Memilih raket tenis meja


Tips memilih bat (raket):
1. Kenali struktur raket, terdiri dari

  • blade (kayu berlapis+serat campuran carbon, serat kaca, kertas padat),
  • rubber atau karet (racket covering),
  • lem (glue).

2. Kenali type blade= defence, allround, offensive, atau disebut juga tipe lambat, sedang, cepat.
3. Kenali jenis rubber= inverted, pimple-out, anti, ox
4. Kenali karakteristik rubber = Attack, Fast-attack, loop, chop, chinese, eropa style.
5. Pelajari cara bermain tenis meja yang benar.
6. Kembangkan gaya permainan sendiri.

+ Sejalan dengan waktu bermain dan berlatih, peralatan juga akan berganti2 menyesuaikan pencapaian seorang pemain.
+ Menemukan bat pingpong yang cocok bagi sipemain sepertinya adalah masalah utama setiap pemain dan merupakan dambaan.
+ Akhir kata, semua bat adalah bagus, tapi belum tentu cocok dan nyaman buat seorang pemain.
+ Peran cara berlatih yang benar akan sangat membantu menemukan bat yang cocok.
+ Sumber: disarikan dari info situs2 produsen equiptment ternama, buku hardcopy, e-book, pengalaman D

Iklan

16 comments

    • saya ingin berbagi pengalaman tentang lem, kalo mnurut saya lem yang biasa dipake tu TNT,ada juga lem tapi saya gk tau merknya,pokoknya wadah lem itu terbuat dari besi terus agak ceper,kira2 tingginya sekitar 7cm.
      terus masalah pembuatan lem, kamu bisa campur lem tersebut dengan bensin, bensinnya kira2 1/5 dari lemnya. Ini saya dapat informasi dari temen saya.
      Kalo mau yang lebih jelas,mungkin kamu bisa kunjungi alamat blog ini http://www.aim07.wordpress.com, mungkin kita bisa sharing tentang tenis meja.

    • Semakin mahal biasanya dikarenakan teknologi terkini dari produsen. Apakah teknologi itu dapat berguna, cocok, meningkatkan kemampuan pemakainya itu tidak mesti, harus ada sedikit observasi dari si pemain.

      Pemain yang biasa memainkan karet standar klasik sering menggunakan tenaga penuh dalam memukul, tapi TETAP dengan cara yang sama ketika memakai karet berteknologi terkini dan mahal. Padahal dgn karet terkini, harusnya pemakaian tenaga semakin berkurang, yang dikompensasi dgn sedikit perubahan teknik bermain khususnya grip, mekanisme pukulan, touching dan penyaluran tenaga.

      Saran TeeMKa, bila belum menemukan karet lembut yang cocok, coba gunakan karet dgn spon keras, topsheet yang tacky dan tipis, serta dikombinasi dgn blade lambat/kayu, dgn sentuhan yang lembut bukan keras membentur. Rasakan perbedaannya pada penyaluran tenaga yg begitu bebas.

  1. pengalaman memilih bet u pemula, pertama cari kayu at blade yg kecepatannya sedANG, ditandai dg speed medium, nyaman dipegang tidakbergetar waktudipa kai memukul,cara mengetahui,pegang bid bet dg dua jari,tengah n jempol dg gagang bet mengarah kebaw ah, lalu dg kuku jari telunjuk tangan yg lain ketuk ujung gg bet, bila getaran bet sedikit, bid bet terasa kaku,bid bet tidak terlalu bergetar hingga terasa digagang bet maka kayu blade cukup baik u digunakan,tidak terlalu perlu harus bet mahal,mudah2an berguna

  2. saya pemakai karet bintik, tapi belum maksimal tuk mengoperasikan karet tersebut, bagaimana caranya mengenal dekat kepada karet bintik, oya saya pakai karet bintik di sisi baghand dan serang.

    • Salam olahraga,

      Menjadi penyerang, artinya anda sudah menguasai tehnik dasar dan sekrang pada level pemilihan type, selain tipikal defence dan allround. Pada tenismeja modern, setiap pemain seharusnya adalah penyerang, agar tidak kalah cepat oleh lawan yg dikombinasi dgn cepatnya beralih ke mode bertahan-modern ketika terdesak.

      Lakukan observasi kecil utk menentukan merk-seri alat yg tepat, yaitu 3 seri dari tiap merk, dimulai seri rendah (low), kmd tinggi (high), kmd menengah (optime) dari table karakteristik produsen. Artinya perlu karet 6 merk-seri dari 2 merk-produsen, belum untuk blade.

      Tapi, untuk mudahnya, gunakan peralatan yg dipakai oleh seorang pemain top yg hendak ditiru yang sangat mirip dgn tipikal permainan anda.

  3. mau tanya nih, saya punya bet, tapi untuk lapisan yang warna merahnya terkelupas, kira-kira ada lem khusus nggak ya untuk menempelkan kembali.

  4. pengalaman saya waktu kita beli karetnya stoklama ude kadaluarsa tidak kelihatan , dipakai , biasanya dibagian pinggir ngelupas sendiri pada koplok ,atau baru dipakai sebentar sponnya ude mati, atau karet lapisan atas permukaannya dua tiga kali pakai mulai pudar/luntur/hilang , agen/toko besar tidak jaminan barang bagus

Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s