Liu Guoliang bicara tentang permainannya


Kamu punya 5 kali serve yang harus dipecahkan, dan kadang2 kamu harus menduga2 apa yang akan dilakukan lawanmu. Contoh, jika dia mengembalikan 2 serve terlalu panjang, dia boleh jadi mengira 1 serve lanjutan juga side-top. Tapi kamu harus mencoba berikutnya serve side-bottom. Tapi pemain lain, boleh jadi mereturn servemu dengan cara sama, makanya kamu perlu tahu kebiasaannya. Katakanlah dia return serve pertamamu dgn push dalam meja. Serve kedua dgn push lagi, dan hasilnya juga panjang dan tinggi. Serve ketiga dia akan mempush lagi. Maka kamu tahu pemain ini keras kepala sempit (stubborn) atau mungkin dia tidak tahu melakukan flip.

Pemain lain bisa sedikit beda. Jika di push panjang serve pertama, mungkin flip di serve kedua. Kamu tahu sekarang pemain ini seperti memvariasikan shotnya, dan kamu harus mengacaukan (mix) servemu.

R: Bagaimana kamu bermain pada point kritis ? Saat kamu tertinggal 18 – 20 (game 21), apa yang kamu lakukan ?

Tergantung apa yang terjadi pada 38 point sebelumnya. Saya akan coba memvariasikan taktik. Jika saya yang melakukan serve, biasanya saya pilih satu atau dua serve: sebuah serve agresiv seperti side-top atau deep serve agar bisa memenangkan point outright atau mulai menyerang return, atau serve aman seperti side-bottom dgn banyak spin. Saya biasanya memakai satu dari dua serve ini sbg pengganti serve netral.

R: Saat memimpin, apakah kamu bermain lebih agresif ?

Tergantung seberapa banyak aku memimpin. Dalam game-21 jika aku memimpin 8 poin atau lebih, saya tidak boleh memakai semua serve. Saya akan menyimpan beberapa serve efektif sampai game berikutnya., agar lawan tidak bisa menanganinya. Jika kecil memimpin, seperti 3 atau 4 point, maka game masih dekat, dan saya tidak perlu sangat agresif, karena akan mendorong pada error. Jika kehilangan memimpinmu, kamu harus punya lebih mental menekan. Ketika dibelakang, itu tidak bagus bermain aman, selama jika kamu bergantian point dgn lawan maka kamu tetap kalah. Disini kamu perlu lebih agresive. Lawanmu akan bermain cara sama, jadi bila kamu di depan, kamu harus menghentikan serangan agresif lawanmu.

R: Sekarang kita bermain poin 11, apa kamu punya perasaan baik dengan format ini ?

Saya masih sedikit tidak menyesuaikan. Pada masa lalu saya sudah mapan sgn 5 serve: setelah dua pertama, yang ketiga hampir menjadi otomatis. Sekarang putaran dibuat 2 serve, Saya perlu berfikir ulang mengenai serve ku dan strategi menyerang. Ketika serve pertama direturn baik oleh lawan, ada banyak tekanan pada serve kedua.

R: Sudahklah kamu memperhitungkan hubungan beberapa serve bersama2, seperti mungkin 3 putaran ? Atau hanya berfikir tentang putaran 2 serve saja ?

Saya pertimbangkan dua serve. Sekarang lebih sulit bagi saya mencoba menghubungkan 2 atau 2 putaran bersama, karena diantaranya lawanmu membuat serve. Game-21, jika skore 8-7, kamu bisa kehilangan dua point pertama, dan kamu masih bisa mencapai 10-10 dgn serve bagus pada bola ketiga. Pada game-11, jika skore 7-7 dan kamu tidak bagus pada dua serve maka kamu tertinggal 7-9. Sekarang lawanmu serve, dan dia bisa menutup game dan kamu tidak sempat memakai serve lain yang sudah direncanakan jika kamu menghubungkan putaran 2 dan 3 sekaligus.

R: Kamu sudah sering berhadapan dengan Waldner. Bisa kamu bagi strateginya ?

