Liu Guoliang bicara tentang permainannya


Jadi biasanya Kong akan mencoba bermain sederhana melawan Waldner. Jika ada 10 bola, 8 diantaranya sangat mirip, maka Kong secara definitive sudah memenangkan pertandingan itu. Jika dari 10 bola, 8 diantaranya berbeda, maka Kong mendapat masalah.

Itu berbeda ketika saya bermain melawan Waldner. Mungkin lebih dari 10 bola, semuanya akan berbeda.

Ketika gaya bermain sangat mirip (closer), pertandingan tergantung pada siapa yang lebih bagus mengeksekusi, dan siapa yang mengeluarkan keahlian khususnya.

Di awal pertandingan kekuatan saya melawan kekuatannya, jika tak berhasil saya coba menandingkan kelemahan saya dan kelemahannya. Kelemahan saya adalah seluruh keahlianku dan power, dan kemampuan rally. Itu juga kelemahan Waldner. Kadang2 saya harus memaksa Waldner memainkan game dgn kelemahannya.

Jadi setiap orang punya sedikit perbedaan. Saat Kong bermain rally dgn Wang Liqin, kelemahannya akan tampak. Tapi Kong punya feel yang excelen, dan kemampuannya memvariasikan taktik lebih kuat dibanding Wang. Jadi saat melawan Wang, dia menjaga memvariasikan pukulan. Dalam 10 bola, 8 diantaranya adalah sama, maka Kong menjadi lemah melawahan Wang.

R: Kamu punya serve kualitas sangat tinggi. Kamu mainkan pipe-out, tapi percobaan menunjukan servemu punya spin banyak dibanding sejumlah anggota tim nasional. Bisa kamu bagi dengan kami ?

clip_image002LGL: Kamu harus berlatih banyak untuk serve, dan saya juga punya bakat kecil dalam hal itu. Kong punya skill yang terkemuka, seluruh servenya sangat “amatir”. Dia bisa menutupi kelemahan ini dengan mengembangkan skil lainnya. Dia berlatih serve tiap hari, tapi bakat alaminya kurang. Dia juga berlatih basic skilnya tiap hari, dan dia punya fondasi dasar yg sangat bagus.

Saya rasa saya bisa belajar cepat. Dalam hal lain, sebab sebenarnya saya suka mempelajari sesuatu, dan juga karena saya punya beberapa bakat dalam memahami spin. Kenyataannya saya sedikit berlatih serve dibanding team tanding. Kebanyakan serve saya pelajari dari cara lain.

Contohnya, jika kamu tidak bagus mereturn serve seseorang, maka kamu sebaiknya mempelajari serve itu. Pada awalnya, serve2 itu tidak spinny, tapi setelah sekian waktu, kamu menyadari orang lain menjadi bermasalah mereturn serve2 tadi. Bahkan barangkali sekarang kamu bisa mengeksekusi serve2 itu lebih bagus dari serve aslinya, lalu jadilah serve itu milikmu.

Kong mungkin hanya menghabiskan sedikit waktu berfikir ttg servenya; waktunya dihabiskan berfikir tentang menyatukan bakhand dengan forehand. Jadi setiap orang punya spesialisasi. Saya bermain dengan serve bagus, saya bisa dengan penuh mengekploit keunggulan dari serangan bola 3rd. Kong merasa –spesialisasinya akan penyatuan Backhand dan forehand- yang lebih penting dan dimainkan pada pertandingan all-round yang ketat (solid).

R: Kapan kamu mencampur side-top dengan side-bottom spins, bagaimana agar membingungkan penerima ?

Saya memakai lengan kiri untuk menyembunyikan, saya juga percayakan pada sudut blade dan gerakan tipuan sebelum dan sesudah serve. Saya sembunyikan titik kontak serve dgn lengan kiri, dan sesudah kontak ada semacam gerakan akhir-mengikuti (follow-through). Paling bagus jika follow-trough nya sama untuk spin berbeda, atau tampak berlawanan dengan spin sebenarnya. Itu adalah seperti, setelah serve side-topspin, maka follow-trough bergerak ke bawah, seolah serve side-bottom spin. Atau follow-trough sesudah side-bottom spin serve terlihat seolah side-top.

Saya pikir saya bisa membuat (impart) spin sama dengan beberapa satuan gerakan serve. Contoh, saya bisa serve side-bottom spin dengan gerakan follow-trough ke atas, ke bawah, atau tak bergerak. Ini menyulitkan penerima untuk membaca spin. Saat dia tak bisa melihat kontak, dia akan memutuskan dari pengamatan follow-trough atau gerakan tipuan.

Beberapa pemain selalu mengakhiri serve side-top mereka dengan gerakan upward: yang membuat spin sangat jelas dari serve itu. Beberapa melakukannya dgn lebih baik: blade turun ke bawah lagi setelah gerakan ke atas.

Kenapa setiap orang tidak melakukannya? Karena bbrp pemain tidak bisa memperoleh spin memuaskan jika mereka menggunakan tipuan follow-trough.

R: Gerakan servemu berbeda dari pemain lain; kamu benar2 lebih banyak menurunkan pusat gravitasi, dan kamu punya gerakan pinggang yang lebar.

LGL: Ya, karena serve bukan hanya gerakan tangan: itu memerlukan segenap tubuh bekerja bersama2. Saya memusatkan power segenap tubuh sekejap saat terjadi kontak bola. Jika hanya menggunakan tangan (lengan), servemu akan kurang spin, dan kamu bisa dgn mudah serve terlalu lama ketika game segera. Saya merendahkan pusat gravitasi karena semakin rendah mengkontak bola, semakin cepat serve itu. Tapi ada resiko besar, serve bisa menyentuh net juga.

R: Dalam poin-21, putaran serve adalah 5 kali, bagaimana kamu memutuskan kombinasi mana yang dipakai ?

Tergantung lawan, serve apa dia bermasalah, dan apa kebiasaannya dalam mengembalikan serve. Jika di tak bagus flip, maka kamu beri banyak serve side-top atau no-spin agar memberimu kesempatan menyerang. Jika kebiasaannya flip, atau push jelek dibanding flip, maka berikan banyak serve side-bottom.

Iklan

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s