Peningkatkan kemampuan, Berlatih dan mitra-latih 1/3


An effort, translate by TeeMKa from a source at masatenisi.org

On Improvement, Practice & Practice Partners
Peningkatkan kemampuan, Berlatih dan mitra-latih

‘I’m Not Improving’
‘Permainanku Tidak Meningkat’

Boris,
Saya bosan mendengar pemain2 yang sedih dan mengeluh, permainan mereka tidak meningkat. Mereka selalu mengeluhkan hal yang sama (padahal sesuatu yang mereka keluhkan adalah hal2 KELIRU dalam tenis meja), sementara hal2 yang BENAR mereka abaikan.
Berbagai hal tertentu yang banyak mempengaruhi peningkatan pemain:

1. Mereka memilih peralatan yang tidak sesuai. Semakin kencang peralatan, maka lebih lambat mereka belajar menguasainya.
2. Mereka berlatih fokus (drill) mirip ROBOT (robotic), latihan2 yang SEMBARANGAN (moronic) dan berlatih-tanding yang KONYOL (silly) dengan mental salah dan menyimpang (bias). Ketika berlatih memperbaiki kelemahan2, mereka berfokus HANYA pada aspek kekuatan/kelebihan2 yang dimiliki (tmk: berlatih topspin saja tanpa berlatih blok, blok, dan pendukung lainnya). Mereka bermain untuk mengejar kemenangan saat latih-tanding, tetapi tidak menggunakan kesempatan latih-tanding ini sbg latihan peningkatan diri.
3. Mereka memilih para mitra-berlatih yang salah dengan alasan yang salah. Seorang mitra bisa sesuai atau tidak sesuai karena alasan2 berbeda, seperti yang akan anda lihat berikut.

Artikel ini berfokus pada poin (2) dan (3) di atas.

Seperti yang kamu lihat, saya percaya bahwa peningkatan sangat bergantung pada tangung-jawab diri pemain. Ketika anda terbangun disatu pagi dan menyadari permainanmu buruk, saya punya tiga hal untuk diucapkan:

1. Itu kesalahanMU. Karenanya …
2. Anda PANTAS MENDAPAT SEPERTI ITU. Tapi jangan khawatir, karena …
3. Anda dapat melakukan … untuk MEMPERBAIKInya.

Jika ingin meningkat, sebagai ganti bertanya ‘mengapa permainanku tidak meningkat?’ anda harus tanyakan diri anda ‘mengapa harus aku perbaiki?’ dan (‘Apakah yang sedang saya lakukan akan membuatku meningkat?’ dan ‘Apakah yang sedang saya lakukan benar2 berhasil?’). Jika anda tidak meningkat oleh usaha2 anda sekarang, maka dalam sesi2 latihanmu pasti ada sesuatu yang KURANG (lack). Menghabiskan berjam-jam di meja (bermain dengan latihan drill) memungkinkan bisa membuat peningkatan, tetapi walaupun anda sudah punya suatu cara bermain yang bagus, anda tetap perlu banyak waktu berlatih untuk mencatat walaupun untuk perbaikan2 kecil. Di tingkat ini, anda perlu seorang mitra (atau pelatih) yang memaksa anda bermain pada level terbaikmu, dan untuk mengasah (polish) pukulan2 (stroke), cara mengatur kaki (footwork), taktik2 (tactics), apa saja.

Selain itu: menggunakan seorang mitra (hanya SEORANG) adalah tidak baik, kecuali jika ia seorang pemain yang sangat bagus. Apa yang benar2 anda butuhkan adalah SEORANG PARTNER dengan kemampuan LUAS (A WIDE SET) supaya anda bisa memukul apa saja bersamanya. Semakin berbeda gaya, peralatan, kepribadian, taktik, kekuatan2 & kelemahan2, hasilnya semakin baik. Anda harus FOKUS pada latihan: Meningkatkan sisi2 kelemahan adalah mudah dan cepat dibanding meningkatkan sisi kekuatan. Anda harus bekerja memperbaiki kelemahan2mu: Beberapa pemain tidak memiliki backhand, tapi forehand yang cantik –coba terka apa yang pernah mereka latih? mereka sudah menghabiskan (katakanlah) 4 jam / minggu hanya untuk perbaikan forehand. Padahal, jika mereka berlatih 2 jam BH dan 2 jam FH per minggu, mereka akan meningkatkan HAMPIR keseluruhan permainannya.

