Tehnik berlatih otodidak (1)


Ahmad Maulana, di/pada September 15th, 2008 pada 9:32 Saya pencinta olahraga ini, mengenal olahraga ini sejak 6 tahun lalu, usia saya 31 tahun, mungkin sudah tidak bisa berprestasi lagi, namun saya tetap ingin meningkatkan kualitas permainan tenis meja saya…di tempat saya tidak mempunyai pelatih…kira-kira menurut anda teknik latihan yang seperti apa yang mesti saya lakukan…?? karena terus terang saya mempelajari tenis meja secara otodidak. saya sangat ingin berlatih di klub..adakah klub yang bertempat di sekitar Cijantung atau Kalisari Jakarta Timur..?? Terima Kasih

Meningkatkan kualitas permainan dengan umur seperti itu dan untuk berprestasi, tentu saja BISA. Dan prestasi yang bisa dikejar berbeda dengan prestasi dari para pemain yang masih usia belasan, D

Teknik latihan yang bisa dicoba sesuai kondisi diatas adalah sbb:
1. Belajar dan berlatih di luar meja
+ Buku, video, internet bisa dijadikan bahan masukan yang kaya.
+ Menyiapakan kecukupan fisik dgn jogging teratur dan aerobic lainnya. Seperti melatih kelenturan pergelangan tangan diperlukan saat memukul dgn raket, melatih kelenturan pergelangan kaki saat bergerak2 dlam permainan (footwork).
+ Cari kitab teori jika ada, jika tidak ada buatlah teori sendiri gunakan fisika sbg alat yang sangat membantu dalam menganalisa setiap aspek. Misalnya fisika ttg Hukum Magnus pd terbang bola, usaha dan energi saat mekanisme pukulan, pesawat sederhana pada kuda2 tumpuan dan mekanisme pukulan. Yang gunanya untuk mengoptimalkan tubuh saat bermain. Ingat tubuh tinggi besar kuat bisa diladeni oleh tubuh sedang lentur dan cepat.
+ Berlatih shadow stroke utk mencari dan membiasakan gerakan memukul, berlatih tarian footwork juga untuk membiasakan dan reflek, berlatih shadow play melatih mental menghayalkan permainan sebenarnya dan merinci setiap kejadian kita dan lawan.
+ Berlatih irama yang konstan dan acak dengan musik. Seperti melatih menghitung lama ketukan nada 1/4, 1/8, 1/16 secara teratur dan acak. INILAH salah satu rahasia kecepatan

2. Berlatih di dalam meja.
+ Menjadwalkan sendiri dan lebih baik dgn pelatih ttg program latihan spt pada tulisan ini.
+ Berlatih stroke dasar dengan pelatih atau sparing menggunakan bola banyak (ratusan bola), mengevaluasi dan selalu meneingkatkan kualitas latihan.
+ Berlatih tanding, dimulai dari pemain yang seimbang untuk meningkatkan kepercayaan diri (aspek mental) kemudian bertahap pada lawan yang lebih kuat bahkan jah lebih kuat, asalkan mereka mau

Akhirnya, ada 5 aspek tahap berlatih:
1. Aspek Persiapan
2. Aspek Fisik
3. Aspek Teknik
4. Aspek Taktik
5. Aspek Mental
6. Aspek Teori

Keenam aspek ini harus diprogramkan dan diulang2 yang tentunya menghabiskan tenaga, pikiran, perasaan, mental, waktu, dan biaya. Selamat berlatih otodidak TeeMKa tunggu kabarnya D

19 thoughts on “Tehnik berlatih otodidak (1)

  1. saya pemain bulutangkis sp skrg, th 2002 sy ikut main tenis mj 1 x se mg tapi th 2003 merasa tertantang sy balik main tenis meja 2 x n 1 x main bt dlm seminggu, saya otodidak, pegangan sy buku tenismeja u pemula steps to success by l hodge, back h sy diakui sangat baik (pembawaan) oleh teman2 club, lk 20or ,satu hr sy bilang sm ketua sy mau hilangkan bh sy, krn klo tdk saya tidak bisa maju, sy tidak ikut main bola banyak krn alasan tertentu, saya explorasi grip shakehand n awal th ini saya mampu u loop melawan backspin

  2. maaf saya or baru di tm, jadi curhat nih, krn sy yakin kalau or bilang cara memegang bet 100 % individual se suka2 gw, maka pemain tsb tidak akan mencapai level tertinggi, harus adasarat2 ygdipenuhi. dalam hal ini saya hanya fokus pada grip !!! bukan pada pukulan atau yg lain2 . karena grip yg baik dan benar akan membuat anda menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk mempelajari tehnik2 pukulan yg baru

Balasan

