21 Tip Berhasil Meningkatkan Kemampuan Tenis Meja (1/2)


21 TIPS TO SUCCESS BY SEAN O’NEILL

5 x U.S. Champion, 2 x Olympic Team Member, http://tabletennis.about.com/

1. Set Goals. Tetapkan Target2. – Target penting bagi peningkatan di setiap tingkatan. Tetapkan dua target yaitu jangka pendek dan panjang. Sebagai contoh: Aku akan menang di turnamen lokal Class C berikutnya. Atau aku dengan rating 1800 akan mengalahkan pemain rating 2000 di AS Open. Di lembar kertas terpisah, tuliskan setiap statemen target disertai lima-langkah strategis untuk mencapai sasaranmu itu. Simpan salinan di dalam raket case agar dapat dilihat sebelum setiap latihan.

2. Use quality equipment. Gunakan peralatan bermutu. – Jika ingin bermain seperti Pros (profesional), anda sebaiknya menggunakan peralatan bermutu tinggi sama dengan mereka gunakan. Pilih seorang pemain, gaya siapa yang berniat anda tiru dan tanya pada ahlinya peralatan apa yang para pemain itu gunakan. Anda akan dikejutkan bahwa pemain terbaik tidak selalu memainkan peralatan paling kencang yang ada di pasar! Saya secara pribadi menggunakan blade Stiga Clipper CR dengan karet Stiga Mendo MP 2.0 di kedua sisi.

3. Stretch. Peregangan. Mungkin bagian yang paling penting dan dilewatkan dalam pelatihan tenis meja adalah peregangan. Habiskan sedikitnya 10 menit sebelum dan setelah setiap latihan, baik di dalam atau di luar meja. Biarkan tubuh warm/hangat dengan jogging/berlari konstan 5-6 menit, lalu mulai dari kepala hingga menuju jari kaki, regangan pada masing-masing kelompok otot. Peregangan akan meningkatkan fleksibilitas, mengurangi cedera yang mungkin dan menyiapkan tubuh untuk gerakan2 cepat saat melangkah di meja.

4. Exercise off the table. Latihan di luar meja. Berjalan, berlari, berenang, bersepeda atau aktivitas aerobic lain adalah cara lain yang hebat untuk meningkatkan permainan tenis meja dan untuk kesehatan umum. Cobalah mencapai 2 sampai 3 kali seminggu selama 15-20 menit perlatihan; jika keadda fisik berada dalam bentuk yang baik akan membuat perbedaan di akhir turnamen. Mulailah latihan spt ini secara bertahap dan dengarkan tubuh anda. Jika merasakan nyeri, hentikan dan konsultasi dokter.

5. Find a Teammate. Carilah satu Teammate/tim berlatih. – Teammate adalah seseorang yang anda dapat berlatih secara reguler/teratur. Semakin baik tingkat permainan dan kemampuan mereka, semakin baik regu itu berfungsi untuk peningkatanmu. Jadwalkan sebanyak mungkin latihan selama mingguan dan rencanakan akan ke turnamen bersama-sama kapan pun. Kerjasama kelompok melalui kompetisi bersama akan menjurus ke sukses.

6. Move your Feet. Gerakkan kakimu. Latihlah Footwork sesering mungkin; FW yang lebih cepat akan memberikan pilihan shot lebih bagus selama pengumpulan point. Mendrill/latihan berat khusus FW yang acak lebih baik dibanding penempatan2 yang diatur sebelumnya. Partnermu harus menggerakkan bola di sekitar bidang terbuka di meja sementara anda bergerak dan memukul dengan shot favoritmu. Cobalah capai konsistensi dan sebanyak2nya pukulan berhasil. Begitu anda cukup dengan konsistensi, tingkatkan luas area meja yang bisa dicakup. Latihan FW akan membantu sasaranmu benar2 terjadi.

7. Practice serving. Latihan Serve. Serve merupakan satu ketrampilan yang bisa dilakukan tanpa seorang mitra berlatih. Hanya memerlukan banyak bola dan satu meja kosong. Gunakan banyak pergelangan tangan dan coba menghasilkan bermacam2 putaran (chop, topspin dan no-spin) dengan gerakan satu yang sama. Serve pendek akan menghentikan serangan lawan mu, sedangkan serve panjang digunakan untuk mengejutkan dan memelihara kebingungan lawan. Jangan lupa menyertakan serve no-spin ke dalam game mu. Semakin asli dan menipu, semakin mudah membuat serangan bola ketiga.

8. Practice Returning Serves. Latihan Return Serve (pengembalian serve). Mintalah kawan seregu melakukan serve di sembarang bagian meja dengan banyak jenis putaran yang berbeda. Menghadapi serve panjang atau serve yang memantul sekali di atas meja, serang bola itu dengan loop. Jika serve pendek, dapat direturn pendek dengan sebuah push atau serangan flip dengan penempatan yang bagus. Flip memerlukan keseimbangan gerakan pergelangan tangan yang cepat dan pukulan mini dari lengan bawah. Jangan lupakan untuk mendekati bola saat flip backhand dan berada di sisi bola ketika menggunakan forehandmu.

9. Loop. Stroke yang paling luas digunakan dalam game modern adalah loop. Tiga bagian loop yang sukses adalah: backswing (ayunan tangan ke samping belakang badan), kontak, follow-trough (gerakan lanjutan). Selama backswing, atur kaki mu pada posisi tepat dan lengan bawah direlaxkan. Jika bola underspin anda perlu backswing di bawah bola; jika bola topspin, tahan dekat2 pada ketinggian bola. Tanpa melambatkan stroke, ayun kedepan dan kontak bola bersamaan menshift (pindah) berat tubuh dari kaki belakang ke depan serta sambil memutar bahu dan pinggang bersamaan. Biarkan Lengan bawah dan pergelangan tangan/wrist snap (menempel) selagi menggesek bola untuk membuat spin maksimum. Follow-trough yaitu biarkan berat tubuh berpindah mengikuti arah di mana menghendaki bola pergi. Setelah itu, dengan cepat kembali ke normal posisi siap untuk shot berikutnya.

10. Play Smart. Bermain Cerdas. Sebelum serve, pikirkan bagaimana rencana utama yang akan dimainkan. Jangan mainkan bola sampai anda merasa nyaman dengan rencana pasti dari return lawan. Ketika lawan mereturn serve, tembakanmu sudah dimulai di dalam pikiran selagi menyaksikan sudut raket lawan mengkontak serve. Buat lawanmu bermain mengiktui gamemu, jangan kamu dipaksa memainkan game mereka. Keraguan lebih buruk dibanding keputusan lemah.

(bersambung)

Courtesy of Sean O’Neill

2 thoughts on “21 Tip Berhasil Meningkatkan Kemampuan Tenis Meja (1/2)

  1. udah bagus tips2 nya hanya perlu ditambahkan evaluasi dari hasil setiap tahap latihan struck pukulan maupun program latihan lainnya, sehingga dari hasil evaluasi tsb dapat dilihat kemajuan yang telah dicapai dan kekurangan yang masih harus diberikan program latihan utk peningkatan pemain, sukses ya

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s