Apakah LongPipe Untuk Menipu, atau Menutupi Kelemahan, atau Jalan Pintas Kemenangan ?


ARE LONG PIPS CHEATING ?

LongPipe dari dulu selalu karet yang kontroversial. Berikut ini sebagian poin pokok dibuat oleh para pemain yang mengeluh dengan LP, dan komentar di setiap bagian, BORIS:

1. LongPipe MUDAH mengontrol bola2 spinny:

· Benar, tetapi catat bahwa MUDAH mengontrol bukan berarti yang TERBAIK.

· Membuat pukulan yang bermutu tinggi jauh lebih sulit dibanding karet inverted.

· Pemain karet inverted punya range pilihan luas, dan mereka dapat memilih satu type karet inverted yang memberikan semua control tertentu yang diperlukan.

· Pemilihan jenis karet yang membuat anda dapat mengendalikan bola bukanlah disebut cheating. Namun ide yang bagus.

2. Sulit bermain melawan LP jika anda tidak mengetahui BAGAIMANA cara kerjanya:

· Benar, tetapi ini hanya masalahMU. Bayangkan anda akan mengeluh jika karet inverted tidak ada, dan anda (seorang pemain hardbat, yang tidak pernah menghadapi karet apapun selain hardbat juga) kemudian menghadapi seorang pemain baru dari planet lain yang menggunakan inverted Mark V dengan spon MAXIMUM ditambah reglue berat.

· Jika anda menghadapi pemain ini sekali per tahun, anda Tidak Akan Pernah belajar bermain melawan inverted, karenanya anda perlu lebih banyak berlatih untuk dapat menghadapinya. Jika anda selalu HINDARI pemain ini sepanjang waktu, sedikit melawannya, kemapuanmu akan rendah sekali. Begitu juga inverted bermain melawan LP.

3. Ada banyak variasi hebat dalam permainan LP, karenanya BELAJAR melawan mereka tidaklah gampang:

· Benar. Karet LongPipe memiliki banyak parameter -low aspek ratio (tinggi pipe, lebar, kekerasan, kerapatan susunan antara pipe …) yang dapat disesuaikan untuk memperoleh kinerja sangat spesifik yang disesuaikan dengan gaya permainan berbeda2. Contoh, inverted bisa bermain melawan JOOLA Badman (karet hit) tapi bisa TAK BERKUTIK bila dibanding melawan Double Happiness C7 (karet chop).

· Benar, beberapa LP menghasilkan bola2 spinny sementara lainnya deadball, beberapa menipu (deception) dan lainnya tidak, sebagian dapat menghasilkan putaran balikan (spin reversal) dan lainnya memakan/menyerap semua putaran, dan semua tipe ini bisa berkombinasi hanya dalam satu karet LP.

· Yang membuat masalah kepada pemain lawan LP adalah pengembalian putaran (return spin) tergantung pada putaran bola datang DAN stroke yang dibuat pemain LP.

· Catatan, karet inverted dengan bervariasi hebat, dengan kemiripan perilaku LP, tapi berbeda jauh dari sifat inverted, adalah karet ANTISPIN.

4. Beberapa pemain memakai LP untuk MENUTUPI kelemahan2:

· Benar. Di sisi lain, banyak pemain berpola main serve kemudian membunuh bola-3 dengan peralatan ultra-cepat padahal sebenarnya mereka tidak bisa mengontrol dengan benar.

· Di dalam kasus pertama (menutupi kelemahan), disebut CHEATING, dan di dalam kasus terakhir (serve dan serangan bola-3), disebut EVOLUTION OF THE GAME, tetapi kedua kelompok memilih peralatan dengan fungsi sama: yaitu untuk meningkatkan kinerjanya.

· Kedua kelompok sepertinya memiliki permasalahan untuk memperbaiki permainananya.

· LP cocok dipakai pada sebagian kecil pemain, sama halnya dengan peralatan yang sangat cepat. LP bukan pilihan yang paling bijak, tetapi juga tidak bisa disebut cheating.

5. Ada beberapa LP yang sungguh berkarakter MENIPU (deception):

· Benar. Ada beberapa karet yang parameternya disesuaikan agar sangat licik dan aneh (extreme) sehingga bisa MENGACAK putaran yang mereka hasilkan pada bola. Karet-karet ini membolehkan push bola nospin dan mengirimkan SEMBARANG putaran (backspin, topspin, sidespin, bahkan keriting/sekrup). Setiap push/doronganya datang berbeda2. Bisa menjadi mimpi buruk anda di sisi lain sebagai lawannya.

· TETAPI ini bukan tujuan dari karet ini: Seorang pemain yang sangat trampil dapat memainkan LP dengan prediksi lengkap.

· Mereka memilih peralatan ini karena mempunyai kemampuan yang tidak masuk akal (i.e: sebagai ganti putaran balikan, mereka dapat mengubah arah putaran sesuai keinginan).

· Ada kelegalan hukum dan karet tipuan sejak aturan aspek ratio.

