Tulis Pesan

Peralatan

Berlatih

Alamat PTM, Berlatih

Bebas

+ Panduan Blog

+ Lain2

Saat ini ada 3 tingkatan pengguna yang bisa menulisi blog TeeMKa.

  1. Pemilik, mengadmin weblog
  2. Contributor, dia terdaftar oleh Pemilik. Dia bisa membuat sebarang Tulisan (Post) dan namanya langsung tercantum sebagai penulis dari Tulisan tersebut. Untuk menjadi Contributor: 1. Memiliki weblog wordpress.com, 2. Nama emailnya yang terdaftar di weblog tadi, ditambahkan ke dalam daftar pengguna weblog ini oleh admin tenismejakita.
  3. Pengunjung, bisa menulis komentar di setiap Tulisan. Setiap komentar terkini akan berada di widget Ping n Pong (Last Comment)

96 thoughts on “Tulis Pesan

  1. ohh.. bener jg . tahun lalu, november 2011 sya ikut UNHAS cup se indonesia timur. alhamdulillah sya dpt juara 1. dan itu pertama kalinya sya juara indonesia timur. sebelumnya, sya sempat 2 kali mengikuti kejuaraan di makassar. pertama, saat itu saya masih terasa tegang dan belum bisa lolos pool. pertandingan kedua, alhamdilillah sya lolos 8 besar . dan berkat latihan terus menerus, akhirnya sya juara 1 di unhas cup pada nmr kadet . yahh, benar jg . memang UB open adalah pertandingan nasional pertama sya . mungkin pertandingan nasional ke 2, 3 atau 4 sya bisa juara di nasional. sya harus lebih giat lagi latihan (y) .

    Terima Kasih . akhirnya sya sdh menemukan jalan yg tepat.

    1. Well, itu sebuah prestasi yang bagus.

      Menurutmu, apa saja kekuranganmu sehingga harus membuat program ke depan agar kemampuanmu lebih meningkat?

  2. menurut sya, kekurangan, mmmm .. pelatihhh . . aku gak punya pelatih tetapp . itulah kekurangan sya.. yahh, harus berusaha meskipun tanpa pelatihh -,- . teman sparring jg kurangg . ada sihh, tpi yaa gituu dehh.. cara2 latihan fisik sya sdh tahu . tpi lthn tehnik yg sya gak tauu .. -,- .

    1. Perlunya pelatih:
      – teman berbagi. ini diperlukan utk kesehatan mental.
      – sbg feeder (pemberi) bola saat berlatih drill (latihan fokus pd satu aspek scr berulang) dgn bola banyak.
      – membantu menjalankan program latihan dgn target2, tercapai, terukur, tampak hasil.
      – tidak harus pelatih hebat.

      Latihan fisik seperti apa yg sudah FM ketahui dan terapkan selama ini?

    1. Kedengarannya bagus, FM sudah menerapkan latihan bola banyak dan footwork.
      Tanpa pelatih tetap, tentu latihan bola banyak mengalami hambatan, sementara latihan ini harus rutin dilakukan utk menjaga konsistensi kualitas pukulan seperti speed, akurasi, dan development.

      Lihat saja, pemain top dunia Ma Lin, bagaimana dia melakukan bola banyak? Perhatikan juga bgmn feeder? Apa sebetulnya yg sdg mereka latih, apa hanya sekedar sidestep footwork dan menepuk bola?

      Footwork secara parsial memang tidak memerlukan pelatih maupun sparing, tapi utk latihan integrasi dgn tehnik dan penerapan taktik, serta rencana2 taktik, latihan footwork tetap mememrlukan sparing yg bergerak di seberang meja dalam latihan-tanding.

      Sedikit usulan dalam mencari seorang pelatih, sparing, feeder utk bola banyak:
      – cari pemain olahraga tidak mesti dari kalangan petenis meja, bisa dari badminton, tenis lapangan, billyard, atau guru olahraga, yang digunakan sbg feeder (pemberi) bola saat berlatih bola-banyak. Pertama2 FM harus mengajarkan kpd mereka cara melakukan feeder.
      – utk pengembangan tehnik baru, FM bisa mencari di internet, buku, artikel maupun konsultasi scr tulisan kpd para pendahulu kmd menerapkannya dgn latihan bola banyak.
      – Tehnik baru termasuk didalamnya adalah memperluas range dari tehnik yg sudah ada, seperti pukulan topspin bisa diperkaya dgn latihan topsin diatas-meja, diujung-meja, jauh-meja begitu juga flick, smash, chop. Memperkaya bola spin dgn latihan spin lambat, spin sedang, spin kencang, no-spin tapi kelihatan spin. Spin dgn kurva tinggi, sedang,panjang. dst

