Wilson, di/pada Juli 3rd, 2008 pada 8:02 Dikatakan:

Gw seorang pemain tenis meja dengan gaya shakehand,right hand.bad:Primovitesse ,hitam:donic F1 ( forehand ), merah:bryce bekas 80 rb ( backhand ).
selama ini punya kesulitan dalam melawan pemain bintik.

mau tanya nih :
1.ad ga strategi khusus supaya bisa membaca bola yg datangnya berat ( yg harus dichop ) dan bola kosong ( yg bisa dihajar )?
2.apa beda bintik panjang dan bintik pendek?

Equipment di atas adalah tipikal “peralaan Eropa” menurut TeeMKa begitu.

Dari 1 atau 2 merk top yang sering dijumpai, “peralatan Eropa” jika dibanding karet China:
1. Topsheet+spon adalah kategori karet lembut. Juga topsheet rubber thickness T (ketebalan/tinggi topsheet) yang dimilikinya lebih TEBAL. Panjang pipe/bintik2nya lebih tinggi.
Sifat bola yang dihasilkan memiliki putaran yang jujur. Artinya bola itu benar2 menghasilkan pure topspin, backspin, sidespin,, dengan bentuk lintasan LURUS seperti busur.
Sifat bola spt ini NYAMAN ditangkap oleh karet LP, ini salah satu alasan pemakai memilih LP. Namun sebaliknya karet ini menjadi sulit menangkap bola2 LP karena sifat bola LP yang datang “melayang”, dan menjadi serba salah dipukul oleh karet lembut.
Backspin dan topspin hasil LP tidak sama persis dgn yg dihasilkan inverted, karena terbang bola sudah rusak (terdistorsi) akibat sentuhan bola dan biji2 LP yang arah gayanya bermacam2, tidak seperti inverted yang HANYA satu macam.
Saat dipukul dgn topspin pelan, bola melayang LP ini tidak sempat MASUK kedalam raket, akibatnya bola sangkut di net atau jatuh di meja sendiri. Dipukul topspin kuat, bola melayang LP ini tidak sempat menempel di topsheet BAHKAN mendapat benturan cepat dari raket pemukul topspin, akibatnya bola semakin melayang dan keluar meja. Jadi agar tepat bagaimana ? D

Menjawab strategi:
1. Membaca bola datang yang berat, kosong dan cara memukulnya.
Sifat bola yg dihasilkan LP ada di halaman ini.
Jika bola ke4 adalah bola datang LP yang hendak dibaca, maka jawabnya adalah dimulai dengan mengukur berapa level sifat bola yang dibuat saat bola ke3. Karena karet LP mengandalkan bola ke3 uang dihasilkan karet lawan yg datang padanya.
Sifat bola yang dibuat ini meliputi speed, spin, power, flat/datar,,,. Artinya jika bola ke3 dibuat speed rendah, spin rendah, power rendah, dan arah pukulan mendatar, MAKA bola ke4 menjadi tidak mengenakkan bagi longpiper, tapi bisa menjadi sangat enak baginya bila secepatnya merubah menjadi mode serang cepat sbg ganti mode defence. Anggap saja b4 tidak diserang dan dikembalikan dgn LP, maka bola ke4 menjadi bola mudah (bisa saja kosong), nah ini dia milikmu, dan ciptakan bole ke5 yg mematikan dgn smash misalnya.
+ Catatan: Bola “kosong” dari LP tidak sama dgn yg dihasilkan inverted, kosong LP berupa bola melayang, deadball (bola mati, bisa saja ada isinya), lintasan terbang seperti rambut keriting (curl) tidak spt busur panah pd karet inveted.
+ Perlu dicatat untuk mengetahui berapa tebal spon dari karet LP lawan itu. Tebal spon 0.5, 1.0, 1.5, 2.0mm bahkan tanpa spon atau OX. Semakin tebal spon LP akan semakin sulit dimainkan pemakainya menghadapi bola2 ringan/kosong.

2. Mengutip tulisan sebelumnya, sifat LP adalah TIDAK BISA menghasilkan putaran sendiri tapi mengandalkannya dari lawan, bersifat menipu dengan spin reversal (topspin menjadi bacspin, deadball, bola2 keriting/curl dan tajam), gaya permainan defence, membuat kesal lawan, tiba2 menyerang cepat. Sedang bintik pendek SP bersifat speed, sedikit menipu, mirip inverted biasa dgn kadar lebih rendah, dipakai pemain agresif serang cepat dekat meja yang TAK PEDULI dgn bola spin lawannya.

Serang cepat, berkaitan dengan prinsip memukul bola.
+ Level spin, speed, reglue efek
Inverted > Speed=12, Spin= 9,5; Reglue efek = high
Long pipe > Speed=6,25; Spin= 3,25; Reglue efek= not recomended
Short Pipe > Speed=9,75, Spin= 7; Reglue efek = medium

Akhirnya menghadapi Long Piper dengan raket tersebut:
1. Tingkatkan cara bermain dari REFLEK (terbiasa tanpa sadar) menjadi KONTROL (siap siaga dengan sadar) di saat bermain, lebih2 lagi menghadapi LPr yang memakai karet kombinasi. Bola yang dihasilkan dua karet ini berbeda, saat dimainkan satu orang yang sama, saat rally dalam perebutan satu point pertandingan. Disini diperlukan sense yang berrubah-ubah setiap kali sebelum dan setelah memukul bola oleh lawan long piper.
2. Tingkatkan mengontrol bola dan pukulan. Selengkapnya.

3. Tambah koleksi pukulan (bedakan pukulan2 ini, pure drive, drive topspin, loop, smash, hit, flat stroke)
4. Tambah cara menyentuh bola (mengkibas dengan gelang saat fast smash juga flick, bukan menyentuh dengan segenap tubuh, gerakan siku, gerakan lengan).
5. Ubah dan tambah cara bergerak mengatur posisi bersamaan mengontrol lawan, setiap kali menunggu bola datang sebelum membuat pukulan di suatu area meja.

Semoga bermanfaat, begitulah teori TeeMKa silahkan dibuktikan dan dikabari. )