6. Pemain-pemain LP sengaja mengambil KEUNTUNGAN dari ketidak-mampuan lawan bermain melawan LP:

· Benar. Banyak pemain memang memilih memakai LP seperti dinyatakan point (1), dan mengambil keuntungan ( 2), ( 3), (4) dan (5) untuk meningkatkan kemampuan mereka, khususnya pada tingkat yang lebih rendah, dan BEBERAPA bertujuan mengambil keuntungan dari kelemahan lawan menghadapi LP. Ini cheating di tingkatan sama sebagaimana inverted membuat serve tertentu yang anda tahu lawanmu lemah menghadapinya (ini dimaklumi oleh SEMUA pemain).

· Beberapa pemain inverted mengeluh bahwa perbedaan terletak pada serve yang harus dipelajari, dan LP hanya tinggal dapat dibeli. Well, menggunakan LP tanpa meninggalkan kelemahan melekatnya adalah sangat sulit dipelajari (dan ini merupakan suatu keharusan untuk bermain SUCCESSFUL permainan LP).

7. Anda harus BERFIKIR ketika menghadapi pemain LP:

· Tidak benar. Kamu tidak DIPAKSA berpikir. Anda dapat main catur tanpa berfikir juga. Anda dapat asala2an memainkan gaya loopmu namun tetap menang, tetapi itu takkan berhasi jika lawanmu memaksakan rally. Banyak pemain mengeluh ‘Aku tidak suka berpikir ketika sedang bermain’: Itu bagus, namun mereka hanya bermain dengan satu senjata penting yang lebih sedikit dibanding pemain berfikir, dan itulah yang membuat perbedaan.

8. Inverted dapat digunakan JUGA untuk sukses memainkan chop:

· Benar. Tetapi LP adalah satu pilihan yang JAUH lebih baik karena mereka memberikan variasi lebih baik, backspin berat, dan lebih baik menangani dan mengontrol bola dalam bermain defence. Anda bisa juga loop dengan 0.5 mm spons jika ingin (jangan, tunggu dulu, itu namanya cheating karena itu tidak wajar).

9. Atlit-atlit sesungguhnya tidak memainkan LP / defense:

· Tidak benar. Beberapa rill atlit MELAKUKAN bermain LP / bermain bertahan. Perhatikan peringkat dunia dan akan melihat sebagian (ya, ada sedikit) rill-atlit memainkan LP / bertahan.

10. Inverted LEBIH HEBAT daripada LP:

· Benar. Ini baru akurat. Ini TAK ada yang perlu dilakukan atas fakta bahwa LP adalah atau tidak cheating.

11. Mengembalikan bola tanpa KESEMPATAN adalah sangat gampang bagi LP:

· Tidak benar. Mengembalikan bola bisa gampang, tetapi SANGAT sulit melakukannya sedemikian rupa bahwa lawanmu tidak menyerang (jangan biarkan lawanmu menyerang (atau setidknya tidak membiarkan dia menyerang keras) adalah SATU2NYA cara permainan tanpa mengambil kesempatan). Pada tingkatan top, chopper memainkan game sedapat mungkin paling beresiko.

12. Pemain LP tak melakukan APA2 hanya menunggu kesalahan lawan:

· Tidak benar. Mereka punya SEDIKITNYA untuk return SEMUA shot. Memenangkan poin oleh kesalahan lawan (apapun juga anda pikir ini berarti) adalah 100% legal, jadi seperti itu bukan cheating.

13. Gaya bertahan pada tingkat lebih rendah akan jauh lebih EFFECTIVE:

· Benar. Pada tingkat lebih rendah ada banyak error tak dipaksa, maka dengan menjaga bola dalam inplay, walaupun kurang bermutu, dan bermain safety/aman akan membuat tabah lawan anda. Hal ini tidak ada hubungannya dengan cheating.

14. Ada sedikit bahkan tak ada chopper di pemain TOP:

· Benar. Ini karena mereka punya kelemahan BESAR ketika menghadapi looper dengan bola 40mm, glue, kelancipan rendah/low aspek ratio, max spons, carbon blade, dll… Tambah lagi, ada sedikit pemain memilih gaya ini yang dapat bersaing. Bayangkan dalam F1 berlomba dengan mobil sport ‘jalanan’… dan menang: Anda tidak akan disebut cheater: anda akan disebut HERO.

masatenisi.org

Boris

Copyright © 2001 The Tactical Table Tennis Website

12 thoughts on “Apakah LongPipe Untuk Menipu, atau Menutupi Kelemahan, atau Jalan Pintas Kemenangan ?

  1. Kalau di ptm. Naga Sowan bungah gresik jatim long pimples justru bisa digunakan untuk menyerang dengan berbagai jenis pukulan ….

    1. Terimakasih, pasti seru bila melhat LP melakukan aksi2nya. Bisakah para LPer mengangkat permainan mereka ke level lebih tinggi spt Joo Hse Yuk.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s