guk2, di/pada Juli 5th, 2008 pada 9:48 Dikatakan:

mas, kalo untuk tipe kanan serang (offensive) kiri tahan semi serang (BH nya suka nyemesh tp ybutuh yg kontrolnya bagus ga perlu kenceng) enaknya pake kayu dan karet apa? klo kayu sardius FH Bryce Speed n BH Srifer FX cocok nda? cepet ya, mumpung blm beli. thks

Begini, TeeMKa batasi dulu:
1. Pemain terlatih = seperti atlit, spare partner, pelatih, analis dan jajarannya.
2. Pemain tak terlatih
3. Pemain rekreasi = para pekerja, profesional, dimana olahraga untuk kesehatan, hiburan, interaksi sosial, dll, namun punya kemauan bermain bagus dengan sedikit2 berlatih dan mengetahui teori2.

Dari tulisan2 di weblog ini, dapat disimpulkan:
1. Berlatih memerlukan tahapan2 (dasar, lanjutan, special), dan tiap tahapan memerlukan peralatan berbeda2 sifatnya (speed, kontrol, feel, special).
2. Pemain top profesional TIDAK menggunakan raket dengan speed paling kencang yang ada di toko.

Sebagai pemain rekreasi yang ke depannya mempunyai waktu, tenaga, biaya untuk berlatih meningkatkan kemampuan tenis meja, sebaiknya pilih peralatan secara bertahap juga.
1. Baru bermain dan berlatih = Speed rendah, Kontrol tinggi, feel soft = untuk memahami bagaimana sifat alat2 itu berkerja
2. Lanjutan = speed lebih tinggi, kontrol tinggi, feel medium = untuk memperluas pemahaman perbedaan sifat2 alat
3. Special = speed bebas, kontrol bebas, feel bebas = untuk menggunakan sifat2 alat tertentu yang diterapkan pada gaya tertentu dengan keahlian khusus

Merk yang saudara sebut di atas berada pada top rank pada grafik perbandingan, biasa dipakai para pemain rekreasi karena nyaman dipakai, “mudah’ digunakan pada satu type permainan saat berhadapan dengan satu kelas peralatan (semua pemain klub itu memakai peralatan sejenis, blade karbon, karet inverted Eropa, speed glue, tidak ada LongPiper yang bola2nya tidak sama).

+ GRIP cara memegang raket juga mempengaruhi, kenyamanan, kecocokan, kemampuan, dan kepuasan si pemakai. D

+ Jika ini peralatan pertama yang akan saudara beli, sebaiknya pertimbangkan APAKAH ada kesempatan waktu dan orang yg akan membimbing dalam menguasainya kelak ? Jika tidak, beberapa minggu ke depan saudara mengeluh dan mencari alat baru.

+ Jika ini peralatan kesekian kali dan saudara belum mendapatkan peralatan yang nyaman dan cocok, sebaiknya pertimbangkan untuk berlatih dasar dgn pelatih, memahami cara kerja raket dan cara menerapkannya dalam gaya, dan gunakan peralatan yg murah (second) untuk mulai memperkuat ukuran feeling masing2 alat. Jika tidak berlatih dasar, bulan depan akan ganti peralatan lagi.

+ Jika sekarang sampai bbrp bulan ke depan sdr berlatih dgn seorang pelatih, dan menggunakan peralatan standart, maka beberapa bulan ke depan, sdr akan berganti peralatan lagi. D

Berlatih memerlukan kesabaran )