Menaikkan Level 1/2


IMPROVING A LEVEL (REPRINTED FROM MAY/JUNE 1999 USATT MAGAZINE)

Sumber : http://www.usatt.org dari artikel ini.
By Larry Hodges

Apa maksudnya meningkatkan level dalam tenis meja ? Saya mendefinisikan dua pemain pada level berbeda dimana satu pemain memiliki banyak kelebihan dan mengalahkan pemain lainnya. Cara lain mengukur kedua level ini adalah dimana seorang pemain lebih kuat yang bermain pada level normalnya, dia selalu menang setiap saat.

Berdasarkan fakta ini, saya katakan bahwa satu level dalam tenis meja berkisar 300 poin untuk level-lebih rendah (atau dibawah 1000) sampai 100 poin untuk level tinggi (diatas 2500). Kebanyakan pemain USATT, level mereka sekitar 200. (tmk: 300 sd 100 poin sistem USA. 1000 sd 2500 sistem ITTF)
Bagaimana bisa meninggikan level ? Yaitu dengan  memperbaiki (improve) semua bagian dalam permainanmu, karena satu kelemahan saja mempengaruhi permainanmu sama seperti satu kelemahan anak-rantai terhadapa seluruh kerja rantai.
Kamu harus bekerja keras, harus tampak jelas (dramatically) perbaikan pada satu aspek dalam permainanmu, itulah harapan menaik ke level berikutnya. Namun itu tidaklah sederhana. Andaikan kamu mengembangkan loop FH yang benar2 bagus, yang dengan senjata itu kamu akan berfikir bahwa levelmu akan meningkat sangat jelas. Memang benar, kamu akan tampak lebih baik ketika bermain dgn lawan selevel dgnmu.
Tetapi ketika kamu bermaindgn seorang pemain berlevel tinggi, yang level mereka cukup jauh di atas dari level mu, mereka akan mudah untuk mengalahkan (disarm) senjata terbarumu. Mereka kemungkinan melakukan serve atau push pendek, push sangat berat, bola2 penuh putaran (spin) atau serve cepat ke arahmu, menggunakan penempatan bola, blok dgn bagus, perubahan ke backhand yang kuat, bermain pukulan2 singkat, atau sengaja menyerang pertama tapi dgn ringan untuk kemudian menyambut senjatamu jauh dari meja (dalam kasus ini biasanya forehand loopmu yang sengaja diincar).
Seringkali, pemain2 yang lebih kuat akan kelihatan unggul pada salah satu kekuatannya, yang kenyataanya mereka menang dgn cara memanfaatkan (exploiting) satu bagian kelemahanmu dengan menerapkan kekuatan mereka (tmk: Kamu lemah bertahan dgn blok, lawanmu bagus pada drive topspin, maka lawan cukup bermain dgn cara selalu membuat drve topspin dgn harapan kamu memblok dan gagal). Satu kekuatanmu bisa mengkompensasi (mengurangi, menutupi, membayar) satu kelemahanmu, tetapi hanya pada yang tingkatan lebih luas. Seorang pemain yan lebih kuat akan secara sederhana mengatur (set up) kekuatannya dengan menyerang dibagian kelemahanmu.
Pelajaran untuk meningkatkan level, kamu harus memperbaiki gamemu secara keseluruhan, tidak hanya satu aspek saja. Seorang pemain yang levelnya lebih tinggi darimu jarang mengalahkanmu hanya pada bagian satu aspek dalam permainanya; dia mengalahkanmu dgn keseluruhan tingkatan permainannya. (tmk: pemain level tinggi memiliki semua aspek permainan yang lebih tinggi dari pemain level rendah; serve, return, third ball, dll yang lebih bagus. Bukan hanya servenya saja yang lebih bagus sementara return, third ball, dll sama dgn pemain level rendah).

(bersambung)

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s