Bermain Taktis


TACTICAL PLAYERS

Artikel ini diharapkan dapat menyediakan dan pengenalan pada apa yang disebut2 gaya-gaya taktis.

Kita semua tahu bahwa ada gaya serang dan bertahan. Bahkan ada gaya-gaya campuran (seperti pemain BH chop dan FH loop). Ada pemain penuh rally, kemudian memukul menyerbu. Ada pemain dengan spin bervariasi, dan pemain yang menantikan error lawan (bahkan memaksa mereka). Ada twiddlers (bolak-balik raket) yang dapat memainkan setiap stroke dengan 2 karet yang sangat berbeda. Ada pemain berbagai selera blok entah apa saja, yang menggunakan setiap kombinasi peralatan. Daftar ini tak ada akhirnya…

Lalu, apa sesungguhnya gaya taktis itu?

Sebenaranya, semua gaya adalah bersifat taktis sampai taraf tertentu. Setiap looper harus menghadapi keputusan-keputusan seperti “di mana aku menempatkan shot berikutnya?”, ” serve apa yang sekarang sebaiknya aku lakukan?”, “akankah bidikanku berikutnya sebuah loop aman yang lambat atau topspin penuh resiko?”, “Apakah perubahan langkah bermanfaat bagi lawan atau aku?”, dan seterusnya. Ini semuanya adalah ‘keputusan-keputusan taktis’, dan menjadi arti penting terhadap pengembangan dan hasil dari pertandingan.

Tetapi looper tetaplah looper, apapun gaya loop, tetaplah ia masih mempunyai pola pikir seorang looper. Ia dapat memainkan setiap stroke, tetapi ia melakukannya tanpa mengubah pola pikirnya, dengan harapan ia dapat kembali ke permainannya.

Saya sebut “bermain taktis” adalah yang bermain melakukan APASAJA, dan mengeluarkan taktik apasaja yang memungkinkan untuk menang. Seorang pemain yang taktis harus baik-lengkap agar ia dapat memainkan setiap gaya, berubah antara gaya-gaya, atau bahkan memainkan sembarang campuran dari gaya-gaya sesuka hati. Ia harus melakukannya dengan tujuan kemenangan, dan bermain untuk efektifitas maksimum.

Sebagai catatan samping: Apa yang saya sebut “bermain taktis” atau “gaya-gaya taktis” bisa berbeda dari yang orang lain sebutkan.

Perubahan gaya artinya “suatu perubahan gaya” yang singkat, seperti hanya satu stroke saja.

Berikut komentar-komentar untuk seorang yang akan bermain taktis:

1. Merubah gaya karena dipaksa lawan adalah suatu kelemahan dan berarti bukanlah game yang mengesankanmu. Beberapa pemain (taktis atau tidak) melakukannya karena putus-asa (misalnya mereka mulai chop ketika lawan memaksanya untuk berpindah jauh dari meja), dan poin dimenangkannya. Hal ini memaksa perubahan-perubahan tidak bisa dihindarkan, tetapi harus diperkecil. Mengubah gaya-gaya dengan maksud untuk menggangu permainan lawan adalah baik, dan ini yang seharusnya.

2. Anda harus membuat suatu gaya tertentu dengan pertimbangan SPECIFIC (khusus dan tepat). Ini berarti anda harus berpikir banyak dan cepat, dan berhati2 dengan berbagai hal. Kebanyakan bermain taktis memainkan gaya spekulatif (untung2an). Ini adalah kelemahan bagi permainan yang baru meningkat, karena balasan lawan bisa lebih berbahaya. Anda harus memukul, bermain penuh resiko dan agresif. Banyak pemain taktis kenyataannya adalah seorang pemain bertahan, dengan memiliki kemampuan menyerang. Belajar BH loop, membuka titik mengatur serangan, serve serangan, push dan blok dengan agresif, dan lawan-lawan akan BENAR2 mendapat gangguan.

3. Pilihan gaya yang luas/banyak, akan menuntut pemahaman pilihan peralatan, dan cara yang digunakan selama permainan. Kebanyakan pemain menggunakan raket kombinasi, dan beberapa di antaranya memutar-mutarkan raket (twidle). Ini mempunyai keuntungan dan kerugian.

