21 TIPS TO SUCCESS BY SEAN O’NEILL

5 x U.S. Champion, 2 x Olympic Team Member, http://tabletennis.about.com/

11. Contingency Plan. Rencana2 Darurat. Bagaimana jika karet menggelembung atau raket pecah selama dalam tanding? Apakah anda punya cadangan di tas raket? Sebagai seorang pemain, aku selalu punya satu raket cadangan serupa, menyiapkannya dan siap main. Jika akan menghemat waktu perbaikan dan untuk menang, mengapa tidak memberi diri anda kesempatan terbaik ketika keadaan salah mungkin terjadi?

12. Be Positive. Jadilah positif. Mengeluh atau melolong setelah satu poin gagal tidak akan membuat poin berikutnya menjadi lebih mudah. Malah kenyataanya akan lebih berat karena anda lebih tegang dan gelisah. Waktu antar poin terlalu singkat dan berharga jika disia-siakan. Pikirkan berikutnya serve dan return. Buat mental mencatat setiap kecenderungan yang sudah dimainkan selama beberapa poin terakhir. Jika lawanmu membuat shot bagus, jangan takut mengakui adanya. Mereka akan mencoba lagi bahkan memeliharanya di lain waktu!

13. Scout Opponents. Intailah lawan-lawan. Di turnamen besar ada banyak pemain baru yang belum pernah dilihat sebelumnya. Jika akan melawan satu pemain ini, sempatkan waktu untuk mengamati mereka bermain sebelum berhadapan. Temukan kekuatan dan kelemahan mereka; akan memberi anda dasar untuk membentuk rencana permainan. Jangan coba mengamati jika mereka sedang bermain di meja sebelah, biarkan kawan seregu yang melakukan scouting. Jika peralatan video tersedia, rekam pertandinganmu dan telitilah setelah turnamen untuk mendapat tips dan taktik untuk diterapkan di lain waktu.

14. Get coaching advice during game breaks. Mintalah nasihat pelatih selama selang game. Di waktu singkat ini, sulit mengingat semua taktik dan strategi yang akan berhasil baik. Seorang pelatih adalah harapan terbaik untuk membantu mengorganisir rencana permainan atau membuat saran sbg modifikasi. Pelatih harus terbiasa dengan pendekatan mental dan kemampuanmu. Biarkan pelatihmu berfokus pada satu atau dua taktik, mendengarkan selama dua menit akan mengacaukan anda, Keep it simple.

15. Keep a diary of your opponents. Miliki catatan2 tentang lawan2mu. Setelah tiap temu-tanding, ini merupakan gagasan cerdas untuk mencatat beberapa poin apa yang berhasil dan apa yang tidak. Buat daftar jenis serve lawan yang suka digunakan dan bagaimana mereka menangani servemu. Ini jelas saat2 terbaik untuk merumuskan satu rencana bagus untuk pertemuan di lain waktu. Kadang-kadang sangat membantu juga mencatat jenis karet jika mereka pemain kombinasi.

16. Encourage yourself. Doronglah semangatmu sendiri. Jangan pernah membuat dirimu down. Jadilah positif, dapatkan semangatmu ketika sedang bermain baik. Gunakan kalimat2 seperti, “Aku bisa!” “Inilah aku” atau “Ayoo!” ketika setelah mendapatkan satu poin, tujuannya agar mempertahankan semangat tetap tinggi. Tidak ada salahnya memompa semangat sendiri, namun jangan kelewatan dan lupa mengapa anda berada sana.

17. Play all Nets and Edges. Mainkan bola pendek2 dekat net dan di tepi2 meja. Cara terbaik meningkatkan kemampuan untuk mengembalikan bola2 sesat seperti ini adalah mencoba mengembalikannya saat latihan. Sehingga anda akan terbiasa mengembalikan bola2 seperti itu secara otomatis. Saya sudah menemukan cara menghadapi bola2 net lebih mudah dipukul dibanding bola2 biasa dengan syarat anda benar2 siap.

18. Be aggressive. Jadilah agresif. Tenis meja adalah salah satu olahraga paling cepat cara memainkannya sampai hari ini dan pemain penyerang menjadi paling dominan/menguasai. Pemain pertama yang menyerang punya keuntungan yang lebih besar. Mereka menyerang setelah servemu dan menyerang setelah return. Pada akhir permainan, jangan menjadi pasif dan berharap lawan akan luput -inilah waktu untuk merebut prakarsa dan meraihnya!

19. Hustle. Gigih. Jika anda dipaksa out posisi, jangan biarkan bola menyentuh lantai tanpa suatu ayunan. Cobalah memukul setiap bola apapun juga, setiap point dihitung. Chopping atau lobbing bukan pilihan salah jika itu terpaksa. Lanjutkan usaha-usaha untuk mengembalikan bola-bola di luar jangkauanmu yang pada akhirnya akan menjurus pada cara FW yang lebih cepat dan refleks lebih cepat. Lawan-lawan akan mendapat ketakutan jika tembakan terbaik mereka dikembalikan atau mereka menyadari bahwa anda tidak akan memberikan poin percuma.

20. Deuce. Saat point 20-20 cobalah relaks; cobalah mengumpulkan poin dengan disiplin yang sama seperti halnya bukan duece. Berpikir bahwa “berhasil atau gagal” dalam mendapatkan poin akan menyebabkan permainan yang kaku dan penuh tekanan. Gunakan kekuatanmu atau paksa lawanmu ke bagian2 lemah mereka. Push dengan penempatan yang baik bisa menjadi sangat membunuh sebagaimana loop kill jika dilaksanakan pada waktu yang tepat.

21. Kunjungi tabletennis.about.com di halaman depan untuk tips pelatihan tambahan dan berita tenis meja. Jika punya pertanyaan yang mengganjal silahkan poskan di Forum dan saya pastikan anda akan mendapat satu jawaban ASAP (As soon as possible = sesegera mungkin). Berlangganan gratis newsletter elektronik untuk berita terkini. Jika anda berniat chat, ada tersedia. Dan jangan lupa membaca fitur mingguanku.

Courtesy of Sean O’Neill