Ketidak-mampuan untuk bermain rally, untuk menangani (bermain melawan) longpips, short pipe, antispin, karet OX, spon terpisah (reglued sponge), untuk memperkuat sebuah pukulan ( seperti -banyak pemain yang bisa loop tapi tak bisa push), atau untuk berhasil mereturn serve ADALAH kelemahan besar yang dapat anda perbaiki dengan memilih partner yang tepat. Jika teman bermainmu selalu memberi anda BOLA2-MUDAH (candy) supaya anda bisa loop DENGAN MUDAH memang akan membuat anda meningkat, tetapi sangat sedikit pemain chopper dengan LP yang berbahaya, yang akan membuat chop dan bola BERACUN melayang padamu agar kamu bisa berlatih loop dan antisipasi lainnya. (tmk: Disinilah pentingnya partner).

Kemungkina anda mempunyai bbrp “kelemahan besar”, seperti lemah menanganani bola2-siku, tidak-mampu flip, atau tidak punya BH loop lambat. Semua kelemahan ini dapat diperbaiki oleh dril-dril yang spesifik, atau fokus pada rally (anda harus ingin menggunakan pukulan lemahmu ketika ada kesempatan -yaitu.: flip semua bola pendek untuk memperbaiki pukulan flipmu). Untuk meningkatkan setiap kemampuan all-round dgn baik(well rounded), agar stabil, saya sangat merekomendasikan bermain rally sbg ganti berlatih drill, karena ini mendekati pertandingan sebenarnya. Untuk mendapat keuntungan dari latihan rally, anda memerlukan seorang mitra yang bisa mengontrol permainan (play for control), sehingga memberi anda lebih dari yang anda mampu tangani: Seorang mitra well-round (tmk: pemain all-round yang bagus) yang dapat memainkan berbagai variasi putaran, push, blok dan loop (seperti Waldner) adalah suatu yang berharga (precious). Begitu anda menemukannya, anda harus mengatakan kepadanya masalah2 yang anda hadapi, maka ia akan ‘meramu’ latihan rally dengan ‘skenario2’ yang harus harus anda hadapi dalam berlatih. Jika ia seorang yang cerdas, anda tidak perlu banyak cerita kepadanyaanya, karena ia akan menemukan masalah2nya dengan cepat. Pemain2 defens (bertahan) maupun taktis juga dapat dijadikan mitra-berlatih yang baik.

Anda telah mengetahui apa saja poin kelemahan dan kekuatan anda. Juga mengetahui poin apa saja yang memberi anda banyak masalah. Jika anda tidak ingin menghadapinya, dan menolak (dengan berbagai alasan) untuk belajar menangani apasaja yang memberi anda banyak masalah, it’s FINE.
Anda boleh melakukan apa yang anda inginkan, dan berhak melakukannya. Hanya saja JANGAN MENGELUH bahwa permainan dan anda tidak meningkat.

Alright – now let’s pee on your beloved practice partners…
Baiklah – sekarang mari kita singkirkan (pee) para mitra-latihmu yang tersayang itu …

(bersambung)

2 thoughts on “Peningkatkan kemampuan, Berlatih dan mitra-latih 1/3

  1. Salam kenal dari batam suhu…. salam olahraga, olahrasa, olah pikir… saya sudah banyak membaca postingan suhu di situs blog/Web ini maupun di forum TMM dan semuanya sangat bermanfaat dan sangat edukatif… satu pertanyaan yang membuat saya tertarik untuk menanyakan langsung ke suhu yakni tentang “tehnik 6 titik bola” yang suhu pernah bahas di web/blog ini maupun di forum TMM… bisakah suhu menjelaskan tentang 6 titik bola ini secara rinci? Dan bagaimana mengaplikasikannya ke dalam game kita?… terima kasih sebelumnya.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s