Kong Linghui Menghadapi Penholder


Sumber: http://www.masatenisi.org/english/roportaj4.htm

KONG ON PLAYING PENHOLDERS

Catatan Chung: Wawancara terbit pada Juni 2002 di Table Tennis World. Reporter adalah Li Kefei

Reporter: Kami percaya kamu memiliki pemahaman sangat baik tentang bagaimana bermain melawan gaya penholder. Bisakah share pengalaman anda ?

Kong Linghui: Penholder umumnya lebih lemah di backhand, meskipun pemain China berbeda dibanding pemain lainnya dari sisi ini. Pemain kami sudah menambahkan keahlian reverse backhand loop, dan dalam hal tertentu sudah menolong mereka berinisiatif menyerang pada sisi backhand. Juga, penholder China kuat serangan bola 3rd, dan mereka lebih ”berbahaya” dgn serangan2 ini. Mereka lebih lemah saat sedang rally, tapi sangat baik dalam keahlian bola 3rd. Kebanyakan penholder Asia, pemain dari negeri seperti Korea cenderung menjadi looper satu sisi, dan relatif lebih lemah disisi backhand.

R: Bagaimana perbedaan strategi ketika melawan Ma Lin, dibanding Kim Taek Soo atau Chiang Peng Lung ?

KLH: Ada batas perbedaan, saya banyak bermain dgn Ma Lin, dan kami sangat familiar (terbiasa) satu sama lain. Pemain2 China memakai spoon berbeda, sehingga melawan mereka sedikit canggung buat saya. Chiang juga sedikit beda dgn Kim. Chiang punya block bagus, dan bukan looper inverted satu sisi seperti Kim. Kim memblok dan smash dgn backhandnya, tapi senjata utama adalah forehand. Jadi setiap orang punya sedikit perbedaan. Biasanya, pemain seperti Chiang tak punya kemampuan rally seperti shakehander, kemampuan inisiatif serangan atau menciptakan spin pada backhand mereka adalah lebih lemah.

R: Ketika menghadapi Chiang, dimana penempatan bolamu ?

K: Itu tergantung, dan biasanya melawan penholder kami menyerang sisi kanan dan kemudian kiri karena mereka kuat step-around dari posisi backhand, dan mereka relatif lebih lemah pada sisi forehand. Itu berarti kemampuan mereka sedikit lemah dari sisi forehand. Jika kamu bisa mengembalikan shot ke backhand mereka, kamu pasti punya keuntungan. Tentu saja itu tergantung dari kenyataan. Jika kamu tidak bisa menghentikan serangan mereka dari sisi forehand, kamu yang berada dibawah tekanan.

R: Saya rasa saat kamu melawan pemainan seperti Ma Lin, kamu biasanya flip dgn backhand, dan diikuti dgn backhand counter atau quick loop. Anda sangat cepat dgn tembakan backhand, dan walau lawan memaksakan tembakan step-around, salah satunya tidak setinggi kualitas milikmu. Kemudian kamu mengambil kendali dengan serangan ke forehand mereka atau mengcounter-loop dari loop mereka yang lebih lemah.

K: Biasanya, jika saya bisa melakukannya, itu berarti hebat. Tapi lawanmu pasti mencoba membatasimu dan tidak membiarkan memainkan strategimu, dia tidak ingin terjadi rally, dan gantinya mencoba memakai keahlian bola 3rd untuk mengendalikanmu. Dalam pertandingan, kita sering mencoba saling mengendalikan dan membatasi. Pada tahap rally, gaya shakehand sedikit kuat, tapi terlebih dahulu kamu harus bisa mereturn serve mereka dgn baik. Untuk mengendalikan penholder kamu harus mereturn dgn penempatan bervariasi: ini membatasi power dan kemampuan serangan bola 3rd, dan memperluas kesempatan. Tapi jika tidak melakukan itu, maka kamu tidak bisa bermain rally.

R: Saya ingat satu saat ketika anda bermain dgn Ma Lin, dia step-around sesegera setelah kamu flip bola, dan tidak menunggu counter bakhand. Apa itu terobosan baru baginya ?

K: Ya, itu dikarenakan dia familiar dgn gaya saya, dan bisa memprediksi penempatan dari variasi spin. Jadi dia akan mulai lebih awal. Menghadapi lawan yang kurang familiar, dia harus menjadi sedikit konservatif sehingga dia merasa cukup.

R: Saya rasa loop forehand step-around milik Ma Lin yang down the line menyulitkankan mu, benarkah ?

K: Loop kuat down the line ancaman setiap orang. Kim Taek Soo juga banyak melakukannya. Biasanya, penholder punya kemampuan lebih untuk step around dan melakukan loop dan posisi backhand.

R: Ma tampak menghindari backhandmu, dan gantinya banyak menyerang dengan down the line.

K: Itu tergantung kualitas return saya. Jika saya menangani sisi forehand dgn baik, dia akan memilih jalur serangan lainnya, contoh ke midle atau cross-court. Biasanya penholder sekarang meloop down the line lebih banyak, termasuk dari sisi forehand, karena posisi itu ancaman lebih besar.

R: Saya rasa blokmu menghadapi tembakan menyilang sangat bagus.

K: Tidak mesti. Sekali kamu dalam pertandingan, dan sudah bermain sepasang games, kamu akan mengerti jalan dasar loop dari lawanmu. Pada awalnya kamu harus menjaga seluruh meja, tapi setelah beberapa saat kamu bisa memprediksi kemana tembakan akan ditempatkan dgn pengamatan pola-pola.

R: Sejumlah amatir, shakehander sering mempush deep ke backhand penholder, atau serve deep ke backhand mereka.

K : Kompetisi di level atas itu tidak berhasil. Karena pemain sekarang bisa step-around dan menyerang dgn baik, adalah tindakan bodoh mempush deep ke backhand mereka. Paling bagus adalah flip atau flick bola untuk mengurangi kekuatan serangan mereka, dan kemudian mencoba tahap rally.

tmk: Flip = hempaskan, flick = kibaskan

R: Bagaimana kamu melakukan tembakan backhand down the line ?

K: Terutama adalah pergelangan tangan, dan kemudian pinggang. Kamu harus memindahkan berat badan juga. Jika hanya menggunakan tangan, hasilnya tak akan konsisten.

Copyright Chung Lau

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s