Para Pemain Kidal


LEFTYS
By Carl Danner

Sumbernya:

Para pemain-kidal lebih banyak bermain dengan pamain-kanan, tetapi pemain kanan bermain relatif sedikit dengan pemain-kidal. Ini terlihat tak adil, disebabkan kenyataan jumlah pemain kidal dan kanan yang memang tidak berimbang. Coba pikir kenapa ?
Untuk kedua pemain ketika dalam pertandingan kanan vs kidal, situasi itu mirip seperti permainan di depan bayangan-cermin, ada dua hal yang penting.

ma_lin032006
Pertama, kebanyakan pukulan yang anda perlukan adalah lebih banyak mengarahkan pada sudut lurus (staright) dibanding menyilang (crosscourt), khususnya ketika bermain backhand ke backhand lawan. (tmk: Saat situasi cermin, dari backhnadmu mengarahkan bola ke backhandnya, maka arah bola adalah straight). Banyak pemain-kanan melupakan hal ini, dimana instingnya hanya tersetting bermain dengan counter backhand dan blok ke arah datangnya bola ketika pemain-kidal melakukan forehand. (tmk: Dengan seeting ini, pemain-kanan tak saja dirugikan karena hanya memberikan bola2 nyaman ke arah forehand pemain-kidal yang dengan bebas mengakhiri poin (ending) kemenangan untuknya).
Kedua, anda harus menyiapkan berbagai bentuk sidespin dibanding dari yang biasa dipakai utnuk melawan sesams pemain-kanan. Catatan, Saya katakan berbagai bentuk spin bukan kadar spin2, karena pemain kidal mempnyai sidespin yang sama dengan bakchandnya pemain kanan – lebih banyak ragam sidepsin (tmk: Biasanya pukulan backhand yang dipukul cross akan menghasilkan left-sidespin, yaitu bola berputar dari kanan ke kiri dengan curva cembung ke kanan. “Berbagai bentuk sidespin”, berarti dgn pukulan yang sama yaitu backhand crosscourt BISA juga menghasilkan bola berputar dari kiri kekanan dgn kurva cekung ke kanan, dan bahkan varisi2 lainnya). Berfikirlah dengan bentuk seperti itu, dan selalu memberi putaran bola yang kuat (extraspin).

Selama pengumpulan poin, saran saya untuk kedua pemain (kanan, atau kidal) mempertimbangkan suatu pendekatan sederhana:
Bermain bertahan arah menyilang ke backhand, dan bermain menyerang menyilang ke forehand. Untuk pukulan return serve, push keras, dan blok2, dilakukan menyilang ke backhand akan membatasi gerakan lawanmu dan memaksa mereka menjadi bermain menyilang ke forehand. Ide2 trsbt akan berhasil bagus.
Pilihan lain untuk kedua pemain, ketika kamu sedang menyerang, pukulan ke forehand lebar akan merebut poin, tetapi khususnya backhand – dimana kamu bisa mengambil bola lebih awal (early) dari atas meja, kamu bisa bebas bermain mengarahkan pukulan ke sudut lawanmu.
Masalah taktik bermain untuk kedua pemain adalah sama yaitu mirip pertandingan di depan cermin. Dan pemain-kidal lebih sering bertemu melawan pemain-kanan.

6 thoughts on “Para Pemain Kidal

    1. Kebanyakan pemain bintik memasangnya disisi BH mereka, akibatnya lawan menjadi familiar dan persiapan dgn taktik2nya.
      Tapi bgmn jika bintik dimainkan di FH, atau bermain twidling (bolak-balik raket), apalagi jika dilakukan tanpa disadari lawan ? Pasti merepotkan taktik lawan dan membuat lawan tidak bisa bermain agresif, kemudian pemain bintik dpt menyerang dgn cepat.

      Bintik pendek, panjang BEREAKSi bagus thdp bola2 spin krn sifatnya yg menggigit bola dgn pipenya. Bintik selalu mengandalkan spin/power dari bola lawan yg datang, maka :
      – tahan diam bola topspin dgn menyesuaikan sudut raket.
      – tahan sambil menarik kebelakang, mendorong ke depan, geser kesamping thd bola datang yang laju.
      – kombinasi keduanya.
      – bila sanggup membaca bola serve itu, coba bermain defence dgn longcut dan longpipe atau step around ke sisi BH dan serang dg FH.
      – dengan bintik pendek, dorong keras (hard push) saja dgn penempatan dan tempo yang tidak didikte lawan.

      + Semuanya tergantung kemampuan membaca serve lawan. Semakin cepat terbaca semakin baik.

      Demikian sedikit teori.

  1. Kret bintik serang yg pling bgs utk backhand apa y ?
    n kret utk pmain tipe spin gantung pling bgus apa y ?

    truz utk lem cmpuran toulen, cra ngelem pling bnr gmna y ? n btuh brapa mnit utk lem itu mngering ?

    Uhm ada g lem yg pke bhn kmia yg g brbhya ? klw ada kse tw donk, bhanx !

    Blz d chalysantana@emo.com

  2. Bintik serang paling bagus,
    Karet apa saja asalnya serangan dilakukan pada syarat yang tepat ditambah kemampuan bh pemain yg bagus.

    Untuk spin gantung,
    Karet2 dgn spon keras, topsheet yang lengket, ditambah tehnik yang matang, serta taktik permainan yg tepat diterapkan. Tapi memrlukan blade yang sesuai juga.
    Jika lawan lebih cepat bergerak n eksekusi, tepat membaca lawannya sdng membuat spin gantung itu, hasilnya bisa ditebak.

    Tentang lem.
    http://www.forumtenismeja.com/forum/showthread.php?s=afde7071cee1bb57c53bc763a5e0e556&t=163

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s