukan), tetapi pertimbangkan bagaimana lawannya bermain (supaya Anda bisa tahu apa yang terjadi). Perhatikan khusus pada pukulan yang secara konsisten ia digunakan. Perhatikan error yang dipaksakan, error yang tak dipaksakan dan semacamnya. Amati pukulan apa saja yang dia miliki, dan bagaimana kebanyakan poin terkumpulkan.

Juga, harus anda catat. Tidak ada orang melakukan hal ini, tetapi saya percaya scouting adalah sangat efektif. Jika anda bermain dengan satu pemain yang sudah anda scoute sebelumnya, anda akan bermain lebih baik sedikitnya 10-20% (artinya lebih siap). Jika anda punya catatan mengenai permainan lawanmu, taktiknya, dan khususnya sudah memilih beberapa taktik yang sebelumnya – sudah ditentukan anda akan berpikir dapat menggunakan taktik dengan sukses melawan dia, maka anda akan menguasai 100% lebih baik. Buat satu daftar sederhana (sebaiknya jika anda mampu membuat list panjang serta terperinci, dan tentu saja harus dilakukan), dan MENGINGAT semuanya. Jangan memainkan pertandingan yang hanya sekedar sebuah program yang sudah tertera sebelumnya dalam daftar pribadi, tetapi ingatlah semuanya selama pertandingan.

masatenisi.org

Copyright © 2001 The Tactical Table Tennis Website

Last Update : 06 November, 2002. Copyright © 2001-2006 Ertan Patir

One thought on “Mengintai Lawan (2/2)

  1. Jadi kesimpulannya adalah pelajari lawan kita sebelum bertanding.

    Setuju, pelajari lawan sebelum bertanding.
    Menurut tulisan ini yang harus dipelajari dari lawan adalah Footwork (cara bergerak), Grip (cara memegang raket), Serve (macam2 serve dan efeknya), Return Serve (pengembalian serve dan efeknya), Ready Stance (posisi siap selama bola in-play), Playing Style (gaya2 permainan yang digunakan), Equiptment (karakteristik peralatan), Shot Placement (penempatan bola), Concentration Level (tingkat konsentrasi selama bermain), Secret Weapons (senjata2 rahasia di saat kritis), Tactics (Strategi pilihan tergantung lawan dan keadaan), Strength and weakness comparation (kelebihan2 dan kekurangan2 dibandingkan pengintai).🙂

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s