Backhand = kebalikan forehand


Bagaimana cara meningkatkan kualitas backhand, terutama backhand loop yang saat ini tidak konsisten

Bermain backhand, maka otak kiri dan kanan sudah seimbang. Ditambah:
1. Grip yang tepat utk bermain dua sayap, jika belum tepat maka pukulan menjadi tidak konsisten. Kuat diFH tapi bola berikutnya mati diBH atau sebaliknya. Atau FHBH sudah kuat, tapi di MiddleHand menjadi kacau, yg terakhir ini bukan mslh grip tapi FW.
2. FW utk FH = dimulai kaki kiri, shift ke kaki kanan. Sedang FW utk BH = dimulai kaki kanan shift ke kaki kiri, walaupun utk pukulan BH ringan dan singkat tetap bisa menggunakn FWnya FH tadi.
3. Sinkronisasi yang tepat antara gerakan lawan + 6 titik pantulan bola dengan mekanisme gerakan yang akan dilakukan, yaitu kepastian kemana bola akan datang keFH atau keBH atau keMH kemudian lanjut dgn FW yang sesuai dgn perkiraan arah bola tadi.
4. Tentang raket.
a. Utk loop diperlukan blade yg tidak reaksi cepat tapi dwell time lama, dgn karet lengket jika SANGGUP melakukan tehnik ayunan pukulan dgn kecepatan(V) dan percepatan(a) yang bagus, jika tidak gunakan karet yang soft saja agar bola spin dapat ditangkap ke dalam blade, tetapi akan kesulitan dgn bola2 less spin.
b. Jika tinggi tubuh tidak memadai (berkisar 160cm), akan kesulitan jika memakai karet dgn lowthrow, krn raket harus JAUH kedepan dari tubuh agar CUKUP memciptakan sebuah pukulan. Apalagi jika di sisi BH.

5. Ada DUA macam cara memukul BH.
1. Mid Body BH.
Bentuk kaki sama persisi dgn pukulan FH yaitu kaki kiri di depan kaki kanan, demkian juga shiftweightnya. Pukulan ini dilakukan dimulai dengan gerakan raket dari arah perut di dorong ke depan atau ke kanan mengarah ki sisi BH lawan, contoh ketika: blok, push, chop

2. Full Left Body BH
Bentuk kaki KEBALIKAN dari FH, yaitu kaki kiri di belakang kaki kanan, demikian juga shiftweightnya. Pukulan dilakukan dengan backswing di samping kiri tubuh, kemudian foreswing, followtrought, release to normal. Misalnya pukulan: Loop, smash, long cut.

Thats all an idea.

3 thoughts on “Backhand = kebalikan forehand

  1. Wah met kenal nih ikutan nimbrung,baru belajar pimpong tertarik dengan terori2 nya tolong ung dilngkapi mis cara memilih raket ciri2 nya dan kegunaanya.,ciri2 beda karet,bintik,polos,spin dll pokonya yang lengkaplah triaksih bro.salam olah raga………..

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s