Penempatan Bola


BALL PLACEMENT
By Larry Hodges, USATT Certified National Coach
Reprinted from the February, 1997 issue of Table Tennis Talk

Sumber: http://www.usatt.org

Kapanpun kamu berlatih, selalu tempatkanlah bola dgn penempatan seolah dalam pertandingan sebenarnya. Karena apa yang kamu lakukan saat berlatih, itu yang akan terjadi di dalam pertandingan. Tetapi kemana seharusnya penempatan bolamu ?

Sekarang, mari kita contohkan sebuah rally dgn fast-topspin (tmk: topspin yg waktu ayunan eksekusinya singkat) atau counter-driving (tmk: pukulan drive yg bersifat membalas pukulan drive dari lawan).
Dalam kasus itu, banyak pemain-pemula dan menengah menempatkan bola pada dua titik (spot) meja : yaitu pertengahan backhand, dan pertengahan forehand.
Sedangkan para pemain-atas menempatkan bola pada tiga titik: sudut melebar di backhand (wide backhand), sudut melebar di forehand (wide forehand), dan pertengahan (midle).

Jika penempatanmu ke area pertengahan FH atau BH, sementara lawanmu tidak bergerak ataupun menjangkau bola tsb, maka dia tidak akan menghasilkan rata2 pukulan yang kuat.

Penempatan ke area pertengahan adalah penempatan permainan yang licik karena bagian tengah merupakan bagian meja yang berbeda sesuai posisi tubuh lawan terhadap meja. Pertengahan lawan, secara umum adalah siku pemegang raketnya, yaitu titik tengah antara FH dan BHnya.
Ketika kamu menempatkan bola secara agresif kesana, lawanmu harus:

  1. Memutuskan apakah bermain dgn FH ataupun BH.
  2. Bergerak.

Inilah “kesulitan-ganda (double-whammy), dimana pukulan keras ke midle sering lebih bagus dibanding ke sudut-sudut. (Penempatan ke midle, bbrp pemain menyukai menempatkan agak sedikit ke FH atau BH, jadi “midle” berarti sedikit ke sisi siku.

Kebiasan sangat buruk dari kebanyakan pemain adalah menempatkan bola ke pertengahan meja BH atau FH ketika berlatih drill (tmk: drill = latihan yang berfokus pada 1 bagian saja, misalnya latihan loop melawan backspin), dan tidak pernah melatih pukulan2 ke arah midle yang berubah sesuai posisi tubuh lawan. Saya katakan lagi: apa yang kamu lakukan dalam latihan akan terbawa dalam pertandingan. Ubahlah cara berlatih sepert itu, agar ratingmu meningkat !

Bahasan yang berhubungan: bagaimana kamu mengembalikan pukulan2 yang diarahkan ke midlemu ? jika kamu memiliki footwork yang bagus dan FH yang bagus, kamu sebisa mungkin akan bermain FH. (Dan sangat jarang pemain dengan backhand bagus bermain dengan backhandnya).
Aturan umum akan seperti ini: Jika kamu pemain dekat meja atau tidak sempat bergerak saat rally, gunakanlah backhandmu; jika kamu jauh dari meja, atau sangat sempat bergerak, mainkan forehandmu. Ketika bermain FH, ingatlah untuk bergerak menjauhi bola datang agar memiliki daerah pukulan yang bagus.

Iklan

14 comments

  1. Salam olahraga,
    Lama tak membuat post baru, bro ?

    Nih saya pancing dengan satu pertanyaan,
    Jadi penempatan bola terbaik yang dapat merebut poin baik langsung maupun berikutnya, yang bagaimana ?

    • Penempatan terbaik yang akan diberikan, itu tergantung KEADAAN lawan.
      Jadi,
      1. Baca lawan, blind spot (titik lemah) ada dimana?
      2. Eksekusi yang MEMATIKAN dari blindspot #1.

      Misalnya:
      0. Kita sengaja membuat serve panjang, cross to wide bh agak ke dalam krn tahu lawan tidak kuat bh attack.
      1. Lawan bergerak ke samping BH, dan melakukan FH loop yg tidak bisa dihindari dia menempatkan kembali cross ke BH server.
      2. Goal. Bergerak ke BH juga untuk melakukan fast counter FH loop tapi arah straight dgn placement tengah meja.

