Pukulan Lift


LIFT STROKES

Introduction

Ini merupakan satu stroke sangat teknis yang sangat menipu. Sulit dilaksanakan dan juga sulit bagi lawan-lawan mengenali dan mengendalikannya. Dilakukan hanya untuk melawan underspin yang relatif berat dari lawan.

Sasaran pokok pemain yang melaksanakan stroke ini adalah untuk “lift” (mengangkat) agar underspin lawan itu kembali padanya dengan kecil atau tidak ada putaran kembali. Gagasan pokok adalah untuk bermain satu tipuan cepat bagi lawanmu, membuat dia percaya apa tidak benar (merusak keyakinan).

Karena tenis meja adalah suatu game cepat yg secara relatif bergantung pada kecepatan dan putaran, itu memerlukan keputusan singkat dan refleks cepat. Anda harus bertindak cepat mempertimbangkan stroke lawan.

liftstrk

 

Keterangan Gambar (tmk):

Ball = bola datang dari arah kiri ke kanan pada gambar

Racket = raket tampak samping dipandang dari pemegang

Direction of stroke = Arah gerakan raket dalam membuat pukulan saat menkontak bola, yaitu dari bawah ke atas (lift = mengangkat)

Spin reduced but not reversed = Putaran bola (spin) menjadi berkurang akibat kontak dengan raket, tapi arah putaran (spin) tidak berubah terbalik. Bola datang underspin, dipukul dengan lift, kembali ke lawan hampir TETAP underspin.

 

Executing Lift strokes

Cara melakukan

Dalam proses membuat pukulan lift, pemain berpengalaman ia berbuat seolah-olah menginginkan loop underspin lawan tetapi dgn menempatkan raket hampir tidak sepenuhnya horisontal (lihat diagram di atas) dan mengangkat bola underspin ke seberang net. Satu prinsip penting yang harus diterapkan adalah stroke itu dibuat dengan benturan dan bukan oleh gesekan. Jika terjadi gesekan, akan menghasilkan underspin baru (terpisah lain) dari spin asal.

Raket mengkontak bola dengan arah menaik. Artinya bahwa pemain itu harus mengasumsikan posisi pukulan loop pada bola underspin (bawah -gerakan atas). Jika lawan disebarang ditipu oleh gerakan ini, ia hanya mengira dan akan memblok underspin atau no-spin dan sbg akibatnya bola menyangkut net. Ingat bahwa anda hanya dapat memblok bola tops-spin pukulan drive/loop dengan kecepatan dan bukan underspin atau pukulan “no-spin *no-speed “. (tmk: blok = blok pasif).

Explanation of “no-spin & no-speed” stroke

Penjelasan pukulan “no-spin dan no-speed”

Perhatikan diagram di atas. Ketika seorang lawan memainkan satu underspin kearahmu dgn cara membuat chop (terutama deep chop), anda lift bola dengan arah menaik; apa yang sedang anda rencanakan (mind set) adalah untuk menetralisir putaran, lalu bola bergerak ke court (sudut) lawan dengan “sedikit ” underspin. Situasi ini memperlambat kecepatan sampai jumlah tertentu. Permukaan meja menyeret bola menurun/jatuh dan setiap usaha untuk memblok bola akan menghasilkan menyangkut dinet.

How to return lift strokes

Bagaimana mengembalikan lift stroke lawan

What you need to do is to:

  • Amati pemain dan amati jika stroke itu terjadi dengan force/benturan atau friksi/gesekan. Jika adalah force maka jangan diblok.

  • Amati bola dan amati apakah no-spin. Agar secepatnya dicounter. Jika anda dekat meja berikan smash.

  • Amati bola dan amati apakah sedikit underspin. Secepatnya dipush. Jika anda dekat meja berikan counter atau smash.

Satu-satunya usaha perbaikan untuk sukses mereturn stroke ‘Lift’ adalah melakukan sebarang pukulan kecuali bloking.

Copyright Denis’ Table Tennis World

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s