An effort, translate by TeeMKa from a source  at masatenisi.org

On Improvement, Practice & Practice Partners
Meningkatkan kemampuan, Berlatih dan mitra-latih

(masih sambungan)

Things That Prevent You From Improving

berbagai hal mencegah peningkatan anda

  1. Keyakinan2 tidak logis yang merusak, seperti: LP adalah cheating (cara mudah untuk menang). Loop adalah satu-satunya stroke. Merasa seolah ada kekuatan mistik melawanmu: “buktinya aku luput pukulan sendiri”. Keberuntungan itu tidak ilegal, itu adalah bagian dari permainan. Gunakan akal sehatmu. Kebanyakan point berikut bersifat kasus tertentu dari PENYAKIT MENTAL (mental desease) dimana banyak menyengsarakan pemain TT.
  2. Menghindari pemain2 ‘lebih lemah’. Anda merasa akan membuat MEREKA pemain2 lemah itu meningkat, dan tidak membuatMU yang meningkat. Apakah anda suka bermain dengan pemain yang LEBIH BAIK dari anda? (AKU BERTARUH PASTI ANDA SUKA) Lalu mengapa anda menolak bermain dengan pemain LEBIH LEMAH dibanding anda?. Jangan egois!. (tmk: tetap bermain dgn pemain lebih lemah karena banyak materi yg bisa dipelajari, dan giliran anda yang menjadi GURU para pemain muda spt anda dulu pernah mengalaminya)
  3. Mengeluh (Complining). Bicara-sendiri (Self-speeches). Bicara sampah (Trash talking). Menangis (Sobbing). Bicara penyesalan…(Sorry excuses). Permainan Pikiran (Mind games). Anda tidak perlu sikap itu semua: itu adalah penyakit psycho-pong.
  4. Orang bodoh di dekatmu yang ingin jadi Pelatih, dengan berteriak kosong (crappy), yang tidak memberi bantuan efektif (“ayo terus, jangan luput pukulan2 itu”. Mereka tidaklah membantu kecuali anda diajarkan BAGAIMANA CARANYA).
  5. Jangan minum atau makan minuman berenergi, energi bertambah atau tidak, itu adalah iklan ‘makanan olahraga / atlit-atlit’. Food itu tidak bagus, secara khusus untuk TT (sekali pun berlogo S****). Jika anda kelelahan, istirahatlah. Minumlah air biasa. Makanlah buah pisang.
  6. CHOing. Jangan sembarang melakukan serve high toss, kecuali jika anda tahu menguntungankan. Pose-pose yang dikopi dari pemain top tidak akan berarti apapun.
  7. Peralatan baru. Anda tidak boleh berharap dengan membelanjakan uang lebih, akan bermain lebih baik. Sepertinya peralatanmu sudah LAYAK SESUAI (reasonably appropriate) untuk gaya dan keahlianmu, I’m sorry, anda TIDAK HARUS membeli peralatan baru. Anda harus menemukan peralatan yang layak UNTUKMU. Mencoba peralatan (proses rasionalisasi/menyesuaikan alat dgn teknikmu, yakni belajar menyesuaikan pukulanmu untuk mengontrol peralatan baru dan memainkan bola dengan baik) pasti akan membuat anda meningkat.
  8. Speed glue. Beberapa pemain dapat diuntungkan dengan glue. Beberapa pemain tidak. Jangan berasumsi bahwa glue akan membuat anda pasti bermain lebih baik. Tapi, glue akan membuat anda bermain lebih cepat dan lebih spin (yang mana bisa berakibat baik atau tidak untuk gaya dan keahlianmu).
  9. Terimalah, apapun cara seorang pemain berpakaian yang nampak TAK berpengaruh dalam permainannya.
  10. Membeli buku TM. Apa yang membuat anda meningkat adalah dengan cara membaca, mengerti dan mempraktekkan apa yang buku katakan, jika belum memilikinya di perpustakaan rumahmu, carilah juga video-video TM.
  11. Kondisi2 eksternal yang tidak sesuai seperti cahaya (light), lantai (floor), meja (table), bola (ball), suhu (temperature), kelembaban (humidity), ketersedian ruangan bermain, gangguan warna latar belakang (background noise), orang ramai; penonton, tim lawan, timmu, dll… selalu ada di sana. Jangan berfikir, sebagian kondisi2 ini dapat mempengaruhi permainanmu (memang harus diakui lantai yang licin dapat menyakiti permainan mu jika anda lebih banyak menghabiskan waktu berbaring dilantai dibanding permainan), tetapi anda seharusnya tidak membiarkan kondisi lantai mempengaruhi pikiran mu (jangan mulai menangis dan mengeluh karena lantai yg tak sesuai harapan), yang hanya SIA-SIA dan TAK BERGUNA (lantai tidak akan berubah) dan tidaklah baik pada konsentrasi dan kinerjamu.

Boris

Copyright The Tactical Table Tennis Website

(sambungan habis)