Ini sedikit sulit dijelaskan, karena kamu harus pada level tertentu sebelum bisa menghargai ini. Pada dasarnya, kedua kami saling familiar dengan strategi, tapi di lapangan terjadi banyak variasi. Saat dia mengubah taktik, atau masih terbaik, sebelum mengubah taktik, akan menjadi hebat jika kamu bisa melihatnya dgn cara baik. Jangan tunggu hingga dia memenangkan bbrp point, atau lebih buruk, sepasang game, sebelum kamu sadari apa yang sudah dia lakukan itu berbeda2.

Pada level tinggi ini, jika dia sudah menempatkan bola pada bakhandmu, dan secara tiba2 di pergi setelah forehandmu, itu bukanlah perubahan yang acak. Ada sebuah alasan dibalik perubahan tsb; pertama kali dia lakukan itu kamu tidak berfikir terlalu banyak tentang itu, tapi yang kedua dia lakukan itu agar kamu tahu dia sedang mencoba bergerak ke fore hand.

Biasanya, jika dia menempatkan bbrp bola ke bh, dan kamu sukses melangkah untuk menyerang mereka, kamu mengira dia akan mencoba memukul ke forehand. Jadi selama pertandingan, taktik selalu dijaga berubah, dan kamu harus menyesuaikan dgn perubahannya.

R: Ketika mereturn serve, dan tidak bisa membaca spin, akankah kamu asumsikan itu adalah topspin, atau backspin ?

Jika tidak bisa memutuskan apakah top atau bakspin, kamu kehilangan poin jika salah menebak. Jadi pertama-tama kamu harus coba keras melihat spin apa itu. Jika benar2 tak tampak, maka kamu harus memutuskan berdasarkan sangkaan serve sebelumnya. Dalam 10 serve terakhir, barapa banyak kamu keluar (keluar) atau sangkut net ? Anggaplah tidak 5-5. jika 7 dari 10 menjadi keluar, atau 5 keluar dan 2 melambung, maka lawanmu mungkin serve side-top yang bagus, atau lebih banyak. Jika tidak melihat jelas, dan returnmu sangkut dinet sering, maka seharusnya kamu tahu serve itu mungkin bakspin. Bbrp pemain menjaga return serve ke dalam net karena mereka tidak mencoba mengingat serve2 sebelumnya.

R: Pemain Profesional kelihatan mengingat baik serve.

Terdapat pengecualian. Gagal bbrp serve adalah sebaris pengalaman. Pemain muda mungkin tidak punya pengalaman ini. Mereka berfikir serve topspin, dan mencoba flip lalu sangkut dinet. Di waktu berikut, mrk flip lagi dan bola sangkut ke net. Kamu harus berfikir sebelum menerima. Kemungkinan lawan sangan bagus menyembunyikan serve backspin tampak seperti serve topspin.

R: Katakan kita tidak bisa bermain dgn rhytm lawan. Kita harus menset rhytm. Bagaimana kamu mencapai ini dalam pertandingan ?

Pertama2 saya punya banyak taktik, dan juga 3 bola pertama (first-three-balls) lebih kuat. Jadi lawan akan mengikuti permainan serangan 3rd bolaku. Tentu saja dia akan mencoba membaliknya.

Setiap orang tahu saya lebih lemah dalam rally.Tapi tidaklah mudah untuk menghentikan 3rd bolaku. Kuncinya adalah resep serve. Dia menjadi lemah (disadv) jika tidak bisa menilai serveku dgn baik. Juga, saya punya pengembalian permainan yang ketat. Jika saya bisa menangkap inisiatif kemudian dia tidak bisa menyatu dengan rally: Saya akan menyerang dan dia menjadi bertahan.

Setiap pemain berbeda. Seorang pemain seperti Kong atau Wang akan lebih suka melihat setiap orang serve dgn cara sama. Dalam lebih 10 poin sedikitnya sekali atau lebih kamu bisa menang. Pemain seperti saya suka membuat variasi yang memungkinkan. Lebih dari 10 poin, 7 atau 8 kemudian dimainkan secara berbeda. Saya coba membingungkan lawan saya, dan membuat mereka berfikir sangat canggung.

Copyright Chung Lau

Iklan

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s