PUSH EFFECTIVELY

By Dr. Ping Pong, http://www.usatt.org

Selain tingkat gerakan (pace) dalam permainan, perbedaan terbesar antara seorang pemain top dan rata2 dalam tournament adalah seringnya mereka melakukan push. Pemain top tidak mempush untuk menjaga bola dalam permainan, tetapi dia push dengan maksud memenangkan poin.

Bagaimana dia melakukannya ? Dia melakukannya dengan push efektif agar lawan tidak memiliki bola mudah untuk diserang. Lawan terpaksa menyerang lemah atau bahkan tidak teratur, atau terpaksa melakukan push mudah lagi – yang berpotensi memberikan sebuah bola mudah untuk diserang, jika push itu tidak efectif. Bagaimana seorang pemain top melakukan push efektif ?

Ada empat perbedaan push yang dilakukan pemain top dan dibawah rata2:

  1. Push yang rendah dan teratur (konsisten)
  2. Push singkat setelah bola memantul (off the bunce), agar lawan tidak sempat bereaksi.
  3. Push dengan penempatan bagus, biasanya melebar ke backhand, dengan kadang2 push singkat (quick push) ke forehand.
  4. Pemain top bisa membuat push panjang dan pendek.

Secara umum,

Poin #1 mudah dilatihkan.

Poin #2 terdapat masalah tehnis – kebanyakan pemain melakukan push pada saat bola jatuh (drop), seperti pemain pemula pelajari. Jika kamu ingin memiliki push tingkat lanjutan ini, kamu harus melakukan push singkat saat bola off the bounce. (Kamu boleh saja mengambil bola lebih lama setelah off the bounce sebagai variasi), atau jika kamu mencoba benar membuat backspin berat).

Poin #3 adalah kebiasaan mudah untuk dikembangkan dengan banyak latihan.

Poin #4 adalah lebih sukar dipelajari, karena push yang singkat memerlukan ketelitian sentuhan (quite a bit of touch). Kamu harus memulai mengmebangkan kebiasan ini sekarang jika berencana menggunakannya suatu hari kelak.

Sudahkah kamu berlatih push yangbanyak saat ini ? Saya kira tidak !