Bermain dengan pemain yang lebih lemah dan kuat.


PLAY BOTH WEAKER AND STRONGER PLAYERS
By Dr. Ping Pong

Sumbernya:

Banyak pemain yang ingin memperbaiki diri membuat kesalahan dengan mencoba bermain dengan pemain2 yang kebanyakan lebih kuat darinya. Hasilnya adalah lawan yang mengontrol permainan, dan dia hanya bermain reaktif terhadap pukulan2 pemain kuat itu, atau membuat pukulan2 liar yang tak terkendali. Seorang pemain memang bisa meningkat berkembang dengan cara seperti ini (tmk: bermain lawan lebih kuat), tetapi akan sangat sulit mengembangkan pukulan2 baru atau mempelajari bagaimana cara menerapkan pukulan baru ke dalam situasi permainan.

Michelle Do's Backhand Loop
Michelle Do's Backhand Loop

Jika kamu sedang memperbaiki permainanmu, kamu biasanya menguji-coba pukulan2 terbaru yang sedang kamu kembangkan dan juga menguji-coba kombinasi2 dan strategi2 terbaru. Kamu tak akan tahu caranya bgmana pukulan2 baru, kombinasi atau strategi bisa berhasil selama bermain dengan pemain lebih kuat, dimana mereka dgn mudah mengumpulkan poin sementara kamu sedang mencoba2 sesuatu yang baru yang belum begitu nyaman bagimu.

Sebagai ganti kesulitan2 diatas (yakni tak berkembang jika bermain dgn pemain-kuat), uji-cobalah hal2 baru dengan cara melawan pemain lebih-lemah dibanding kamu. Kembangkan hal2 baru itu ketika melawan pemain2 lemah, dalam satu kondisi dimana kamu bisa lebih baik mengontrol permainan (dibanding melawan pemain-kuat), dan kamu bisa menilai apakah hal2 baru itu berhasil baik. Jangan khawatir dgn menang dan kalah – ini hanya latihan – memang bisa dipastikan akan sering kalah ketika mencoba hal2 baru, walaupun melawan pemain-lemah. (Bayangkan mana yang lebih merugikanmu, kalah dgn pemain kuat tapi tak berkembang, atau kalah dgn pemain-lemah tapi bisa berkembang). Ketika tehnik terbarumu mulai berhasil melawan pemain lemah, sekarang saatnya untuk mencoba hal2 baru itu melawan pemain-seimbang dan pemain-lebih kuat.

Contoh: Andaikan kamu ingin mengembangkan pukulan loop melawan backspin. Cara terbaik melakukannya adalah :
1.    buatlah serve backspin,
2.    kemudian lawan mereturn dgn push,
3.    dan berikan loop thd push lawan tadi.
Seorang pemain-kuat boleh jadi melakukan flip thd servemu (tmk: flip = pukulan kibas, menyerang bola pendek diatas meja), atau membuat push pendek, atau push cepat ke sudut, atau push sangat berat – akibatnya kamu tidak bisa mengembangkan pukulan loopmu dengan baik.
Tetapi, seorang pemain-lemah sering akan memberimu bola2 mudah yang bisa kamu loop, inilah yang kamu butuhkan selama uji-coba sampai loopmu benar2 berhasil berkembang. Kamu harus belajar cara mengembangkan pukulan dan insting, juga cara meningkatkannya, dll. Ketika kamu berhasil melakukannya melawan pemain-lemah, sekarang saatnya untuk uji-coba melawan persaingan yang lebih berat.

4 thoughts on “Bermain dengan pemain yang lebih lemah dan kuat.

    1. Tulisan diatas ditulis oleh seorang praktisi.

      Tetapi, komentar tmk adalah seperti berikut:
      Sebut saja rating Pemain A = 1000, Pemain B = 850, Pemain C = 500. Kita sebut saja Pemain C adalah benar2 pemula.

      Semuanya tergantung keperluan Pemain A:
      1. Bermain dengan Pemain B untuk keperluan mendalami tehnik2 terbaik, misalnya topspin dan blok. Untuk mendalami topspin maka mode bermain adalah serve atau berikan bola yang membuat pemain B membalas dengan push atau chop.
      untuk melatih blok, maka berikan bola2 push atau chop dgn kadar yang sanggup dikembalikan Pemain B. Selanjutnya, tambahkan tingkatkan efek2 dalam topspin, ie. eksekusi singkat, kurva tinggi, kurva panjang, kadar spin, kombinasi spin+speed, penempatan dekat/tengah/ujung meja, dstnya buat formula sendiri untuk ciri khas.
      2. Bermain dengan Pemain C untuk keperluan memulai tehnik baru yang tidak tidak bisa diterapkan bila bermain dgn Pemain B, karena akan mempersulit penguasaan tehnik baru itu, misalnya mengubah pola footwork, mengubah atau menambahkan irama baru. Berikan bola apa saja dengan kadar yang sanggup dikembalikan Pemain B, kemudian berlatihlah kedua hal tadi.
      3. Siapapun boleh diajak bermain, dan dengan tujuan peningkatan tehnik tertentu, memang faktor prestasi, rekreasi, entertainment adalah bagian lain yang harus di seimbangkan.

      Mudah2an menginspirasi.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s