Rahasia Gao Jun


Photo by John Oros Copyright 1999

gao_profile

Gao Jun’s Secret

By Gao Jun

1991 World Champion, Women’s Doubles
1992 Olympic Silver Medalist, Women’s Doubles
USA Women’s Singles & Doubles, Mixed Doubles Champion, 1996-98
World #3, 1994-95

(Excerpted from interview of Gao by Marianne Yeh in the upcoming Jan/Feb 2000 USA Table Tennis Magazine)

USATTM: Anda seorang juara dunia, dan pernah sekali rank #3 dunia. Apa rahasiamu ? Bisakah anda berbagi dengan para pembaca ?

GAO: Saya hanya punya tiga kata untuk dibagi kepada siapa saja: BERLATIH, BERLATIH, BERLATIH. Itulah rahasia2 saya. Itulah rahasia2 para pemain atas (top) dunia.

Izinkan saya menjelaskannya sedikit. Ada 3 unsur yang diperlukan setiap orang yang berusaha menjadi sukses dalam sport: yaitu RAJIN (diligence), BAKAT (talent), dan PELUANG2 (opportunities). RAJIN adalah yang terpenting. Dalam hal ini saya tidak bicara tentang CUKUP RAJIN. Yang saya maksud adalah RAJIN yang bermotivasi. Karena kamu akan menggunakan tubuhmu, dan pikiranmu (brain) saat berlatih2.

Ketika saya bersaing untuk menduduki Tim Nasional China, saya memiliki buku catatan kecil yang selalu saya bawa kemana pun saya pergi. Selalu mengulas (review) dalam catatan saya setiap gaya pemain2 lainnya sebelum saya bermain menghadapi mereka. Saya selalu bersungguh2 dalam setiap pertandingan (match), dan saya tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.

USATTM: Di samping BERLaTIH, apakah ada cara2 singkat (jalan pintas) ?

GAO: Yang pasti tidaj ada jalan pintas. Tenis meja memerlukan sejumlah latihan. Bukan olahraga yang hanya mengandalkan tenaga (power) dan kecepatan (speed) untuk menang. Kamu juga memerlukan banyak kontrol (pengendalian), strategi dan semacam keahlian tinggi (skillful).

USATTM: Bagaimana seorang bisa menjadi pemain bagus ? Apa dia harus menonton (watch) latihan2nya?

GAO: Pertama sekali, kamu harus menghabiskan banyak waktu untuk berlatih. Seperti saya tadi katakan, tidak ada jalan singkat. Kedua, kamu tidak boleh menyerah. Simpan di kepalamu -jangan, pernah, menyerah! Tenanglah, dan berjuanglah (fight) di setiap pengumpulan poin, jangan berhenti sampai poin 21. Ketiga, kamu harus lebih perhatian pada latihan dasar (basic training), yang berulang2 dan kadang2 membosankan, tapi itu sangat penting (critical). Pertama kamu harus belajar bagaimana cara berjalan sebelum bisa berlari. Jangan iri dengan pukulan memukau dari pemain2 lain karena secara alami semua akan kamu peroleh setelah kamu menguasai keahlian2 dasar.

Balasan

