Interview dengan Ma Lin


(Artikel ini telah muncul di terbitan Januari 2003 “Tenis Meja Dunia”, dan ditulis sebelum Grand Finals Pro-Tour di Sweden.)

ma-lin-interviewWartawan: Anda rank nomor satu dan pemenang dari dua titel Pro-Tour yang terakhir lalu. Apakah Anda merasa bahwa anda pasti akan memenangkan Grand Finals?

Ma Lin: Tidak, anda tidak bisa bermain dengan banyak tekanan. Anda tidak bisa memainkan gamemu jika anda mendekati satu even dgn byk tekanan seperti itu.

R: Anda sangat difavoritkan untuk memenangkan World Cup, tahun ini. Mengapa anda berakhir di putaran delapan?

M: Aku baru pulang dari pertandingan dua even Pro-Tour di Eropa, dan aku sedang tidak di dalam bentuk terbaik secara phisik atau emosional. Aku merasa lelah, dan dalam suatu turnamen penting seperti itu jika tidak berada pada tingkatan tepat kegembiraan dan tidak punya keinginan kuat untuk menang, anda tidak bisa memainkan game terbaik yang bisa dimainkan.

R: Anda bermain hebat berturut2 di dua Pro-Tour, Poland dan Denmark, dan anda menglahkan Boll dan Schlager dengan agak mudah.

M: Setelah World Cup, aku kembali ke Beijing, dan aku punya satu minggu penyesuaian. Aku juga meringkas berbagai kesulitan dan menjadikannya target latihanku.

R: Sudahkah anda menghitung berapa banyak even Pro-Tour yang sudah dimenangkan tahun ini? Anda kalah dua kali pada Chuan Chih-Yuan. Apakah ia seorang pemain yang menyulitkan anda?

M: Aku menang 4 even. Gaya Chuan serupa dengan seorang pemain Cina. Ia bermain di tim kedua kami dalam waktu lama, dan ia mempunyai pemahaman baik pad taktik dan strategi Cina. Pertama kali aku bermain dgnnya di Qatar, aku memimpin 3-1 dan seharusnya sudah menang. Tetapi aku keliru, mungkin karena terlalu bersemangat. Di Holland, aku tidak hati-hati di dalam mengadaptasikan perubahan2 dan variasi2 Chuan.

R: Anda meningkat pesat. Bagaimana anda melihat posisimu di regu Cina?

M: Beberapa dari kami di dalam tim berada di tingkatan yang sama. Kapan saja, ada satu pemain yang terbaik secara phisik dan mental, maka pemain itu akan mendapatkan hasil terbaik. Kami juga di tingkatan yang sama dengan beberapa pemain2 asing.

R: Gagal di Olimpiade Sydney adalah kemunduran besar di dalam karier Anda. Bagaimana anda melihat pengalaman itu sekarang?

M: Aku tidak bermain baik pada turnamen2 yang pendukung mendekati Olympics, dan gagal meraih target yang pelatih2 tetapkan untuk aku. Aku kecewa karena tidak mampu membuat menang regu. Namun sekarang aku berpikir balik, aku tidak bisa lakukan semua dengan baik, sekali pun aku menang.

R: Selama aturan baru ITTF diberlakukan, anda seorang pemain yang sangat konsisten. Tetapi anda tidak berada di daftar nama Asian Games Men Single. Bagaimana perasaan anda?

M: Hanya ada dua titik yang tersedia. Melawan lawan2 Asia, seperti Chuan, Matsushita, dan Oh, aku tidak punya relatif keuntungan dibandingkan kawan sereguku. Aturan baru service sudah diberlakukan, dan kami tidak pasti apakah berpengaruh pada gameku, sehingga pelatih merasa lebih aman untuk memilih Kong.

R: Sebagian dari penggemar online berkata bahwa setisp ada kesulitan besar, Ma selalu diikutkan dalam tim, tetapi ketika ada kontroversi, Ma dikeluarkan dari tim. Mereka merasa lawan-lawan terbesarmu adalah kawan seregumu. Apa pendapat anda?

M: Tenis Meja adalah olahraga perorangan, dan kita tidak bisa mengirimkan banyak pemain ke luar bertanding. Ketika dua pemain Cina bertemu di final, kawan seregu adalah lawan bagi kami. Perasaan saya adalah pertama kami harus mengalahkan semua pemain asing, dan itu adalah cara terbaik bagi kami untuk memantapkan posisi tim kami.

R: Anda dan Kong sudah dipasangkan sejak China Open. Kalian sudah bermain bersama sebentar sampai sekarang, tetapi hasil terbarumu tidaklah hebat. Apa permasalahan yang kalian hadapi berdua?

M: Ketika Kong berpasangan dgn Liu Guoliang, posisinya sudah cocok alami. Liu memainkan pipes-out sdngkan aku memainkan inverted, maka saya bermain agak jauh dari meja. Shg ada sedikit yang tumpang-tindih di dalam posisi kami. Lebih lagi kami berdua right-handers, jadi kami cenderung bersaing satu sama lain. Kami harus bekerja sama cara mengatur FW kami, dan bagaimana caranya memulai serangan bola ketiga. Kami tidak berlatih banyak sejak Asian Game. Jika kami berfokus pada masalah di dalam sesi pelatihan tertutup, aku pikir kami baik2 saja.

R: Liu mengumpulkan hasil2 hebat sbg seorang penholder. Anda sudah lebih advance dalam skils penholder, dan sekarang Wang Hao bahkan semakin menyempurnakan skils2 itu. Apa pendapat anda tentang prestasi2 Wang?

M: Wang punya ruang kesempatan perkembangan yang lebih luas. Ia bermain rally lebih baik daripada penholder lain, dan bola-3nya lebih baik dibanding para shakehander. Ia sudah mengkombinasikan kelebihan kedua gaya. Tetapi ia masih punya bbrp kelemahan. Ia sedikit lemah dalam pertahanan, dan ia sedikit lambat dalam serangan bola-3 ketiganya dibanding penhholder lain. Pemain2 Europa masih tidak tahu bagaimana cara bermain dengannya. Jika ia bisa memukul scr konsisten, ia akan mencapai hasil kemuliaan yang hebat.

R: Banyak orang merasa bahwa anda sedikit konservatif dalam bersaing dan kadang2 sedikit ragu-ragu pada saat game penentuan. Ini mungkin adalah permasalahan terbesarmu. Bagaimana anda memecahkannya?

M: Aku sudah sadari hal ini. Di dalam pertandingan nyata, ada banyak faktor yang mempengaruhi penampilanmu (performance), jadi anda tidak selalu bisa bermain pada tingkatan seperti yang bisa dijangkau di saat latihan. Ada banyak sumber tekanan yang akan membuat anda ingin bermain berhati-hati. Itu adalah salah satu alasan aku tidak bermain bagus pada saat petandingan penting. Setelah di dua Pro-Tour yang terakhir selesai, Liu Guoliang dan aku sudah banyak membahas masalah ini, dan aku kini berusaha dengan cara lebih proaktif. Meskipun skil2ku tidak meningkat lagi, aku masih dapat banyak meningkat walau hanya dengan memecahkan permasalahan itu.

Balasan

