Lu Lin Bicara Tentang Permainan Shakehander


December 21, 2002

Lu Lin On Playing Shakehanders

Catatan Chung: Artikel ini diterbitkan pada September 2002 terbitan Table Tennis World. Kalimat-kalimat tebal seperti di dalam artikel asli. Lu Lin kini bertanggung-jawab pada team pelatihan di 2nd team wanita nasional.

Wartawan: Anda memainkan satu gaya serupa dengan Kim Taek Soo. Menggunakan Kim sebagai satu contoh, dapatkah anda membicarakannya sebagai taktik umum melawan shakehanders?

Lu Lin: Ketika kami mempersiapkan taktik, kami harus sekuatnya mengejar target berikut ini: agresif mengambil prakarsa (memulai) untuk menyerang terlebih dulu. Umumnya keahlian khusus PH adalah kemampuannya yang besar dalam memulai serangan, dan kemampuan mengendalikan 3 bola pertama. Begitu di tahap rally, sisi backhand PH menjadi relatif kurang. Tentu saja, ini secara umum, dan tidak berlaku bagi setiap kasus. Sebagai contoh, Chiang Peng-Lung punya blok backhand sangat kuat. Tetapi keseluruhan, pemain seperti Kim, Ma Lin atau Yan Sen mempunyai backhand relatif lemah di tahap rally. Seorang PH harus menggunakan kekuatan forehand nya untuk mengendalikan pengumpulan poin dan merebut inisiatif.

Kemantapan pengendalian 3-bola pertama adalah kuncinya, dan ini harus menjadi target taktik kami. Biasanya, PH bersaing dengan shakehander mengendalikan 3-ball pertama yang banyak terjadi di atas meja. Serve dan return serve mengutamakan yang pendek2, dan ia mengembangkan inisiatif penempatan2 pendek berulang2. Shakehanders dari generasi sebelumnya, seperti mereka di masa 70an dan awal 80an, yaitu dari zaman Guo Yuehua, kurang punya kendali over-the-table (pukulan agresif di dalam meja), yaitu tidak sangat baik menyerang bola-bola pendek, dan bermain lambat bola2 pendek. Shg menciptakan peluang bagi PH untuk mulai serangan. Sejak 80an, generasi baru pemain-pemain Eropa, diwakili pemain seperti Waldner, perbaikan keterampilan over-the-table mereka sangat menonjol.

Era ini menjadi kemunduran PH tepat di akhir 80an: peluang bermain bertahan mereka saat itu lebih rendah dan peluang memulai serangan menjadi terbatas. Perbaikan era Waldner itu juga meningkatkan rally dalam permainan, dan semakin menampakkan kelemahan PH. Kami menjadi tidak bisa eksklusif menggunakan forehand kami seperti sebelum2nya.

Mengapa sekarang tetap memungkinkan pemain PH seperti Ma dan Kim untuk tetap bersaing melawan shakehanders. Aku rasa alasan paling utama adalah karena kami sudah memperluas kemampuan kami dan ruang untuk memulai serangan. Yang aku maksud dengan memperluas ruang adalah: di masa lalu PH terbatas dalam menyerang bola backspin –jika lawan tidak menempatkan bola pendek- maka kami akan meloopnya bila lawan menempatkan bola sedikit keluar meja. Namun sekarang, kami membiarkan dan memaksa lawan kami mengembalikan loop lemah, dan kemudian kami menyerang loop itu. Kami dapat menyerang tidak hanya backspin, tetapi topspin dengan baik juga. Ini perubahan utama. Kami juga sekarang membuat serve panjang, karena jika lawan tidak meloop bola ini dengan kualitas cukup, kami lalu bisa meloop pengembalian loop lemah tadi.

Wartawan: Seorang pemain seperti Ma Lin umumnya membuat serve spin/no-spin. Terutama serve pendek, dan ia melengkapinya dengan deep serve. Apakah kegunaan deep serve ini untuk menggangu lawan dalam hal taktik pengembalian serve?

Ada dua kegunaan. Satu adalah interferens/gangguan, seperti anda katakan. Kedua lebih proaktif alami. Bukan berarti kami tidak punya bbrp serve bagus dan oleh karena itu kami mencoba untuk mengacaukan lawan. Beberapa pemain Eropa lebih lemah menyerang bola2 backspin, jadi kami akan deep serve backspin, dan menyerang loop lemah. Atau kami akan berganti-ganti speed, spin atau tempo shg lawan bisa hanya soft-loop dipunggung bola, yang kami akan loop kembali. Secara taktis, di masa lalu kami cenderung untuk banyak serve pendek: kami bergantung pada places (penempatan) dan spin (putaran). Ma Lin, contohnya, bisa menaruh spin hebat pada bola, dan range spin servenya sangat luas. Semua itu sudah menyiapkan peluangnya untuk menyerang.

Ini satu taktik. Taktik lain adalah menggunakan deep serve ke backhand atau mid lawan untuk memaksa loop yang lemah. Kami kmd mereloop dan memulai serangan. Perpaduan serve pendek dan panjang membuat lebih sulit bagi lawan untuk return serve berkualitas tinggi. Apa perbedaan serve pendek dan panjang? Pertama adalah panjangnya di atas meja, kedua adalah kebalikannya. Perbedaan itu didasarkan pada di mana lawan sedang berdiri. Ketika ia dekat dengan meja, anda seharusnya membuat dia merasa bahwa serve akan panjang. Ketika ia sedikit jauh, anda membuat ia akan merasa serve akan pendek.

R: Sebuah serve Spin/no-spin yang sama ditempatkan berbeda2 ke forehand bagian small triangle (segi tiga forehand kecil), backhand small triangle, atau ke middle near the net (pertengahan dekat net) akan menghasilkan pengaruh berbeda. Apakah perbedaan2nya?

Tidak semua shakehanders bermain mirip. Contohnya, dari Eropa Timur cenderung memiliki backhand2 lebih kuat dibanding Eropa Barat. Grubba, Mazunovs itu bentuk contoh yang bagus, dimana terakhir pemain Swedia dimana forehand mereka yang lebih baik. Mengapa begitu? Ada perbedaan2 pelatihan, tetapi yang paling penting disebabkan perbedaan grip2. Mereka dengan backhand grip umumnya mempunyai backhand yang lebih kuat dibanding forehand2. PH harus memperhatikan hal ini, juga memperhatikan posisi penerima/lawan, sebelum ia serve. Ketika shakehander berdiri di mid untuk menerima serve, ia rawan diserang (vulnerable) dengan serve pendek dan deep yang diarahkan ke midnya. Ketika ia menyadari serve datang dan canggung di pertengahannya, ia akan mencoba bergerak di sekitar (step around) untuk mereturn. Sekarang kelemahanya di forehand dekat sudut net, sudut deep forehand dan segi tiga kecil backhand (backhand small triangle). Mengapa di segi tiga kecil backhand? Karena ketika ia step around, ia di posisi menerima deep serve, tetapi tidak bisa nyaman menerima di daerah traingle kecil backhand. Ketika ia step around dan menyadari bahwa serve datang ke sudut lebar, ia akan punya kesulitan dan dengan cepat melangkah lebih jauh di sekeliling meja (step further around).

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s