Menaikkan Level 2/2


IMPROVING A LEVEL (REPRINTED FROM MAY/JUNE 1999 USATT MAGAZINE)

Sumber : http://www.usatt.org dari artikel ini.
By Larry Hodges

(sambungan)

There are, of course, players who have improved all but one aspect of their game, and, by improving that one final aspect, suddenly go up the coveted level!
Jadi bgmn cara kamu menaikkan levelmu ? Kamu harus memiliki kesesuaian dgn pemain level-tinggi dalam 5 hal :

  1. Kembalikan (return) semua serve lawanmu sebaik mereka mereturn servemu.
  2. Juga mampu rally secepat lawanmu lakukan, atau paksa lawanmu bermain rally dalam caramu (dengan memperlambat bentuk2 dgn push, loop lambat, drive yang terkontrol, dll). Melakukan rally dalam pace mereka bisa juga berarti bereaksi pada bentuk mereka (misalnya. Blok atau chop), karena “pace/bentuk” berarti kecepatan (speed) dan ketangkasan (quickness).
  3. Bereaksi terhadap rally berbagai spin2 lawanmu (loop2, push2, chop2, putaran2 oleh longpipe, etc) yang harus bisa kamu lakukan sebaik mereka bereaksi padamu.
  4. Akhiri perebutan poin (misalnya, dgn smash atau loop mematikan) sebaik lawanmu melakukannya kepadamu. Ini berarti juga beurusaha mencegah mereka melakukan ending poin yang efektif dan konsisten dgn tidak memberikan mereka pukulan2 yang mudah. Atau bisa berarti serangkaian pukulan kuat yang memenangkan poin.
  5. Terakhir, memiliki sekurang2nya satu kekuatan yang bisa mengancam lawan2mu dibanding banyak kekuatan lawan yang mengancammu. Ini termasuk memiliki cara untuk menerapkan satu kekuatan itu ke dalam permainan. (tmk: level-tinggi mempunyai kekuatan pada smash dan topspin, sdngkan level-rendah memiliki kekuatan smash. Maka level-rendah juga harus menguasai cara untuk bisa menghasilkan smash2nya.

Harus kamu catat bahwa taktik2 tidak termasuk satu dari lima “kunci” di atas. Tetapi taktik adalah bagian dalam lima kunci itu. Taktik yang lebih kuat atau lebih lemah secara mudah akan membuat kamu lebih kuat atau lebih lemah dalam tiap2 kunci diatas.
Jika kamu bisa melakukan beberpa kunci diatas (tetapi tidak semuanya), beberapa kinerjamu (performance) dalam satu turnamen akan meningkat, mungkin ½ tingkat. Mengembangkan satu kekuatan penakluk (overpowering) tidak akan meninggikan level keseluruahn mu seperti yang kamu pikirkan, karena lawan2 yang level-tinggi akan mengalahkanmu pada bagian yang kurang kamu kembangkankan (tmk: Misalnya seorang level-rendah melatih drive topspin dan cara bermain dgn topspin itu shg kemampuan topspinnya “menyamai” level-tinggi. Dalam permainan, seorang pemain level-tinggi yang menyadari kelebihan lawannya itu, akan MEMAKSA bermain pada sisi lain yang kurang dikembangkan oleh pemain level-rendah sepeti return, blok, chop, smash, dll. Dengan kata lain pemain level-tinggi tidak akan memberi kesempatan pemain level-rendah untuk memainkan drive topspin dan semua cara bermain yang mengarah pada topspin itu.)
Mana yang lebih kuat, sebuah rantai dgn 4 anak-rantai yang hebat tetapi 1 anak-rantai yang lemah, atau sebuah rantai dgn 5 anak-rantai yang memiliki kekuatan cukup dan merata ?

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s