Beberapa keuntungan menggunakan kombinasi dan twidle:

· Twidling akan memberimu 100% tambahan variasi dan taktik. Sebenarnya pemain raket kombinasi yang tidak twidle adalah lebih dari seorang pemain gaya campuran dibanding pemain taktis, karena kebanyakan karet (selain inverted) memiliki KEKURANGAN untuk memainkan gaya2 yang berbeda. Tapi Inverted bisa memainkan banyak gaya, namun sulit dimainkan dengannya, pemakaian karet selain inverted adalah disarankan untuk bermain penuh taktis karena kemudahannya.

· Perubahan karet memberi pilihan untuk memainkan gaya-gaya berbeda. Juga dicatat twidling lebih sekedar membalik2 blade, karena melibatkan penyesuaian taktik, teknik, grip, pola pikir (mindset), footwork…

· Memakai peralatan high kontrol memberikan penempatan tembakan yang ekstrim.

· Anda akan memiliki suatu gaya (atau pukulan) lebih baik jika mempunyai peralatan yang benar. Sangat disarankan memilih suatu raket kombinasi, tanpa memeandang kerugian-kerugian berikut…

Beberapa kerugian menggunakan suatu raket kombinasi dan twidle:

  • Anda tidak bisa mengembangkan bagian2 tertentu permainan karena memainkan game yang rendah resiko dengan karet-karet tertentu: Return dengan antispin atau longpipe bukanlah satu pilihan: Lawanmu dapat menggunakan ini untuk keuntungan mereka, walaupun anda kaya akan hal penerimaan serve.
  • Bermain bertahan atau memakai karet pasif sudah menambah kelemahan yang sebenarnya anda bisa. Ini kerugian yang sangat besar, tetapi dapat ditutupi dengan pemakaian stroke takbiasa (memukul dengan longpipe ASAP (As Soon As Possible, secepatnya) atau semacamnya), walau agak sulit dikuasai. Sebagai gantinya, saya merekomendasikan untuk memainkan pukulan bertahan secara lebih agresif.
  • Juga, lawan dapat mengambil keuntungan dari karet pasif yang dapat diprediksi (antispin atau longpipe).
  • Anda bisa (dan akan) ditangkap oleh karet “salah” untuk gaya yang ingin dimainkan. Konsekuensi dari ini dapat diperkecil jika anda mempunyai pilihan shot yang banyak dengan kedua macam karet, tetapi itu akan membuat anda kehilangan prakarsa atau kendali dalam reli. Ini masalah besar, dan alasan utama mengapa ada sangat sedikit twiddlers pada pemain level tinggi (Ada hanya pemain2 bertahan, yang sengaja memberi prakarsa kepada lawan).
  • Hal paling sulit dikuasai twiddler adalah bahwa ia dapat menggunakan beberapa variasi grip untuk kombinasi stroke dan karet. Tidak salah dengannya, dan aku merekomendasikan itu. Tetapi untuk menguasainya perlu waktu, dan sulit membuat pengayaan.

1. Anda harus menguasai banyak pukulan. Ini membuat permainan taktis dituntut secara teknis sehingga takada pemain muda pada permainan tingkat tinggi mampu bermain seperti ini. Belajar gaya loop dua sayap adalah lebih cepat dan mudah (thus dapat disempurnakan kelak dibanding apa yang pemain taktis mampu tangani) dibanding mempelajari bagaimana memainkan beberapa gaya berbeda (yang melibatkan cara FW berbeda, teknik-teknik, grip, pengaturan pikiran…). Itu karena untuk level SANGAT tinggi. Pada sembarang tingkatan lain, sering kali pemain taktis adalah lawan sangat tabah.

2. Anda harus tahu batasanmu sendiri: Semua pemain juga harus. Anda hanya harus mengetahui gamemu lebih baik dan dalam karena terjadi pilihan bagian apa yang akan anda gunakan.

masatenisi.org

Boris, Copyright The Tactical Table Tennis Website, Last Update : 06 November, 2002

Copyright © 2001-2006 Ertan Patir

2 thoughts on “Bermain Taktis

    1. This forum is not about the “bed”.

      Tapi kalau tentang bet, bat, raket, blade tenis meja, cara memilihnya kira2 begini:
      1. Kenali kemampuan pemain; tidak terlatih, otodidak, semi, terlatih.
      2. Kenali watak pemain tsb: sabar, control, agresif.
      3. Kenali watak lawan.

      Kemudian dipadukan dgn karakteristik peralatan (raket):
      1. Blade tanpa karet; ada tipe def, all, off.
      2. Karet; ada tipe speed, spin, tacky, tricky.
      3. Glue.

      Semuanya harus dicoba utk mendapatkan karakteristik peralatn yg lebih tepat yang optimal.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s