Oleh pasca Selasa, 13-Februari-2007, 11:11:46

M. IRFAN, A. 1204003. 2006. Pengaruh Metode Latihan dan Koordinasi Terhadap Keterampilan Drive Tenis Meja (Studi Eksperimen Perbedaan Metode Massed Practice dan Distributed Practice pada siswa SMP di Medan Tahun 2006). Tesis: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Tujuan penelitian untuk mengetahui :

(1) Perbedaan pengaruh metode massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan drive tenis meja.

(2) Perbedaan pengaruh koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah tehadap keterampilan drive tenis meja.

(3) Interaksi antara metode latihan dan koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan drive tenis meja.

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2×2, besar sampel yang digunakan untuk penelitian sebanyak 40 orang siswa kelas II putra SMP ERIA Medan tahun ajaran 2005/2006. Variabel yang diteliti terdiri dari dua faktor.

Variabel manipulatif terdiri dari metode latihan massed practice dan metode latihan distributed practice. Variabel atributif terdiri dari kelompok sampel dengan koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah.

Variabel terikat kemampuan drive tenis meja. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan analisis varians (ANAVA) pada taraf signifikansi α = 0,05.

Kesimpulan penelitian ini adalah :

(1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan massed practice dan metode latihan distributed practice terhadap keterampilan drive tenis meja, (Fo = 13.22 > Ft 0.05 = 4,11) dimana metode latihan distributed practice lebih baik daripada metode latihan massed practice.

(2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara koordinasi mata-tangan tinggi dan rendah terhadap keterampilan drive tenis meja, (Fo = 5.35 > Ft 0.05 = 4,11) dimana siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki koordinasi mata-tangan rendah.

(3) Ada interaksi antara metode latihan massed practice dan distributed practice dengan koordinasi mata-tangan terhadap keterampilan drive tenis meja, (Fo = 8.85 > Ft 0.05 = 4,11).

http://pasca.uns.ac.id/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&artid=106