Hou Yingchao Talks About The Choppers


May 29, 2003

Hou Yingchao bicara tentang Para Chopper

(Catatan Chung: Wawancara ini dengan Hou diselenggarakan di Paris setelah kekalahan buruk pemain2 top Cina pada pemain chop)

Ding Song pernah mengejutkan dunia dengan keahlian2nya beberapa tahun lalu, tetapi belakangan ini kita melupakan gaya permainan seperti itu. Di piala Dunia Ini, para chopper sekali lagi menampakkan diri mereka, tetapi sayangnya pemain2 Cina yang menjadi korban-korbannya. Wang Hao kalah pada Chen Weixing dan Ma Lin kalah pada Joo Se Hyuk adalah dua kekalahan yang paling besar yang pernah diderita Cina. Kedua pemain meninggalkan aula lebih cepat setelah beberapa pertandingan sebelumnya, dan kita ditinggalkan dengan berbagai pertanyaan. Reporter kami menanyai Hou Yingchao, satu-satunya chopper di team kami (China), untuk menjelaskan kekalahan2 tersebut.

 

Wartawan: Mengapa Ma Lin kalah ?

Hou: Aku merasa bahwa  pemain2 kami mempunyai sedikit masalah permainan menghadapi para chopper. Karena team kurang berlatih melawan chopper yang menggunakan longpip di backhand. Kami punya sangat sedikit pemain dengan gaya itu, dan level mereka tidaklah sangat tinggi. Kualitas chop pemain2 kami itu dan teknik2 mereka lainnya RENDAH dari Joo. Di dalam latihan kami, para partner kami tidak bisa menghasilkan backspin2 kualitas tinggi dan kekuatan membuat tekanan2 seperti Joo bisa lakukan. Bagaimanapun, jika latihan kami menekankan pentingnya bermainan melawan chopper dan latihan berfokus pada itu, maka pemain2 kami akan mempunyai sedikit kemudahan melawan chopper, karena pemain2 kami mempunyai keahlian forehand yang baik.

R: Apa yang special dari Joo?

H: Joo sebagian besar mengandalkan keahlian2 backhandnya, dengan backhandnya menciptakan peluang serangan untuk forehandnya. Itulah cara dia bertanding mengalahkan Ma Lin: cara dia mengumpulkan poin2, dan semua taktiknya didasarkan pada backhand.

R: Bagaimana seharusnya kita bermain menghadapi Joo?

H: Buat dia banyak bergerak ke depan/maju dan ke belakang/mundur. Dengan kata lain, tempatkan bola dari jauh ke dekat meja, dan dari dekat mejamu berikan loop dan kirim bola itu menjauh meja. Buat dia bergerak terus-menerus maju-mundur. Akibatnya footwork seorang chopper menjadi bermasalah ketika bergerak dari dekat ke jauh meja, tapi bukan dari jauh ke dekat. Hari ini, Ma Lin tidak banyak menggunakan taktik ini. Malahan lebih sering ia hanya meloop bola, dan bukan menggerakan bola dari dekat ke jauh.

R: Ketika Ma Lin mencoba dropshot, ia beberapa kali memukul bola sangkut ke dalam net. Mengapa?

H: Ma Lin tidak membaca spin dengan benar. Spin dari Joo sangat kuat, dan di luar kendali Ma. Itulah sebabnya bola Ma menyangkut di net.

R: Bagaimana kekuatan2 Chen Weixing?

H: Dibanding Joo, Chen lebih berpengalaman. Ia bermain sangat praktis (sederhana, ringkas), permainan yang pedas.

R: Apakah perbedaan2 antara kalian bertiga (Hou, Chen dan Joo)?

H: Kami bertiga punya keahlian khusus sendiri2 (spesialisasi). Teknik2 backhand kami berbeda. Chop milik Joo lebih dalam (deep) dan spinny, dan menekan memaksa lawan. Milik Chen sangat mantap/stabil/tegas (steady) dan jarang membuat kesalahan. Aku punya lebih bervariasi dalam hal spin di sisi backhand dibanding mereka. Aku memakai karet yang berbeda dibanding mereka, sehingga aku dapat menciptakan spin dengan karet backhandku (tmk: Joo dan Chen memakai karet longpip, sdngkan Hou memakai inverted di backhand raket). Forehand kami secara perkiraan kasar adalah bergaya sama, tetapi mereka lebih baik dalam rally forehand dan serangan2 berikutnya sth rally dibanding aku. Tetapi aku mempunyai lebih kuat (power) dan kelajuan (speed) di serangan2 forehandku.

R: Betapa besar kesempatan ruang berkembang para chopper?

H: ruang kesempatan itu sangat besar. Di 1/8 final (final 8) piala Dunia, 2 diantaranya adalah chopper, jadi potensial besar bagi mereka. Kami (Team Cina) dapat menghasilkan chopper2 hebat jika kami menekankan pembinaan seperti itu. Di dalam sejarah team, kami mempunyai chopper2 besar seperti Chen Xinhua dan Ding Song, dan mereka berperan sebagai senjata2 rahasia. Jika kami hanya menekankan pembinaan teknik2 chop, maka para chopper asing tidak mungkin bisa bersaing melawan kami.

R:  Teknik mana yang lebih maju: gaya chop bertahan atau gaya chop menyerang ?

H: Ding Song mempengaruhi sebuah generasi para pemain2. Gayanya secara konseptual berbeda dibanding gaya sebelumnya. Ia memiliki serangan2 kuat, berlawanan dengan gaya bertahan penuh (pure defence) di masa silam. Sekarang gaya chop sudah mengembangkan ke dalam permainannya juga menyerang dengan loop sebaik bertahan dengan chop (tmk: seimbang kualitas pukulan chop dan loop), sehingga bebas memilih antara kedua pukulan (shot) tersebut. Chopper all-round (segala gaya) adalah trend baru bagi pemain2 bertahan. Tetapi dengan memperhatikan keseluruhan gambaran, gaya yang paling terdepan adalah gaya shakehand dua-sayap seperti Boll atau Kong miliki. Itu adalah sebuah gaya all-round seimbang dengan hampir tanpa kelemahan. 

3 thoughts on “Hou Yingchao Talks About The Choppers

  1. TeemKa kupas donk kekalahan Wang Li Qin melawan Andrei Filimon (Rumania) di WTTC kemaren. Andrei adalah pemain dengan kualitas Backhand yang bagus. Sementara Forehandnya lemah. WLQ adalah kebalikannya. Namun WLQ lebih sarat pengalaman. Bagaimana WLQ bisa kalah.

    1. Untuk menjadi pemain nasional tentu saja harus lolos seleksi dengan menyisihkan lawan2 tanding.
      Dengan didukung orang tua, sekolah, kecukupan fisik, kecerdasan pikiran dan hati, latihan yang benar dikali akselerasi teori terkini, serta pemilihan peralatan yang tepat, semuanya bisa menjadikanmu seorang pemain nasional.

      Tak ada salahnya mencoba, bukan begitu?

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s