    • Kira2 memang begitu.
      Seorang penholder attacker cenderung bermain di sisi BH dan kesulitan di FH jauh setelah ia memukul di sisi meja BH ataupun dgn BHnya.
      Jadi blindspotnya adalah “sisi FH jauh setelah dia memukul BH”, nah dalam permainan, lawannya akan menggunakan mode bermain spt ini utk mengekpoit kelemahan penholder ini. Kalaupun FH jauhnya berhasil dikembalikan, maka blidspotnya menjadi di sisi meja BH pendek.
      Ini baru ekploit placement dan direction, belum properti lainnya, spt: speed, spin, power, curve, length, etc.

  2. Bravo tenis mania…

    Kerepotan saat harus bolak balik depan belakang samping kiri dan kanan …. pergantian langkah yang efektinya seperti apa ? change steps yang efektif

    • Salam olahraga,

      Selain faktor fisik yg mencukupi, grip yang sudah tepat, Semua bagian berikut harus memiliki hitungan masing2:

      1. Terbang bola di atas meja, setidaknya ada 6 titik puncak untuk satu periode sejak dimulai pukulan sampai bola kembali lagi dan siap dipukul untuk periode berikutnya.

      2. Mekanisme pukulan juga memiliki hitungan tersendiri: dimulai dari pukulan terakhir yang terencana dan terukur, melihat lawan, melihat bola akan kembali, bergerak step n jump ke titik bola akan datang, rencana pukulan yang tetap untuk diterapkan, stance dua kaki untuk FH atau BH atau Midle, Backswing, End backswing, Mulai Foreswing, kontak raket bola, follow trough, release power, back to ready stance.

      3. Gerakan langkah (steps) dari lawan selama 1 periode pukulan, setidaknya lawan bergerak horizantal (steps) dan bergeraj vertikal (jump) dalam mensikronisasi tubuhnya dan kurva terbang bola. Tubuh yang sinkron dgn bola berarti menyiapkan tubuh secara sempurna untuk siap dipukulan berikutnya tanpa terlambat atau bahkan gagal.

      4. Gunakan hitungan 4/4, 3/4, 2/4, 7/8 atau kombinasi semuanya baik dalam 1 poin maupun dalam 1 rally.

      Thats all the clue, you have a home jobs to its visualization.

  3. Dear pinpong mania,

    program fisik yang bagaimana untuk meningkatkan daya pukulan saat bet kena dengan bola, maksudnya putaran bola -nya,

    bila program dengan bet besi bagaimana cara exercise-nya,

    thanks
    HT’s

    • Dear pingpong,

      Ada bbrp hal yang masih perlu diobservasi dan dikembangkan:
      1. Lingkungan, udara sekitar
      2. Bola = masih baru dan matt
      3. Raket = rubber, blade, glue
      4. Grip
      5. Otot2 tangan
      6. Kinerja persendian tubuh = jari, pergelangan, siku, bahu, pinggang, lutut, gelang kaki, jari kaki
      7. Tumpuan = semakin berat dan kokoh tapi ringan dalam gerak
      8. Sepatu

      Bet besi, menurut tmk tidak baik karena dapat membuat otot2 menjadi kaku dan merusak feel. KArena diperlukan kelenturan dan feel yang sensitif.
      Bet besi hanya digunakan utk pemain pemula2 yang benar baru belajar memegang raket dan berlatih mengayun pukulan, karena memerlukan tangan dan tubuh yang konsisten untuk pembentukan dasar dari otot2.
      Setelah pemain sudah pd tingkat kecukupan tertentu (sanggup memukul dengan benar) maka bet besi jangan lagi dipakai, dan biarkan secara alami otot2 tubuh berkembang.

  4. Tenis Meja merupakan cabang olah raga yang komplek dan memerlukan tingkat kecerdasan yang tinggi, hal ini didasari dari kecepatan pergerakan bola, bentuk putaran bola dan sudut pantul bola, selain itu juga kita harus mengerti hukum-hukum fisika dalam melakukan pukulan shg pukulan yg di hasilkan akan maksimal………..

    • Salam olahraga,

      Wow super untuk semua PERNYATAAN di atas.

      – Olahraga komplek krn selain TUBUH untuk bergerak juga memerlukan OTAK untuk berfikir dan HATI untuk merasa dalam keputusan tindakan cepat di atas lapangan.
      – Tingkat kecerdasan yang tinggi krn kecerdasan yang rata2 yang dimiliki banyak orang tetap saja dikalahkan oleh sedikit orang yang cerdas di atas rata2.
      – Hukum fisika diperlukan untuk analisis tehnis matematis oleh pelatih dan pemain untuk mengoptimalkan segala aspek. Memindahkan batu dengan tuas adalah lebih sederhana dibanding dgn tangan langsung.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s