Liu Guoliang bicara tentang permainannya


Sumber: http://www.masatenisi.org/english/roportaj5.htm

LIU GUOLIANG TALKS ABOUT HIS GAME

Catatan Chung: Wawancara ini diambil setelah Qatar Open, dan sudah dipublikasikan pada May dan Juni 2002 di Table Tennis World. Reporter menanyai Liu GuoLiang tentang nasehat yang bisa membantu pemain pemula. Reporter adalah Li Kefei

Reporter: Jika kamu berhadapan dgn seseorang yang belum pernah bermain sebelumnya bagaimana kamu menemukan kelemahannya dengan singkat ?

LGL: Pertama lihat pada raket dan karet yang dipakai. Apakah pipe-out, inverted, atau long-pips ? Shakehander atau Penholder, tangan-kiri atau kanan ? Ingatlah lawanmu juga familiar dengan gayamu.

Kamu harus coba memainkan permainanmu, dan lakukan apa2 yang bagus darimu; kemudian kembangkan inisiatif, agar semakin dapat dengan jelas mengamati kelemahan2 lainnya. Jika bermain pasif, selama waktu ada kamu memang menemukan kelemahan lawanmu, tapi itu cara yang baik bagimu kehilangan game.

Lihat gaya lawanmu. Setiap gaya punya kelemahan, jadi ada cara dasar bermain melawan setiap gaya, dan itulah titik awalnya.

Pemain-kiri biasanya tidak menyukai bergerak dari sisi ke sisi. Setiap pemain-kiri takut dengan strategi ini, jadi ini dapat kamu pergunakan.

Bbrp pemain-kiri lebih dari lainnya. Jika kamu memplace bola ke forehandnya dan dia kuat di sisi itu, mungkin lemah pada backhand. Jika forehandnya tidak terlalu kuat, tapi backhandnya sangat cepat dengan penempatan yang bagus.

Biasanya, shakehander tidak bagus dengan bola2 pendek, khususnya ditempatkan di tengah dan atas (slighly) sisi forehand. Mereka lebih lemah dari penholder pada bagian ini. Jadi ini yang kamu harus serang sebagai pembuka.

Pada kasus forehand vs forehand rally, aturan main biasa adalah cross vs cross. Kemudian jika bermain bh vs bh, dan jika kamu rasa bisa mengatasinya kamu bisa lanjutkan, shg kamu dapati lawanmu relatif lebih lemah di sisi backhand.

Jika kamu merasa berat berjuang di sisi backhand, kamu harus coba memindahkan bola ke tengah, atau ke sisi forehandnya. Shakehander lebih lambat dengan bola di tengah, jadi kamu coba tempatkan disana, kemudian tiba2 menyerang pada dua sisi.

Penholder biasanya lemah dgn bola yang melebar ke bh, jadi mereka takut dengan penempatan yang bergantian dari forehand ke backhand.

Umumnya, cobalah melakukan apa saja yang biasanya itu bagus, dan test lawanmu dengan cara itu.

R: Bagaimana memutuskan serve apa yang digunakan ?

image LGL: Jika kamu saling tidak familiar, kamu harus coba gunakan serve paling afektif. Katakanlah kamu punya serve sidespin bagus, itulah pertama yang kamu pakai. Jika dengan serve sidespin tsb, dan menemukannya sulit untuk membuka serangan atau meng-gain kelebihan2, coba serve spin/nospin, atau backhand serve.

Beberapa orang bagus mereturn serve sidespin, tapi lebih lemah menerima spin/nospin serve. Jadi walau serve terbaik adalah sidespin serve, lawanmu bisa jadi sangat baik mereturnnya. Mungkin dia lebih lemah mereturn serve lain yang berbeda, dan itu harus kamu coba, walaupun bukan merupakan serve terbaikmu.

R: Biasanya kamu serve side-top dan side-bottom, dan tidak banyak spin/nospin serve. Benarkah ?

LGL: Ya. Ma Lin memakai serve spin/nospin lebih banyak dari saya, dan itu sebabnya kami punya gaya berbeda. Ma lebih bagus dengan pembukaan serangan forehand, dan juga punya footwork yang lebih bagus. Biasanya, ketika kamu serve spin/nospin, return akan tidak berkualitas tinggi, jadi itu akan lebih mudah kita serang.

Gaya saya lebih “vicious, ganas/jahat/hebat” dan side-spin serveku punya range luas dalam hal putaran. Lawan harus berhati2 mereturn. Saya sering mendapat point langsung dari serve, tapi jika seorang lawan dapat menangani dgn baik, akan menjadi sangat sukar bagi saya untuk membuka serangan.

R: Peneliti kami seperti Dr. Zhang punya kumpulan banyak statistik dari lawan, dan mereka punya analisis kekuatan dan kelemahan. Mereka menyarankan bagaimana mereturn setiap serve mereka, atau strategi apa untuk melawan mereka. Saat di lapangan, apakah kamu mengikuti saran mereka ?

LGL: Anilisis itu benar2 akurat, dan secara umum sangat bagus dimiliki. Tapi tidak boleh sesederhana itu bersandar pada mereka. Strategi sebenarnya tergantung dari pemain. Contohnya, mereka punya analisis sangat detil dari gaya Waldner, dan biasanya disesuaikan pengalaman kita. Tapi Kong bermain dgn Waldner sangat berbeda dari cara saya bermain dengan Waldner. Kamu nyaris bisa katakan kami bermain dengan cara pendekatan terbalik. Waldner punya variasi bagus, dan Kong sangat “all-round”.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s