  3. oh . nice info . terima kasih atas saran anda . tpi, pelatih yg agak tetap sya ini( sebut sja Roni) . sya bingung dengan cara dia melatih . apakah itu betul atau kurang betul . ya sya maklumi, memang pengetahuan dia melatih kurang sempurna. kayaknya dia masih perlu belajar . begini . cara dia melatih :

    => peratama, sya di suruh jogging selama 5 menit . setelah itu langsung melakukan strecing/peregangan otot. dan setelah itu, sya di suruh footwork. dan setelah footwork, pemanasan atau pukul bola . yg dilakukan ada forehand. dan itu di lakukan selama 5 menit dan langsung melakukan bola banyak… pertanyaan sya, Apakah cara melatih Roni itu salah ?. mohon penjelasannya ..

    mohon maaf kalau cara sya berbicara kurang dimengerti . maklumm, sya org sulawesi, logatnya kental, jdi gak terlalu tahu bahasa indonesia baku .πŸ™‚

    1. Tidak ada yg salah dgn pelatih anda, itu hanya kebiasaan masing2 pelatih dgn kebijakan yg relatif trhdp kondisi atlit di saat tertentu.
      Namun yg terpenting adalah jadwal dan target latihan yang sudah diprogram.

      Kalau boleh tahu, siapa petenis dunia yg ingin FM tiru dan apa alasannya?

  4. mm . Zhang JiKe .πŸ™‚ alasannyaa, mmmm.. cara dia mengambil bola itu sangat tenang atau terkontrol . dan satu lagi, gaya serve nya itu sya suka .πŸ™‚

    1. TeeMKa juga menyenangi ZJ karena bermain dgn pukulan-singkat, permaian rely yg cepat dan tubuhnya proporsional. Dengan memainkan tempo-permainan yang sedikit tergesa-gesa.πŸ˜‰

      Alasan FM “krn ZJ mereturn dgn tenang dan terkontrol ” adalah kurang tepat itu hanya emosional saja. Sebenarnya semua pemain top dunia, memiliki return yg tenang, terkontrol, menyulitkan lawan bahkan mematikan, bersifat menyerang server. Adalah hasil dri latihan dgn pelatih yg mampu mereplika (mengcopy) setiap serve kelas dunia, kmd menerapkannya dalam jadwal dan target latihan.

      Jika FM ingin meniru ZJ, maka:
      1. Apakah memiliki tubuh yg proporsional? Jika belum, apakah sedang menyiapkannya?
      2. Apakah metode pelatihan sudah mengarah kpd gaya ZJ ?
      3. Bagaimana dgn peralatan, teman sparing, pengalaman tanding?

      AFAIK,
      Tubuh yg semakin menyamai ZJ, maka FM akan semakin mirip dgnnya dlm gaya-main, tentunya juga didukung kecerdasan IQ (Intelegence Quotion), EQ (Emotional), SQ (Spiritual).
      Tubuh > Panjang langkah kaki (Footwork Pattern) > Panjang Jangkauan Tangan (Stroke Path) > Gaya ZJ.

  5. oh gituu . kalau utk saat ini, gaya serve hampir miripπŸ˜€ . ada yg mau sy tanyakan… misalnya, kalau pelatih sya tdk ada(dalam lthn), apa yg harus sy lakukan.? apakah lthn fisik?

    1. Saat tidak ada pelatih.
      Jawaban terbaik adalah disiplin pada program latihan yg sudah disusun sebelumnya.

      Sbg alternatif, adalah melatih semua aspek dlm tenis meja:
      1. Penguasaan Equipment; mempelajari kekuatan kekurangan karakteristik eqp miliki sendiri dan lawan
      2. Fisik; kecepatan, kelenturan, power, endurance
      3. Teknik secara parsial (terpisah)
      4. Taktik secara integral (menyatu) dgn teknik footwork, strategi dalam tournamen
      5. Mental
      6. Opponent Scouting (mempelajari mengintip karakteristik lawan di luar meja tanding)
      7.

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s